Showing posts with label Sup. Show all posts
Showing posts with label Sup. Show all posts

SUP IKAN ASAM



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Sup ikan asam ini saya buat minggu lalu, gara-garanya ngiler dengan buatan mbakyu Anita hihihi. Kebetulan kami lagi shaum, jadi kebayang kalau buka dengan sup ikan yang seger pastinya enak banget. Akhirnya saya niatin deh pagi-pagi pergi ke pasar untuk beli ikan segar, pengennya sih saya pakai tuna atau tongkol atau cakalang. Ternyataaa sampai di pasar, ikan yang saya pengen lagi kosong dan yang ada malah ikan dorang yang seger-seger. Sebenarnya saat itu kebayang dorang bakar kecap yang super lezat, tapi kan lagi pengen sup ikan nih. Ya wis laah saya tetap beli dorang dan diniatin untuk bikin sup ikan nan seger hihihi.

Sebenarnya untuk membuat sup ikan ini, bisa pakai ikan apa aja asal berdaging tebal. Menurut saya memang lebih enak memakai ikan laut segar, saya kurang suka sup ikan yang memakai ikan air tawar. Ada juga yang bilang, ikan kan amis kalau dibikin sup apa gak tambah amis ya. Naaah makanya dibuat yang seger-seger kaya gini, jadi gak terasa amis lho. Dagingnya juga jadi tambah lembut, pokoknya menurut saya mah enak banget hihihi.




Untuk membuat sup ikan ini bisa dengan berbagai resep ya, sudah beberapa kali juga saya posting di blog. Kalau yang ini resep super simple banget tapi rasanya tetap enak. Kalau pingin bikin yang ala Manado, bisa bikin ikan kuah asang, mirip-mirip kok sebenarnya. Kalau punya belimbing wuluh, bisa dipakai juga ya untuk gantinya tomat hijau. Untuk memperkuat rasa asamnya, saya pakai air jeruk nipis. Masya Allah ....seger bangeet.

Resep berikut gak pakai takaran pasti ya, saya juga cuma cemplang cemplung aja masaknya, trus dicicipi hingga sesuai selera. Masaknya enak dadakan sesaat sebelum dimakan, kan bikinnya juga cepat. 

SUP IKAN ASAM

Bahan :
Ikan berdaging tebal, berduri besar, misalnya tongkol, tuna, cakalang, saya pakai dorang
Bawang merah, iris tipis
Bawang putih, iris tipis
Cabe merah besar, iris
Cabe hijau besar, iris
Cabe rawit utuh
Tomat hijau atau bisa juga pakai belimbing wuluh
Serai, memarkan
Lengkuas, memarkan
Air jeruk nipis
Garam dan gula pasir
Daun kemangi
Air secukupnya

Cara Membuat :
1. Lumuri ikan yang sudah dipotong-potong dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit.
2. Didihkan air, masukkan serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, irisan cabe merah dan hijau serta cabai rawit.
3. Masukkan potongan ikan, garam dan gula pasir. Masak hingga mendidih lagi, jangan terlalu sering diaduk ya agar ikan tidak hancur.
4. Menjelang diangkat, masukkan tomat hijau, daun kemangi dan air jeruk nipis. Masak lagi sebentar.
5. Angkat dan sajikan.




Masya Allah....nikmat sekali untuk menu ifthar, buat menu makan siang juga syedaaap. Anak-anak saya juga suka sup ikan yang segar kaya gini ini. Monggo dicobain, semoga sesuai dengan selera keluarga ya.

Eh yaaa mumpung ingat, Alhamdulillah di bulan Juli ini sudah terbit buku kumpulan resep saya yang berjudul "100+ Resep Andalan Dapur Bunda Nina" . Buku tersebut berisi resep kue dan masakan yang pernah saya posting di IG dan blog serta beberapa resep baru. Saya berharap buku sederhana tersebut bisa bermanfaat ya. Untuk info selengkapnya, nanti akan saya posting lagi. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

SUP IKAN ASAM



 Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Kalau lagi bingung masak, saya pasti nanya ke suami dan anak-anak pengen dimasakin apa. Beberapa hari yang lalu ketika saya tanya pengen ifthar dengan lauk apa, eeeh kompak jawab ikan. Kakak Nai tambahin lagi yaitu menunya kuah. Akhirnya yang terpikir ya bikin sup atau gulai ikan. Karena untuk ifthar pasti milih yang seger-seger jadinya saya bikin sup ikan aja. Cusss deh ke pasar, niatnya cari ikan kakap ternyata yang ada tenggiri, yaa udah lah tenggiri pun jadi.

Tadinya karena liat tenggiri sempat tergoda juga pengen bikin siomay, bola-bola ikan atau bakso ikan, tapi gak kesampaian lah karena sibuk sendiri gak cukup waktunya hihihi. Ntar deh kapan-kapan diniatin bikin sate lilit aja.

Sup ikan asam ini mirip dengan ikan kuah asang ala Manado yang dulu pernah saya posting ya. Beda dikit aja bumbunya, tapi menurut saya mah sama enaknya, segeer. Kalau ikan kuah asang, lebih light bumbunya. Suka banget kalau buka dengan yang seger-seger gini dan yang paling penting, bikinnya gampang dan cepet ^^






SUP IKAN ASAM

Bahan :
500 gr ikan (tenggiri / kakap / gurame / patin), potong-potong
5 belimbing wuluh
Daun kemangi, secukupnya
1 batang serai, memarkan
3 daun jeruk
1 tomat, belah
800 ml air

Bumbu Halus :
5 siung bawang putih
3 cabai merah
1 cm jahe
2 cm kunyit
1 sdm garam

Cara Membuat :
1. Panaskan air, masukkan bumbu halus, serai dan daun jeruk.
2. Masukkan potongan ikan dan belimbing wuluh, masak hingga mendidih dan bumbu meresap. Test rasa hingga sesuai selera ya.
3. Menjelang diangkat, masukkan irisan tomat dan daun kemangi. Masak lagi sebentar.
4. Angkat dan sajikan hangat.



Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

SUP MERAH



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Duluuu banget saya sudah pernah posting tentang sup merah ya, kali ini diposting lagi gak apa-apa kan. Resepnya beda dikiit kok hihihi. Sup merah memang sering dijadikan menu spesial di acara-acara spesial pula ya. Ada banyak versi dari sup merah, ada yang warnanya benar-benar merah, ada yang orange, ada yang kuahnya kental dan encer, rasanya juga beragam, yang pasti ada rasa asam dan manisnya. Untuk isiannya sangat bervariasi, yang biasanya saya jumpai memakai wortel, printil ayam, sosis dan juga cakwe. Ada juga yang menambahkan kacang polong atau kol. Yaaa seperti membuat sup biasa ya, isiannya disesuaikan saja dengan selera.

Sop merah yang saya buat kali ini isiannya wortel, sosis, kacang polong, kekian udang dan printil ayam. Harusnya pakai juga cakwe udang ya biar tambah spesial, tapi saya mah males bikinnya. Jurus instannya keluar deh, saya beli cakwe trus digunting-gunting sendiri hahahaha. Kalau mau spesial bisa juga dikasih taburan kripik kentang atau bahkan sus kering. Duuuh "kemecer" sendiri euy ini saya nulisnya, maklum bikin sup merahnya udah lama, sekarang mah tingal foto doang. 

Saya suka sup merah yang tidak terlalu kental, dinikmati hangat-hangat...masya Allah nikmatnyaaa. Jadi untuk kekentalannya silahkan disesuaikan aja dengan selera masing-masing ya. Ntar waktu nuang larutan maizena, dikit-dikit dulu yaaa. Tanpa dikentalkan menurut saya juga tetap enak kok




SUP MERAH

Bahan :
3 siung bawang putih, memarkan
1/2 butir bawang bombay, iris memanjang
1 sdm bawang merah goreng
1500 ml air kaldu
2 wortel iris memanjang
1 kaleng kecil sosis, iris memanjang
3 sdm kacang polong
1 kekian udang, potong-potong
Printil ayam (bola-bola ayam)
1 butir pala, parut
1 ikat kecil seledri
1 kaleng kecil pasta tomat (saya pakai Del Monte)
3-4 sdm saus tomat
Garam, gula pasir dan merica secukupnya
1 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat :
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Sisihkan.
2. Didihkan air kaldu, masukkan tumisan bawang dan bawang merah goreng.
3. Masukkan parutan pala, garam, gula pasir dan merica. Aduk rata
4. Masukkan pasta tomat, saus tomat, seledri (diikat ya) dan wortel. Masak hingga wortel 1/2 lunak.
5. Masukkan kacang polong, sosis, printil ayam dan kekian. Test rasa hingga sesuai selera.
6. Masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Didihkan lagi.
7. Matikan api, sajikan hangat.

PRINTIL AYAM

Bahan :
400 gr fillet dada ayam
100 gr udang kupas
2 siung bawang putih
1 sdt bawang merah goreng
1 putih telur
Garam secukupnya

Cara Membuat :
1. Campur dan haluskan semua bahan, bulatkan kecil-kecil. Test rasa dengan cara merebus sedikit adonan ya.
2. Buat bulatan hingga habis dan rebus hingga matang.

Saat membuat sup merah, penggunaan pala jangan diskip ya, karena memang pala yang bikin enak dan aromanya khas. Dulu saya pernah niat bikin sup masak, udah siap semua bahan dipotong-potong, eeeh ternyata gak punya pala. Dibelain deh keluar dulu beli pala hahaha.

Sup merah ini bisa jadi hidangan buka puasa yang spesial atau bisa juga disajikan sebagai alternatif menu saat Lebaran nanti. Smoga sesuai dengan selera keluarga ya.



Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

WONTON SOUP



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Welcome October ^^ Alhamdulillah masih diberi kesehatan hingga bulan Oktober ini, semoga ke depannya bisa terus sehat dan terus berkarya ya. Masuk bulan Oktober berarti bertambah lagi masa-masa mellow saya karena tambah sering ingat alm. Papa. Masya Allah hampir setahun beliau sudah tidak bersama kami. In shaa Allah doa-doa kami selalu terkirim untuk Papa...Aamiin.

Belakangan ini sudah mulai turun hujan ya. Memang belum setiap hari, tapi sudah lumayan deras juga. Kalau sudah gini, enaknya makan yang anget-anget donk, salah satunya adalah wonton soup alias sup pangsit. Pengennya sih makan bakso ya tapi karena gak punya stok bakso, buat wonton soup aja yuuk. Kebetulan saya masih punya kulit pangsit di kulkas, ada juga ayam dan udang, walau cuma sedikit-sedikit lumayaan lah. Bikinnya gampang kok dan in shaa Allah anti gagal.




Resep wonton soup ini mirip dengan yang pernah saya posting dulu. Bedanya kali ini saya menambahkan udang dan juga parutan wortel. Untuk pelengkapnya saya cuma pakai kulit pangsit yang dipotong-potong dan digoreng. Kalau punya bakso dan tahu pastinya tambah komplit dan enaak. Yuuk bikin yuuk




WONTON SOUP

Bahan :
10 lembar kulit pangsit siap pakai
200 gr ayam giling
50 gr udang kupas giling
3 siung bawang putih, haluskan
1 sdm minyak wijen
1 wortel, parut halus
2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt kaldu bubuk non MSG
1 batang daun bawang, iris

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan isian menjadi 1, aduk hingga rata. Test rasa dengan cara merebus sedikit adonan.
2. Siapkan kulit pangsit, beri adonan secukupnya di tengah, lipat hingga berbentuk segitiga, rekatkan kedua sisinya dengan air hangat kemudian tarik kedua ujungnya dan satukan. Lakukan hingga habis.
3. Rebus pangsit dalam air mendidih hingga matang

KUAH SUP

Bahan :
1500 ml air kaldu (dibuat dari tulang ayam yang direbus dengan air hingga mengeluarkan kaldu)
3 siung bawang putih, memarkan
1 ikat kecil seledri, simpulkan
1 batang daun bawang, iris-iris
1 sdm garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1/3 sdt gula pasir

Cara Membuat :
1. Didihkan air kaldu, masukkan bawang putih kemudian bumbui garam, gula, merica bubuk dan pala bubuk. Test rasa hingga sesuai selera.
2. Menjelang diangkat, masukkan daun seledri dan daun bawang.
3. Sajikan hangat

Untuk pelengkapnya, jangan lupa bawang goreng dan tambahan irisan daun bawang ya. Bikin tambah sedap lhoo. Karena saya lagi males bikin sambal, jadi saya cuma pakai irisan rawit, beegh...tambah mantap pedasnya.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

SUP IGA PANGGANG



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Eid Al Adha Mubarak...telat sehari gak apa-apa ya. Semoga segala amal ibadah kita bisa diterima oleh Allah SWT. Aamiin..

Postingan ke 101 di tahun 2016. Baru nyadar kalau postingan tentang colenak kemarin adalah postingan ke 100 di tahun ini. Aktivitas blogging memang sangat berkurang, semakin lama bukannya semakin rajin tapi kok ya bertambah malas hiiiiks. Mungkin ada juga jenuh dan semakin bertambahnya kesibukan membuat saya semakin sulit meluangkan waktu sebentar untuk duduk manis di depan laptop. Tapi In shaa Allah selalu diusahakan untuk tetap ngeblog walau kadang telaaat banget nulisnya hihihi. Seperti halnya sup iga panggang ini, resepnya sudah saya tulis di IG beberapa waktu yang lalu dan sekarang baru sempat ditulis di blog. Gak apa-apa yaaa, kan kebetulan masih dalam rangka Idul Adha, sapa tau ada yang masih punya stok iga hasil kurban kemarin. Sssttt...saya masih punya tuh dan freezer juga masih penuh daging. Masih belum mau masak daging dulu saya mah, pengennya masak sayur bening aja heuheuheu. 

Sup iga selalu jadi favorit keluarga saya, terutama kedua anak saya. Selain sup iga, mereka hobby banget makan sup buntut yang resepnya sudah pernah saya posting disini. Kali ini saya bikin sup iga panggang. Mirip sih dengan sup iga biasa cuma nanti setelah matang, iganya ditiriskan dan dipanggang lagi. Rasanya?? Enaaak donk. Sup iga panggang ini terinspirasi dari postingannya ceu Ayu yang saya lihat di IG. Ayu bikinnya pakai buntut, sedangkan saya pakai iga. Nuhun ya neng geulis ^^




SUP IGA PANGGANG

Bahan :
1 kg iga sapi, potong-potong
3 buah wortel
2 buah kentang
1 pala, memarkan
5 siung bawang putih, memarkan
1 buah bawang bombay, potong-potong besar
7 butir cengkeh
3 cm jahe, memarkan
1 ikat kecil seledri
2 batang daun bawang
2 tomat, potong-potong
1/2 sdt merica butiran, memarkan kasar

Bumbu Olesan Iga :
2 sdm butter, suhu ruang
2 bawang putih, parut
1/2 bawang bombay, iris tipis
4 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
1/2 sdt lada hitam bubuk
-----> campurkan dan aduk rata semua bahan

Cara Membuat :
1. Rebus iga hingga setengah empuk, biasanya rebusan pertama saya buang airnya atau disisihkan untuk kaldu kemudian dilanjutkan memakai panci presto. 
2. Dalam panci presto, masukkan iga, sisa air kaldu atau air mendidih, bawang putih, bawang bombay, cengkeh, jahe, pala, merica, 1 wortel utuh dan 1 kentang utuh. Saya presto selama 25 mnit.
3. Setelah panci presto dingin dan bisa dibuka, saring, ambil kuah dan iganya.
4. Masak kembali, masukkan potongan wortel dan kentang, bumbui garam dan gula pasir secukupnya. Masak hingga wortel empuk.
5. Menjelang diangkat, masukkan seledri, daun bawang dan potongan tomat. Matikan api.
6. Ambil iga, olesi bumbu, tata dalam loyang dan panggang dengan suhu 70'C selama kurang lebih 30 menit hingga bumbu meresap. Sesekali bolak balikkan iga sambil diolesi bumbu ya.
7. Sajikan dengan kuah sup

Notes :
1. Air rebusan iga yang pertama kadang sayang untuk dibuang karena full kaldu ya. Apabila mau digunakan, saring airnya dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, ambil lemak-lemaknya dan panaskan kembali. Siap digunakan untuk kaldu
2. Apabila tidak menggunakan presto, rebus iga hingga setengah empuk, ganti airnya dan rebus kembali bersama bumbu -bumbu hingga empuk, baru kemudian disaring seperti langkah di atas



Karena saya masih punya stok iga dan daging di freezer, kayanya ntar postingan selanjutnya masih ada lagi tentang iga deh hihihi. Kebayang asem-asem iga, garang asem iga atau iga penyet. Hmmm...enak semua deh kayanya, tapi masaknya ntar-ntar aja lah kan lagi pengen sayur bening gara-gara mblenger ama daging hahaha.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^