Showing posts with label Puding. Show all posts
Showing posts with label Puding. Show all posts

PUDING BROWNIES



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Puding brownies ini saya buat minggu lalu. Kebetulan saya masih punya sisa roti tawar dan memang sudah cukup lama saya gak membuat puding brownies. Jadilah cuzzz ke dapur sebentar, aduk-aduk dan udah jadi aja pudingnya. Tinggal nunggu set dan dingin aja ya yang lumayan lama hihihi.

Seperti halnya brownies yang memakai kacang-kacangan, seharusnya puding brownies ini juga adonannya diberi campuran kacang. Saya skip kacang-kacangan di adonan karena anak saya kurang suka. Sebagai gantinya, kacang saya taburkan di atas vla vanilla. Harusnya lebih pas pakai chocochips, tapi karena lagi gak punya, saya pakai kismis untuk teman si kacang tadi sebagai topping hihihi. Pokoknya diberdayakan aja yang ada di rumah yaa.

Bikin puding pastinya semua bisa kan, monggo kalau ada yang ingin mencoba puding brownies ala saya. Untuk vla saya pakai vla vanilla, boleh juga kalau mau pakai vla coklat. Mau lebih special? Bisa pakai siraman saus karamel, saus jeruk atau bahkan saus strawberry. Duuuh...jadi pengen bikin lagi kan kalau ngomongin aneka saus ini hahaha. Puding ini  asyik deeh, dipadukan dengan aneka vla atau saus tetap enak.




PUDING BROWNIES

Bahan :
3 lembar roti tawar tanpa kulit, potong-potong
500 ml susu cair
200 ml air
1 bungkus (7 gr) agar-agar plain atau coklat
100 gr gula pasir 
75 gr dark cooking chocolate, lelehkan
sejumput garam

Pelengkap :
Vla
Kacang-kacangan

Cara Membuat :
1. Blender roti tawar dengan sebagian susu hingga halus. Sisihkan
2. Dalam panci, letakkan bubuk agar-agar, garam dan gula, aduk hingga rata.
3. Tambahkan air, susu dan roti tawar. Aduk hingga rata dan tidak bergerindil.
4. Masak di atas api sedang sambil diaduk kemudian tuang DCC leleh. Masak hingga mendidih, matikan api.
5. Tuang di loyang atau cetakan yang sudah dibasahi air. Biarkan uap panasnya hilang
6. Sajikan setelah didinginkan dalam kulkas

Resep vla sudah beberapa kali saya posting yaa. Tetap sama kok resepnya karena memang itu resep andalan saya yang mudah, praktis dan anti gagal.



Selamat mencoba ya...semoga bermanfaat ^^

PUDING SUSU BUAH NAGA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Lagi musim buah naga dan itu berarti saya bisa puas makan buah favorit...yeeeaaay. Harganya murah meriah, 1 kg berkisar antara 7000-10.000 aja tergantung besar kecilnya. Murah kaaan. Selain dijadikan buah potong dan smoothies, saya pernah juga mengolah buah naga menjadi selai dan puding. Naaah kali ini bikin puding buah naga lagi, tapi gak dilapis dengan puding mangga seperti yang saya posting dulu ya. Cuma puding susu buah naga biasa aja dan saya buatkan vla vanilla juga. Siapa aja pasti bisa bikinnya deh, gak perlu resep karena pasti semua bisa bikin puding susu kan hihihi. Tapiiii gak apa-apa ya tetep saya posting karena saya suka banget dengan warna puding ini. Warna buah naganyanya benar-benar keluar, jadinya cerah ceria gini.




Nah selain dicetak di cetakan puding yang cantik-cantik, puding buah naga ini juga cakep kalau dicetak di cup dan sekalian dituang vla vanilla-nya. Jadinya kaya puding lapis dan warna puding kontras banget dengan warna vla-nya. Sukaa banget liatnya. Niiih cakep kan warnanya ^^




Resepnya pakai resep suka-suka aja ya. Seperti biasa kita bikin puding susu aja tapi takaran cairan dikurangi ya buah naga mengandung banyak air sehingga kalau dihaluskan pasti akan mengeluarkan banyak air juga. Berikut resep yang saya pakai

PUDING SUSU BUAH NAGA

Bahan :
1 sachet (7 gr ) agar-agar bubuk plain
1 sdt jelly bubuk
200 gr daging buah naga, potong-potong
100 ml air matang
500 ml susu cair
100 gr gula pasir atau sesuai selera
1/2 sdt vanilla paste

Cara Membuat :
1. Blender buah naga dengan air hingga halus. Sisihkan.
2. Dalam panci, campurkan agar-agar bubuk, jelly bubuk dan gula pasir. Aduk rata kemudian tuang susu cair. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api.
3. Masukkan vanilla dan campuran buah naga. Aduk hingga rata dan tuang ke cetakan atau cup. 
4. Sajikan dingin setelah disimpan di lemari es.

Untuk vla vanilla saya masih tetap setia dengan resep yang sudah sering saya posting. Saya tuliskan lagi ya

VLA VANILLA

Bahan :
300 ml susu cair
1 sdm maizena
60 gr gula pasir
1/8 sdt garam
1/2 sdt vanilla

Cara Membuat :
1. Campur susu cair, maizena, gula pasir dan garam. Aduk rata.
2. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih dan meletup-letup. Matikan api.
3. Biarkan uap panasnya hilang, masukan vanila. Dinginan dan siap digunakan.



Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

STRAWBERRY SILKY PUDDING



Bismillahirrohmanirrohim

Kangen dengan tekstur super lembutnya silky pudding, jadi hayuuuk kita nge-puding lagi. Kebetulan saya masih punya sedikit stok strawberry di kulkas, jadi kali ini saya bikin silky puding rasa strawberry. Eh yaa...akhir-akhir ini susah banget ya nemuin strawberry yang oke. Biasanya strawberry lokal mudah didapatkan dan harganya pun murah. Walaupun bentuknya lebih kecil dibanding yang import, tapi strawberry lokal juga oke, bentuknya juga tetap cantik kan. Sekarang ini susaaah banget carinya. Kalaupun ada, bentuknya banyak yang abnormal, ukurannya lebih kecil dibanding biasanya dan hargaya jauh lebih mahal. Tapi yaa..saya tetap beli karena kangen dengan si mungil nan cantik ini hihihi.

Strawberry silky pudding ini masih tetap memakai base resep yang sama dengan yang dulu-dulu, hanya di adonannya ditambahkan stawberry yang sudah diblender. Rasanya jadi ada asem-asem strawberrynya, enak deh jadi lebih seger. Kali ini saya tidak bikin vla, tapi membuat saus strawberry. Enak juga kalau dipadukan dengan vla vanilla, vla coklat atau bahkan dengan vla strawberry.






STRAWBERRY SILKY PUDING

Bahan 
700 ml susu cair
200 gr strawberry
30 gr maizena
100 gr gula pasir
150 gr coklat masak putih, cincang

Cara Membuat :
1. Blender strawberry dengan sebagian susu, kemudian campurkan kembali dengan sisa susu, maizena dan gula pasir. Aduk rata hingga maizena larut.
2. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mengental dan meletup-letup.
3. Masukkan coklat putih cincang, aduk hingga rata dan coklat leleh. Matikan api.
4. Biarkan uap panasnya hilang kemudian tuang ke gelas saji atau cup. Setelah dingin simpan ke dalam lemari es.
5. Sajikan dingin dengan vla atau saus

SAUS STRAWBERRY

Bahan :
150 gr strawberry
50 ml air
3-5 sdm gula pasir atau sesuai selera
2 sdm selai strawberry

Cara Membuat :
1. Blender strawberry dengan sedikit air, saya lebih suka blender kasar jadi masih terasa tekstur buahnya.
2. Campurkan semua bahan dan masak di atas api kecil hingga mengental. Test rasa hingga sesuai selera.
3. Dinginkan dan siap digunakan




Kok warna puddingnya pucat gitu sih buuuund? Iya laah ini asli gak pakai pewarna dan pasta strawberry. Warna saus strawberry yang merah merona bikin penampilan puddingnya jadi lebih cantik kan hihihi.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

CHIA YOGURT PUDDING



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Chia seeds adalah salah satu super food terbaik dan merupakan tumbuhan asli dari Meksiko dan Guatemala. Bentuknya berupa bijian kecil, kira-kira seukuran dengan wijen dan mirip dengan biji selasih. Chia memiliki warna biji beragam, yaitu putih, coklat dan hitam. Chia seeds mempunyai kandungan omega-3 yang tinggi bahkan lebih tinggi dari omega-3 pada salmon. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mengkonsumsi chia seeds. Padahal chia seeds tidak hanya mengandung omega-3 saja lho tapi kaya akan kalsium, protein, potassium, antioksidan dan juga zat besi.

Sekedar sharing ya...berikut ini adalah manfaat dari chia seeds yang saya rangkum dari berbagai sumber
1. Chia seeds dapat mengontrol gula darah sehingga membantu mencegah penyakit diabetes.
2. Mengadung antioksidan sehingga berperan dalam pencegahan kanker.
3. Dapat menurunkan kadar kolesterol
4. Chia seeds mengandung asam amino tryptophan yang bersama-sama dengan hormon serotonin yang diproduksi dalam tubuh berfungsi memberikan tidur yang nyenyak sehingga dapat meningkatkan kualitas istirahat.
5. Mengandung mineral dan vitamin yang berfungsi melindungi sel-sel tubuh.
6. Chia seeds dapat membantu memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

Masya Allah banyak sekali ya manfaat yang bisa didapatkan dari chia seeds ini, tak heran kalau dikategorikan sebagai super food. Di tempat tinggal saya cukup sulit untuk mendapatkan chia seeds maka solusinya adalah saya beli via OLS. Kalau di kota-kota besar pastinya lebih mudah untuk mendapatkannya. Saya suka sekali menaburkan chia seeds di buah potong favorit saya atau mencampurkan ke dalam smoothies. Enak sekali. Ini salah satu yang sempat saya foto 



Fotonya pecah ya hihihi...maklum ini foto nyomot di IG, langsung screenshoot aja. Tapi ngambilnya di IG saya sendiri lho yaa...bukan IG orang lain heuheuheu

Selain dinikmati langung, chia ini enak juga lho kalau diolah menjadi pudding. Chia seeds memiliki kemampuan menyerap cairan yang cukup tinggi jadi hanya dengan direndam dengan susu, jadi deh chia pudding. Sayangnya anak-anak saya kurang menyukainya, mungkin geli ya mereka makan biji-bijian gini. Tetap doyan sih karena setiap saya membuat chia pudding pasti mereka ngicipin, cuma mereka kurang suka aja. Jadilah setiap membuat chia pudding, saya bikin sedikit-sedikit aja yang cukup dinikmati berdua suami. Chia pudding enak sekali apabila dinikmati dengan topping buah-buahan segar atau dengan yogurt. Saya memang hobby makan dan minum yogurt, enaak kan asem-asem seger gitu. Jadilah setiap membuat chia pudding, pasti dikasih yogurt juga, tambah seger.

Untuk membuat chia pudding biasanya saya memakai susu soya atau susu kedelai. Bisa juga memakai susu UHT atau yogurt cair ya. Kali ini saya memakai yogurt strawberry dan juga fresh strawberry untuk toppingnya. Eh yaa...lagi susah cari strawberry nih di tempat saya. Kalaupun ada harganya mahal dan kondisinya gak bagus. Biasanya semika kecil itu 5000 aja, sekarang jadi 2x lipat dan buahnya masih berwarna kehijauan dengan bentuk yang abnormal. Tapi karena pengen banget, ya tetep dibeli, kebayang segarnya juice strawberry nih ^^




Berikut resep chia puddingnya ya...Monggo kalau berkenan untuk mencoba

CHIA YOGURT PUDDING

Bahan :
200 ml susu / yogurt cair (saya pakai susu soya)
4-5 sdm chia seeds
100 ml yogurt (saya pakai rasa strawberry, bisa juga pakai yang plain)

Topping :
Fresh strawberry
Yogurt
Chia seeds

Cara Membuat :
1. Campurkan susu dan chia seeds, aduk hingga tercampur rata kemudian tambahkan yogurt. Aduk rata kembali.
2. Tuang ke dalam jar atau mangkok saji dan diamkan minimal 4 jam dalam kulkas. Saya biasanya mendiamkan semalaman. Setelah didiamkan maka chia akan teksturnya akan mengental karena cairan sudah diserap oleh chia seeds.
3. Beri topping dan sajikan dingin.

Notes :
Saya memakai susu kedelai yang sudah manis sehingga tidak menambahkan pemanis lagi. Apabila memakai susu yang plain, bisa ditambahkan sedikit madu bila suka ya.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

PUDING SUTRA COKLAT



Bismillahirrohmanirrohim

Yang seger yang seger...teksturnya lembut dan pasti disukai anak-anak. Yuup puding sutra. Biasanya kalau lagi males bebikinan, puding lah yang jadi penyelamat karena bikinnya gampang dan pasti disukai. Seperti yang saya buat kali ini, puding sutra coklat.

Buka-buka lemari tempat "harta karun", kebetulan saya masih punya 1 kaleng susu kental manis coklat. Terpikirlah untuk bikin puding sutra coklat, ya iya laaah kalau mau bikin yang putih gak ada susu kental manis putihnya hihihi. Kebetulan juga masih ada sisa setup buah dan nata de cocco, kan bisa dibuat toppingnya. Saya cuma menambahkan sedikit pasta coklat agar tidak terlalu kuat aroma susunya. Bisa juga menambahkan coklat masak pekat cincang. Saya mah males sih, jadi coklat masak pekatnya diskip aja hihihi. Kalau pakai susu kental manis putih bisa juga lho, ntar juga ditambahkan coklat masak cincang (DCC) dan pasta coklat.







PUDING SUTRA COKLAT

Bahan :
1 bungkus (7 gr) agar-agar plain
1 kaleng susu kental manis coklat
5 kaleng air (pakai kaleng bekas SKM)
1 sdt pasta coklat

Topping :
setup buah, nata de cocco
bisa juga pakai buah kalengan

Cara Membuat :
1. Campurkan agar-agar bubuk, susu kental manis dan air.
2. Masak dengan memakai api sedang sambil diaduk, tuang pasta coklat. Masak sampai mendidih, matikan api.
3. Biarkan uap panasnya hilang dan tuang ke gelas saji, kemudian dinginkan.
4. Sajikan dingin dengan setup buah bersama kuahnya dan nata de cocco.

Eh ya sesuai namanya puding sutra ini super lembut ya, jadi makannya dengan cara disendokin. Takaran airnya kan juga lebih banyak dibanding puding biasa . Cocok banget nih untuk salah satu takjil saat Ramadhan nanti.

Selamat mencoba ya...semoga bermanfaat ^^

KEMBANG TAHU / TAHWA NAN SIMPEL



Bismillahirrohmanirrohim

Halooo apa kabar? Alhamdulillah setelah beberapa waktu lalu keluarga saya sakit bergantian, sekarang sudah berangsur membaik dan sembuh. Aktivitas saya juga sudah mulai normal seperti sedia kala dan anak-anak juga sudah bisa masuk sekolah lagi. Alhamdulillah ya Allah.

Tahwa atau kembang tahu dikenal sebagai salah satu minuman yang mendapatkan pengaruh dari kuliner peranakan. Menurut Wikipedia, tauhue atau yang di Indonesia lebih umum dikenal dengan nama kembang tahu adalah sebuah penganan tradisional Tionghoa. Pembuatan tauhue mirip dengan cara pembuatan tahu. Kacang kedelai yang sudah direndam akan diperas untuk menghasilkan susu kedelai dan kemudian ditambahkan sedikit gipsum untuk menghasilkan bentuk yang padat tetapi lembut. Mirip dengan tahu sutra ya. Tauhue sangat populer di kawasan Tiongkok bagian selatan dan biasanya dihidangkan dengan air gula, sedangkan di Taiwan biasanya dihidangkan dengan kacang merah dan air jeruk nipis. Di Indonesia biasanya kembang tahu disajikan dengan kuah jahe atau bahasa jawanya wedang jahe. Cocok disajikan di saat dingin, kan butuh kehangatan tuh yaa hihihi.

Di daerah Malang dan sekitarnya (termasuk daerah saya hihihi), kembang tahu ini disebut tahwa. Kalau di Malang sana, kita bisa dengan mudah menemukan penjual tahwa, sedangkan di tempat saya agak susah juga nyarinya. Cuma ada 1 penjual tahwa keliling di tempat saya. Harganya juga cukup terjangkau yaitu Rp 4500 per mangkok. Biasanya tahwa disajikan juga dengan menambahkan bubur kacang hijau putih dan taburan kacang. Kalau saya sih lebih senang yang tanpa bubur kacang hijau. 

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, untuk membuat tahwa dibutuhkan "gipsum" untuk merubah tekstur susu kedelai menjadi padat namun lembut. Gipsum tersebut berupa Glucono Delta Lactone (GDL), duuuh..susah amat ya namanya. Kalau saya biasa menyebutnya dengan batu tahu. Batu tahu ini ada yang berupa bongkahan warna putih bening dan ada juga yang sudah berupa bubuk. Pada beberapa resep disebutkan bahwa batu tahu ini dicampurkan dengan larutan maizena untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan, tapi ada pula yang langsung dilarutkan dengan air biasa. Proses pembentukan biasanya selama 30 menit saja.

Naaah...kembang tahu yang saya buat ini sebenarnya adalah versi abal-abal alias versi KW >_<  Gimana gak abal-abal karena saya gak membuat kembang tahu dengan cara yang saya tulis di atas melainkan dengan membuat puding sutra. Hiiikss...mohon dimaklumi ya, karena saya gak bisa nemu batu tahu dan seperti biasanya, saya mah pengennya bikin yang simpel aja tetapi mendekati aslinya. Siapa tau ada yang seperti saya, ngidam kembang tahu tapi males nguprek lama-lama di dapur hahaha. Itu mah saya aja kali ya. Puding sutra adalah puding yang memiliki tekstur padat tetapi lembut. Untuk menikmati puding sutra kita harus menggunakan sendok dan tidak bisa diiris karena sangat lembut. Beda lagi dengan silky pudding yang beberapa waktu lalu saya posting ya, padahal namanya sama-sama sutra hehehe. Puding sutra yang saya maksud disini masih memakai "perekat" berupa agar-agar bubuk sehingga teksturnya lebih padat dibanding puding sutra / silky pudding yang hanya memakai susu dan maizena.






Untuk mendapatkan aroma kedelai, saya memakai susu kedelai untuk bahan puding sutranya. Takaran gula bisa disesuaikan dengan selera atau manis atau tidaknya susu kedelai yang kita pakai ya. Kebetulan saya pakai susu kedelai yang sudah manis, jadi pakai gula sedikit aja. Untuk kuah jahenya, saya tambahkan serai agar aromanya lebih sedap, silahkan diskip kalau kurang suka ya. Gunakan gula merah yang warnanya tidak terlalu gelap agar kuah jahenya cantik dan tidak terlalu gelap warnanya. 

KEMBANG TAHU / TAHWA NAN SIMPEL

Bahan Puding Sutra Kedelai : 
1 bungkus (7 gr) agar-gar bubuk
1400 ml susu kedelai
50 gr gula pasir
2 helai daun pandan, simpulkan
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilli

Cara Membuat :
1. Campur agar-agar bubuk, gula pasir, vanilli, garam, daun pandan dan susu kedelai.
2. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api dan biarkan dingin.
3. Setelah set dan padat, sendokkan ke mangkok saji dan sajikan dengan kuah jahe hangat. 

Bahan Wedang Jahe :
1 liter air
100 gr jahe, cuci bersih, bakar dan memarkan
150 gr gula merah
3-5 sdm gula pasir atau sesuai selera
1 batang serai (optional)

Cara Membuat :
1. Rebus air hingga mendidih, masukkan jahe, serai, gula merah dan gula pasir. Test rasa hingga sesuai selera dan biarkan mendidih lagi.
2. Saring dan tuang panas-panas ke kembang tahu.

Kalau suka dengan wedang jahe yang pedas, bisa memakai jahe merah ya atau jahenya diparut. Waah..beneran mantap deh. Saya sukanya yang biasa-biasa aja gak terlalu pedas, karena anak saya ikut minum juga wedang jahenya. 



Alhamdulillah...lumayan sekali buat "tombo pengen". Aromanya sih mirip dengan tahwa beneran karena memang memakai susu kedelai hehehe. Enak dinikmati saat sore-sore pas hujan nih, bikin hangat di badan.

Selamat mencoba...semoga menginspirasi ya ^^

LEMON SILKY PUDDING



Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah March!! Gak kerasa aja ya, udah masuk bulan ke-3 di tahun ini. Waktu nulis postingan ini saya jujur lagi mellow aja, karena kangen alm. Papa. Yang namanya kangen selalu saja dirasakan ya, apalagi dalam keadaan gak bisa ketemu seperti sekarang ini. Kalau teman-teman yang mengenal saya secara dekat pasti paham deh gimana dekatnya saya dengan alm. Papa baik ketika beliau masih sehat atau ketika sudah mulai sakit 15 tahun yang lalu. Jadi memang gak heran kalau sekarang ini saya masih merasa sangat-sangat kehilangan. Maaf yaaa....kok malah jadi curhat.

Daripada mellow terus, saya cerita yang lain aja deh ya tentang lemon silky pudding yang saya buat ini. Eh tapi lagi-lagi ada curhatnya juga nih tentang si silky pudding ini. Hahahaha...kok curhat mulu yak >_<  Sejak pertama posting silky chocolate pudding dan matcha silky pudding beberapa waktu lalu, Alhamdulillah sudah banyak yang tertarik untuk mencoba. Bahkan silky chocolate pudding termasuk postingan yang banyak dibaca di blog saya, kurang lebih sudah dilihat lebih dari 70.000. Alhamdulillah...terima kasih ya. Saya mendapat cukup banyak review juga dari silky pudding tersebut. Sebagian besar memang bilang suka dengan si silky coklat itu dan juga si silky matcha. Duuuh...apaan sih ini bahasanya ngawur banget hihihi. Tapiiii....diantara yang sudah mencoba resep tersebut, saya juga menerima banyak sekali pertanyaan yang sama. Pertanyaannya kurang lebih seperti ini....Bund / Mbak kenapa pudding saya tetap encer, tidak bisa set dan keras padahal sudah sesuai resep dan sudah diiamkan. Hiiiks....bukan 1-2x saya menerima pertanyaan seperti itu baik melalui komen, DM di IG, inbox, email, WA atau bahkan SMS. Padahal di setiap postingan silky pudding selalu saya tuliskan kalau silky pudding ini teksturnya berbeda dengan pudding yang memakai perekat seperti agar-agar bubuk, jelly bubuk atau bahkan gelatine. Tekstur dari silky pudding ini memang lembut, TIDAK SET dan TIDAK PADAT. Menurut saya teksturnya mirip dengan vla. Jadi makannya harus disendokin, gak bisa dipotongin kan hihihi. Bahkan ada juga yang menikmati silky pudding memakai sedotan ya. Hehehehe...jadi ya mau curhat itu aja sih. Gak penting banget ya sebenarnya, in shaa Allah saya selalu berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan kok. Cuma kadang gemes juga kalau pertanyaannya diulang terus padahal sudah ada keterangan di setiap postingannya. Mungkin karena tidak baca secara lengkap, maklum kadang memang tulisan saya mah suka ngelantur kemana-mana hihihi. Mohon maaf yaaa




Masih memperdayakan lemon modis alias modal diskon, saya akhirnya bikin lemon silky pudding. Specialnya sih buat adek yang suka banget dengan aroma-aroma lemon. Padahal sebenarnya adek tuh minta dibuatin lemon curd tapi karena saya lagi kehabisan telur, jadinya belok deh bikin lemon silky pudding aja. Beloknya jauh amat sih yaaa. 

LEMON SILKY PUDDING

Bahan :
700 ml susu cair
30 gr maizena
100 gr gula pasir
2 buah lemon, peras airnya dan parut kulitnya (lemon zest)
170 gr coklat masak putih (WCC), cincang

Cara Membuat :
1. Campur susu cair, maizena dan gula pasir. Aduk hingga rata dan maizena larut.
2. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mengental dan meletup-letup kemudian masukkan perasan air lemon dan parutan kulit lemon. Aduk hingga rata.
3. Masukkan coklat masak putih. Aduk hingga rata dan coklat leleh. Matikan api.
4. Biarkan uap panasnya hilang kemudian tuang ke dalam gelas saji atau cup. Setelah agak dingin, simpan di dalam lemari es.
5. Sajikan dingin dengan vla.

Untuk pelengkapnya saya membuat vla coklat dan toppingnya saya pakai remahan wafer. Selain vla coklat enak juga kalau memakai vla vanilla. Toppingnya juga bisa memakai biskuit seperti oreo. Tanpa vla sebenarnya juga udah enak kok. 

VLA COKLAT 

Bahan :
300 ml susu cair
1 sdm munjung maizena
60 gr gula pasir
1/8 sdt garam
50 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
1/2 sdt pasta coklat (optional)

Cara Membuat :
1. Campur susu cair, maizena, gula pasir dan garam. Aduk hingga rata.
2. Masak sambil diaduk hingga mengental dan meletup-letup kemudian masukkan DCC. Aduk hingga rata.
3. Matikan api, masukkan pasta coklat, aduk hingga rata.
4. Dinginkan dan siap digunakan.




Rasanya enaak deh, segar, asam dan manis dengan aroma lemon yang kuat. Si adek aja ketika silky puddingnya masih di kompor udah penasaran banget karena aroma lemonnya kemana-mana kan. Akhirnya sisa-sisa adonan di whisker dan panci juga sukses "dibersihkan" si adek hihihi. Alhamdulillah, walau jadinya bukan lemon curd, tapi adek tetap suka.

Eh yaa...mohon maaf atas curhatan saya ya. Jujur gak ada maksud apa-apa kok, saya pun sering banyak salah juga kalau posting atau membalas komen atau pertanyaan. Maafin lagi yaa

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^


PUDING ROTI TAWAR VLA COKLAT



Bismillahirrohmanirrohim

Hujan terus yaa...bikin gampang lapar dan pengennya ngemil aja. Nah karena masih dalam rangka malas uprek di dapur, bikinnya puding aja ya yang cepat dan praktis. Cocok gak sih puding dinikmati di cuaca kaya gini, yaaa...dicocok-cocokin aja deh ya. Alhamdulillah puding buatan saya ini juga langsung ludes hehehe. Kali ini saya membuat puding roti tawar. Bikinnya juga menyesuaikan bahan yang ada aja, roti tawar tinggal 3 lembar, susu UHT juga adanya yang coklat. Resepnya sebenarnya juga sudah pernah saya posting dulu, kali ini hanya saya modif sedikit aja dan saya hanya membuat memakai 1 bungkus agar-agar bubuk.

Puding roti tawar ini sebenarnya sangat mudah divariasikan. Untuk penggemar matcha, cappuccino, moka atau bahkan pandan, bisa banget dijadikan variasi rasa pudingnya. Kalau keluarga saya lebih suka yang marmer atau coklat. Untuk vla-nya juga bisa memakai vla vanilla, vla strawberry atau vla coklat seperti yang saya buat. Silahkan disesuaikan aja dengan selera keluarga.




PUDING ROTI TAWAR

Bahan :
3 lembar roti tawar tanpa kulit, potong-potong
500 ml susu UHT coklat (bisa juga pakai yang plain)
200 ml air
1 (7 gr) bungkus agar-agar bubuk
115 gr gula pasir atau sesuai selera
sejumput garam
50 gr dark cooking chocolate, lelehkan
2 sdm chocochips
1/2 sdt pasta coklat

Cara Membuat :
1. Blender roti tawar dengan susu hingga lembut. Sisihkan.
2. Dalam panci, campurkan agar-agar bubuk, garam dan gula. Aduk hingga rata kemudian tambahkan campuran roti tawar dan susu serta air. Masak dengan api sedang sambil diaduk.
3. Masukkan chocohips dan coklat leleh. Masak hingga mendidih, matikan api.
4. Tuang ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air, biarkan hingga uap panasnya hilang dan dinginkan di dalam kulkas.

VLA COKLAT

Bahan :
350 ml susu cair
50 gr gula pasir
50 gr dark cooking chocolate, leleh
1 sdm maizena
1/8 sdt garam
1/2 sdt pasta coklat

Cara Membuat :
1.Campur semua bahan menjadi satu, masak di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
2. Setelah uap panasnya hilang, masukkan pasta coklat. Aduk hingga rata dan dinginkan.
3. Siap digunakan.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

PUDING BUAH NAGA - MANGGA



Bismillahirrohmanirrohim

Masih tentang buah naga, maklum lagi musim dan harganya juga murmer nih. Kalau saya mah gak ada bosennya makan buah naga, jadi di rumah memang selalu sedia. Setelah kemarin bikin sorbet buah naga, kali ini saya bikin puding buah naga - mangga. Lho kok ada mangganya juga ya hehehe. Tadinya mau bikin puding buah naga lapis puding vanilla aja, tapi masih ada sedikit mangga podang di rumah, jadi akhirnya saya bikin puding sekalian. Karena memang cuma ada sedikit mangga, jadi saya juga cuma ambil sedikit adonan puding kemudian ditambahkan mangga. Sebenarnya lebih cantik kalau puding lapisnya dibuat sama tebalnya. Kontras banget kan ya warna buah naga dan mangga. Seger banget deh liatnya. Eh ya biarpun katanya nih udah mulai masuk musim penghujan, tapi di tempat saya tuh belum tiap hari didatangi hujan. Kalau siang juga masih panas dan gerah, jadi cocok aja kan kalau menikmati puding dingin.

Resep pudingnya bisa pakai resep andalan masing-masing. Saya sih kalau bikin puding suka menyesuaikan aja dengan bahan yang ada di rumah. Kalau ada whipcream bubuk ya dipakai, bisa juga pakai WCC atau white cooking chocolate atau coklat masak putih. Atau kalau punya susu kental manis, ya bisa juga dipakai. Benar-benar sesuai stok aja hihihi. Kali ini saya cuma punya susu cair, jadi saya bikin puding buah ini pakai resep yang benar-benar simple, yaitu cuma pakai agar-agar bubuk, gula pasir, susu dan buahnya. Tadinya mau pakai jelly bubuk, biar ada "kenyal-kenyal" gitu, tapi lupaa euy >_<




Saya hanya membuat 1/2 dari resep yang saya tulis berikut. Itupun juga menyesuaikan mangga yang saya punya. Penggunaan cairan saya kurangi karena buah naga dan mangga sendiri juga mengandung kadar air yang banyak. Monggo disesuaikan selera aja ya.

PUDING BUAH NAGA - MANGGA

Bahan Lapisan Buah Naga :
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk plain
600 ml susu cair
100 ml air
100 gr gula pasir atau sesuai selera
500 gr daging buah naga

Bahan Lapisan Mangga :
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk, plain
600 ml susu cair
100 ml air
100 gr gula pasir
400 daging buah mangga 

Cara Membuat :
1. Blender buah naga dengan air kemudian masukkan ke dalam panci yang berisi campuran agar-agar bubuk, gula pasir dan susu. Aduk hingga rata.
2. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih kemudian tuang ke dalam cetakan. Biarkan hingga agak set dan berkulit.
3. Blender mangga dengan air kemudian campurkan ke dalam panci berisi agar-agar bubuk, gula dan susu. Masak dengan api sedang hingga mendidih.
4. Tuang di atas puding buah naga. Biarkan set kemudian dinginkan di kulkas.
5. Sajikan dingin dengan topping buah.




Simpel banget kan resepnya dan anti gagal deh. Iya laah...yang namanya bikin puding sih siapa aja pasti bisa.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

PUDING TAPE KETAN HIJAU



Bismillahirrohmanirrohim

Nemu foto lama ini di file laptop!! Dilihat dari tanggalnya ternyata ini adalah foto bulan Maret yang lalu hahaha. Sama sekali bukan foto yang bagus, bahkan berantakan banget deh karena fotonya OE ya. Tapi karena yang difoto adalah salah satu favorit saya, jadi ya tetep nekad aja dipublish. Padahal ya..postingan tentang puding tape ketan hijau juga udah ada di blog ini, tapi tetep aja diposting lagi euy. Gak apa-apa yaa. Harap maklum, mood untuk pegang kamera masih ada di titik nol huhuhu.

Saya termasuk generasi jadul, jadi tidak heran kalau salah satu favorit saya ya puding tape ketan ini karena waktu saya kecil dulu, Mama sering banget bikin. Selain puding tape ketan, saya juga hobby dengan puding gula merah yang juga termasuk puding jadul. Pokoknya kalau ada kedua puding itu, pasti saya gak ngelirik puding coklat atau aneka fruit puding deh hehehe. Namanya juga generasi jadul yaaa.

Bikin puding tape ketan ini tentunya udah pada tau kan resepnya. Super gampang tinggal cemplang cemplung aja, takaran gula juga disesuaikan dengan selera atau tingkat kemanisan tape ketan yang digunakan. Selain tape ketan hijau, enak juga lho kalau memakai tape ketan hitam.







PUDING TAPE KETAN HIJAU

Bahan :
1 bungkus (7 gr) agar-agar plain atau hijau
5-6 sdm gula pasir atau sesuai selera
800 ml santan
sejumput garam
300 gr tape ketan hijau
2 helai daun pandan, simpulkan

Cara Membuat :
1. Campur agar-agar bubuk, gula pasir dan garam. Tambahkan santan dan daun pandan.
2. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk.
3. Menjelang mendidih, masukkan tape ketan hijau. Aduk rata dan matikan api.
4. Tuang ke cetakan yang sudah dibasahi air, biarkan set dan dinginkan dalam kulkas.
5. Sajikan dingin dengan topping tape ketan hijau.

Semoga bermanfaat ya ^^