Showing posts with label Kepiting. Show all posts
Showing posts with label Kepiting. Show all posts

KEPITING SAUS MENTEGA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Haloo...lama ya update blog, lagi kumat penyakit malesnya nih. Biasaa lagi sok sibuk, jadi kalau malam udah gak mikir lagi duduk manis buat ngeblog. Liat bantal dan guling aja yang sudah melambai-lambai hahaha. Kali ini juga gak bisa lama-lama, jadi posting kilat aja ya.

Kebetulan kemarin mbak tukang sayur langganan bawa kepiting nih, cuma 2 ekor aja, berat 500 gr. Ya wis lah saya beli aja karena ingat beberapa waktu yang lalu kakak Naira bilang pengen makan kepiting. Sebenarnya saya mah suka males masak kepiting, karena gak pernah makannya hahahah. Maksudnya sih suka gak tega ikutan makan karena anak-anak suka banget. Kalau udah masak kepiting, pak suami yang selalu mbongkarin kepitingnya, ngorek-ngorek buat ambil dagingnya. Daaan...nasibnya nyaris mirip saya, cuma kebagian sedikit hihihi. Yang penting mah anak-anak suka ya. Favoritnya ya dimasak mentega ini, atau saya masak saus padang yang agak pedas.  Enak juga kalau disaus tiram ya, aaah namanya juga kepiting diapain aja enak deh.



KEPITING SAUS MENTEGA

Bahan :
2 ekor kepiting (500 gr)
Minyak goreng secukupnya
1 butir bawang bombay, iris memanjang atau bundar
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
5 sdm butter / margarin
5 sdm saus tiram
4 sdm kecap manis
2 sdm kecap inggris ( worcestershire sauce)
Garam dan merica bubuk secukupnya
1 batang daun bawang, iris

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, goreng kepiting hingga kemerahan. Angkat dan tiriskan,
2. Panaskan butter / margarin hingga leleh, masukkan bawang bombay dan bawang putih. Aduk hingga harum dan layu.
3. Masukkan saus tiram, kecap manis dan kecap inggris. Aduk-aduk hingga rata kemudian masukkan garam dan merica. Aduk rata.
4. Masukkan kepiting, aduk perlahan hingga kepiting tertutup saus, masak sebentar hingga meresap. Test rasa hingga sesuai selera ya.
5. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang.
6. Angkat dan segera sajikan.

Kalau bisa kecap inggris jangan diskip ya karena nanti rasanya akan beda. Kalaupun gak ada, ya gak apa-apa gak usah pakai, tapi nanti rasanya hanya akan gurih aja dan dominan rasa saus tiramnya. Seperti olahan saus mentega lainnya, keping saus mentega ini sebaiknya dimasak sesaat sebelum dihidangkan karena kalau kelamaan nanti menteganya akan "ngendal". Duuh apa coba bahasa Indonesianya. Maksudnya saus menteganya akan berubah menjadi padat gitu hihihi. Susah amat mau nulisnya.

Happy cooking...semoga bermanfaat ya ^^


KEPITING SAUS PADANG



Bismillahirrohmanirrohim

Seperti biasa kalau belanja ke pasar, saya pasti berhenti di sudut favorit saya yaitu di ibu penjual ikan dan hasil laut. Selalu suka liat ikan segar berderet di nampan dan kalau udah gitu pasti saya ngiler untuk beli. Maklum kami sekeluarga suka sekali dengan menu ikan dan hasil laut lainnya. Kemarin itu saya gak beli ikan karena saya pengen masakin kepiting buat suami saya. Kalau saya menikmati menu kepiting, wajib ditemani suami karena saya paling males banget nyungkil-nyungkil daging kepitingnya, maunya tinggal makan aja hahaha. Pokoknya saya tinggal nungguin hasil kerja keras suami ngorek-ngorek daging kepitingnya >_<

Saya cuma beli 3 ekor kepiting dengan berat kurang lebih 600 gr, lumayan besar juga. Suami saya suka olahan kepiting yang simpel-simpel aja seperti dimasak mentega atau saus tiram. Nah...kali ini saya bikin kepiting saus padang yang pedeeees. Tumben ya masak yang super pedes hehehe, ini mah karena untuk anak-anak udah dimasakin udang saus tiram favorit mereka. Pokoknya hari ini temanya sea food. Gak apa-apa ya sesekali makan yang high cholesterol gini, kan gak sering juga. Ngebayangin makan kepiting saus padang ditemani nasi hangat aja kayanya udah laper duluan atuh ^^




KEPITING SAUS PADANG

Bahan :
3 ekor kepiting (kurleb 600 gr)
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
2 cabe merah besar, iris
5 sdm saus sambal
3 sdm saus tomat
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap ikan
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
200 ml air
1 batang daun bawang, potong-potong
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
5 siung bawang putih
3 butir bawang merah
4 cabe merah
5 cabe rawit

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama bawang bombay dan cabe hingga harum.
2. Masukkan saus tomat, saus sambal, saus tiram dan kecap ikan. Aduk hingga rata.
3. Tambahkan garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak sambil diaduk-aduk hingga meletup-letup.
4. Tuang air, masak hingga mendidih. Test rasa hingga sesuai selera.
5. Masukkan kepiting, aduk rata hingga matang dan terbalut saus. Sesaat sebelum diangkat masukkan daun bawang, aduk rata.
6. Sajikan hangat.

Simpel aja kan masaknya, tapi Alhamdulillah nikmat sekali. Besok back to the basic ya, makannya pakai tempe goreng tepung favorit hihihi.

Happy Cooking....semoga bermanfaat ^^

SUP KEPITING



Bismillah...
Sup kepiting atau Lue Sun merupakan salah satu Chinese Food yang banyak digemari. Sup ini terdiri dari sup krim yang berisi daging kepiting cincang, kocokan telur, jagung pipil atau bahkan ada yang menambahkan asparagus. Seperti halnya sup lainnya, sup kepiting ini sangat enak dinikmati hangat pada saat cuaca dingin.

Kebetulan Adek baru sembuh dari sakit dan untuk memacu kembali nafsu makannya yang sempat turun selama sakit kemarin, aku buatkan sup kepiting ini. Anak-anak suka sekali dengan olahan cream soup, baik itu dinikmati langsung atau dijadikan zuppa soup. Biasanya aku bikin chicken cream soup dan 1 panci itu bisa habis oleh mereka berdua aja hehehe. Entah doyan atau lapar itu namanya. Dan ternyata mereka suka juga dengan sup kepiting ini. Kali ini aku bikin sup kepiting dengan jagung manis pipil dan telur aja karena gak punya asparagus.






SUP KEPITING

Bahan :
200 gr daging kepiting
2 buah jagung manis, pipil
3 butir telur, kocok lepas
3 siung bawang putih, cincang halus
2 cm jahe, memarkan
1 liter air kaldu (aku pakai rebusan tulang ayam yang dimasak dengan api kecil)
1/2 butir pala, parut
garam, gula dan merica bubuk secukupnya
1 sdm tepung maizena larutkan dengan sedikit air
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Didihkan air kaldu dengan api kecil
2. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan daging kepiting, aduk hingga rata.
3. Masukkan tumisan ke dalam air kaldu, tambahkan jagung manis pipil.
4. Bumbui dengan pala, garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak hingga mendidih dan test rasa hingga sesuai selera.
5. Masukkan telur kocok sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat hingga berserabut.
6. Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.
7. Angkat dan sajikan hangat.

Alhamdulilah...nikmat sekali dinikmati ketika hangat. Adek dan kakaknya tentu saja doyan sup ini. Semoga jadi salah 1 cara untuk mengembalikan nafsu makan dan kondisi badan adek ya.

Selamat mencoba...Happy Cooking


KEPITING MASAK KECAP PEDAS



Haaa....kepiting lagi, jangan bosen ya soalnya ada yang lagi hoby makan kepiting niy ^_^
Yang masak ya senang-senang aja, soalnya sering pake jurus cemplang cemplung yang anti lama dan ribet, soalnya juragan di rumah suka kepiting yang diolah minimalis gitu. Kalau aku jujur paling malas makan kepiting, kecuali ada yang bantuin congkel-congkel dagingnya ya. Naah...itu baru suka banget. Untungnya selama ini suamiku rela deh bantuin aku makan kepiting.

Kali ini kepitingnya mau kuolah dengan kecap aja, tapi tentunya tetap memakai cabe ya. Pedasnya gak heboh sih, tapi masih tetap terasa cabenya. Naira mulai doyan juga makan kepiting, jadinya gak bisa masak yang heboh pedasnya. Resepnya asli gampang banget, semua pasti bisa deh bikinnya...

KEPITING MASAK KECAP PEDAS

Bahan :
500 gr kepiting ukuran sedang
2 sdm munjung margarin
4 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, geprek dan cincang
2 cabe merah, potong serong
4 cabe rawit iris-iris
1 cm lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
1 buah tomat, potong-potong
2 sdm kecap manis
100 ml air
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
- Cuci bersih kepiting kemudian goreng dalam minyak panas hingga kemerahan. Angkat dan tiriskan.
- Panaskan margarin, tumis bawang merah dan bawang putih bersama lengkuas dan daun salam hingga harum. Masukkan cabe merah dan cabe rawit, aduk rata.
- Tuang air, masukkan kecap manis, bumbui dengan gula dan garam. Biarkan mendidih dan test rasa.
- Masukkan kepiting goreng, aduk hingga bumbu merata. Masukkan tomat. 
- Masak sebentar hingga air sedikit menyusut.
- Angkat dan siap dihidangkan.

Dinikmati bersama nasi hangat....mantap banget. Masaknya cepat, abisnya juga cepat walau makannya harus berjuang dulu hihihihi.






KEPITING SAUS MENTEGA



Masak kepiting lagi ya..sesuai request suamiku beberapa waktu yang lalu. Kalau kemarin kepitingnya diolah menjadi kepiting saus merah yang praktis, kali ini aku olah menjadi kepiting saus mentega. Lebih simpel lagi hehehehehe. Balada orang malas masak, jadinya masak yang gampang-gampang aja yah, yang penting rasanya sesuai dengan selera keluarga.

KEPITING SAUS MENTEGA

Bahan :
4 ekor kepiting ukuran sedang (kurleb 500 gram)
1 bawang bombay, iris tipis memanjang
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
2 sdm kecap manis
1sdm saus tomat
1/2 sdt kecap asin
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2sdt gula pasir
3 sdm margarin
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
- Cuci bersih kepiting dan goreng di minyak panas hingga kemerahan. Angkat dan tiriskan.
- Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
- Masukkan kecap manis, saus tomat, kecap asin, garam, gula dan merica.
- Masukkan kepiting, aduk perlahan hingga bumbu merata.
- Angkat dan siap disajikan.

Seperti olahan saus mentega lainnya, menu ini sebaiknya dimasak sesaat sebelum dinikmati ya karena karena sausnya akan 'ngendal' kalau kelamaan. Karena masaknya praktis dan cepat, jadi gak usah khawatir gak keburu selesai sesaat sebelum buka puasa tiba. Yang pasti siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu dan kita tinggal cemplang cemplung aja deh ^_^

Alhamdulillah..kepiting saus mentega ini pun nasibnya sama dengan kepiting saus merah. Laris maniiis :D



KEPITING SAUS MERAH


Menu berbuka puasa beberapa hari yang lalu, kubuat special untuk suamiku. Nah lho...buka puasa malah disuguhin menu yang ribet makannya heheeeh. Biar ribet makannya tapi sebanding lah dengan rasanya. Kepiting memang terkenal lezat diolah menjadi berbagai macam masakan. Dagingnya yang gurih banyak sekali disukai. Untuk menikmatinya memang agak ribet ya, tapi katanya justru perjuangan untuk makan kepiting itu yang bikin rasanya bertambah nikmat hihihihi.

Kali ini aku mengolah kepiting menjadi kepiting saus merah. Tidak butuh waktu lama untuk memasaknya, karena tinggal cemplang cemplung aja dan bisa dikerjakan disela-sela baking cookies ^_^ 
Dapat ide-nya dari Tabloid Saji dan dimodif lagi sesuai dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Berikut ini resepnya ya

KEPITING SAUS MERAH

Bahan :
4 ekor kepiting ukuran sedang (kurang lebih 500 gram)
3 siung bawang putih, cincang kasar
5 butir bawang merah, cincang kasar
2 cm jahe, iris halus
3 cabe merah, iris serong
3 cabe rawit, iris-iris
2 sdm saus sambal
2 sdm saus tomat
1/2 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
100 ml air
1 batang daun bawang, iris serong
minyak untuk menumis dan menggoreng

Cara Membuat :
- Bersihkan kepiting, kemudian goreng hingga kemerahan, sisihkan.
- Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih, bawang merah dan jahe hingga harum. Masukkan cabe merah dan cabe rawit, tumis hingga layu.
- Masukkan kepiting, aduk rata. Tambahkan saus tomat, saus sambal, kecap manis, garam dan gula pasir. Aduk hingga rata.
- Tuang air dan masak hingga mengental. Masukkan daun bawang, masak kembali sebentar.
- Matikan api dan siap dihidangkan.

Weeew...biarpun makannya rempong, Alhamdulillah suamiku sangat menikmati sekali menu ini. Entah karena lapar atau emang karena enak ya hihihihi. Request-nya....besok masak ini lagi ya ^_^