Showing posts with label Fish. Show all posts
Showing posts with label Fish. Show all posts

BAKSO GORENG IKAN



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh
Salah 1 cemilan kesukaan anak-anak saya, yuup bakso goreng. Saya bikin ini pas masih mereka liburan kemarin. Jadi sebelum saya tinggal kerja, biasanya bebikinan dikit dulu laah untuk anak-anak. Kalaupun gak sempat bebikinan ya saya suruh mereka bongkar parcel aja hihihi. Kebetulan saya masih punya sedikit fillet tenggiri di kulkas, sebenarnya pengen bikin sate lilit tapi kok ya males karena memang cuma dikit filletnya. Kalau nurutin beli dulu, yaa entah kapan tuh belinya ke pasar heuheuhu. Jadi akhirnya fillet yang seuprit itu saya bikin bakso goreng aja.

Eits saya pernah posting juga tentang bakso goreng ikan. Kurang lebih resepnya hampir mirip  kok, cuma yang ini saya mix dengan udang. Lagi-lagi karena saya masih punya sedikit udang kupas di kulkas. Pokoknya ini sebenarnya dalam rangka bersih-bersih freezer ya, jadi yang tinggal sedikit-sedikit ini diolah. 

Bakso goreng ini paling enak kalau disajikan hangat. Gak heran kalau motretnya sudah banget karena kan udah ditungguin anak-anak. Kalau masih hangat, masih renyah. Kalau udah dingin, memang gak renyah lagi, tapi bukan berarti alot ya. 




BAKSO GORENG IKAN

Bahan :
150 gr fillet tenggiri (bisa juga pakai tuna, dori dll)
50 gr udang kupas
3 siung bawang putih, goreng
1.5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
150 gr tepung tapioka
1 butir telur
50-75 ml air es
1 daun bawang, cincang (optional ya, gak pakai gpp)
Minyak goreng

Cara Membuat :
1. Dalam food processor, masukkan fillet ikan, udang kupas, bawang putih, garam, gula dan merica. Proses hingga halus.
2. Masukkan telur dan air es sedikit demi sedikit, aduk hingga rata.
3. Masukkan tepung tapioka dan irisan daun bawang. Aduk hingga rata.
4. Olesi tangan dengan minyak goreng, bentuk bulat atau bisa juga dengan bantuan 2 sendok.
5. Panaskan minyak, goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.
6. Angkat, tiriskan dan sajikan hangat.

Disajikan dengan cocolan saus sambal dan mayo enaaak, sambil nyeplus rawit juga oke atau dimakan langsung juga hayuuk aja. 



Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

SUP IKAN ASAM



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Sup ikan asam ini saya buat minggu lalu, gara-garanya ngiler dengan buatan mbakyu Anita hihihi. Kebetulan kami lagi shaum, jadi kebayang kalau buka dengan sup ikan yang seger pastinya enak banget. Akhirnya saya niatin deh pagi-pagi pergi ke pasar untuk beli ikan segar, pengennya sih saya pakai tuna atau tongkol atau cakalang. Ternyataaa sampai di pasar, ikan yang saya pengen lagi kosong dan yang ada malah ikan dorang yang seger-seger. Sebenarnya saat itu kebayang dorang bakar kecap yang super lezat, tapi kan lagi pengen sup ikan nih. Ya wis laah saya tetap beli dorang dan diniatin untuk bikin sup ikan nan seger hihihi.

Sebenarnya untuk membuat sup ikan ini, bisa pakai ikan apa aja asal berdaging tebal. Menurut saya memang lebih enak memakai ikan laut segar, saya kurang suka sup ikan yang memakai ikan air tawar. Ada juga yang bilang, ikan kan amis kalau dibikin sup apa gak tambah amis ya. Naaah makanya dibuat yang seger-seger kaya gini, jadi gak terasa amis lho. Dagingnya juga jadi tambah lembut, pokoknya menurut saya mah enak banget hihihi.




Untuk membuat sup ikan ini bisa dengan berbagai resep ya, sudah beberapa kali juga saya posting di blog. Kalau yang ini resep super simple banget tapi rasanya tetap enak. Kalau pingin bikin yang ala Manado, bisa bikin ikan kuah asang, mirip-mirip kok sebenarnya. Kalau punya belimbing wuluh, bisa dipakai juga ya untuk gantinya tomat hijau. Untuk memperkuat rasa asamnya, saya pakai air jeruk nipis. Masya Allah ....seger bangeet.

Resep berikut gak pakai takaran pasti ya, saya juga cuma cemplang cemplung aja masaknya, trus dicicipi hingga sesuai selera. Masaknya enak dadakan sesaat sebelum dimakan, kan bikinnya juga cepat. 

SUP IKAN ASAM

Bahan :
Ikan berdaging tebal, berduri besar, misalnya tongkol, tuna, cakalang, saya pakai dorang
Bawang merah, iris tipis
Bawang putih, iris tipis
Cabe merah besar, iris
Cabe hijau besar, iris
Cabe rawit utuh
Tomat hijau atau bisa juga pakai belimbing wuluh
Serai, memarkan
Lengkuas, memarkan
Air jeruk nipis
Garam dan gula pasir
Daun kemangi
Air secukupnya

Cara Membuat :
1. Lumuri ikan yang sudah dipotong-potong dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit.
2. Didihkan air, masukkan serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, irisan cabe merah dan hijau serta cabai rawit.
3. Masukkan potongan ikan, garam dan gula pasir. Masak hingga mendidih lagi, jangan terlalu sering diaduk ya agar ikan tidak hancur.
4. Menjelang diangkat, masukkan tomat hijau, daun kemangi dan air jeruk nipis. Masak lagi sebentar.
5. Angkat dan sajikan.




Masya Allah....nikmat sekali untuk menu ifthar, buat menu makan siang juga syedaaap. Anak-anak saya juga suka sup ikan yang segar kaya gini ini. Monggo dicobain, semoga sesuai dengan selera keluarga ya.

Eh yaaa mumpung ingat, Alhamdulillah di bulan Juli ini sudah terbit buku kumpulan resep saya yang berjudul "100+ Resep Andalan Dapur Bunda Nina" . Buku tersebut berisi resep kue dan masakan yang pernah saya posting di IG dan blog serta beberapa resep baru. Saya berharap buku sederhana tersebut bisa bermanfaat ya. Untuk info selengkapnya, nanti akan saya posting lagi. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

SUP IKAN ASAM



 Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Kalau lagi bingung masak, saya pasti nanya ke suami dan anak-anak pengen dimasakin apa. Beberapa hari yang lalu ketika saya tanya pengen ifthar dengan lauk apa, eeeh kompak jawab ikan. Kakak Nai tambahin lagi yaitu menunya kuah. Akhirnya yang terpikir ya bikin sup atau gulai ikan. Karena untuk ifthar pasti milih yang seger-seger jadinya saya bikin sup ikan aja. Cusss deh ke pasar, niatnya cari ikan kakap ternyata yang ada tenggiri, yaa udah lah tenggiri pun jadi.

Tadinya karena liat tenggiri sempat tergoda juga pengen bikin siomay, bola-bola ikan atau bakso ikan, tapi gak kesampaian lah karena sibuk sendiri gak cukup waktunya hihihi. Ntar deh kapan-kapan diniatin bikin sate lilit aja.

Sup ikan asam ini mirip dengan ikan kuah asang ala Manado yang dulu pernah saya posting ya. Beda dikit aja bumbunya, tapi menurut saya mah sama enaknya, segeer. Kalau ikan kuah asang, lebih light bumbunya. Suka banget kalau buka dengan yang seger-seger gini dan yang paling penting, bikinnya gampang dan cepet ^^






SUP IKAN ASAM

Bahan :
500 gr ikan (tenggiri / kakap / gurame / patin), potong-potong
5 belimbing wuluh
Daun kemangi, secukupnya
1 batang serai, memarkan
3 daun jeruk
1 tomat, belah
800 ml air

Bumbu Halus :
5 siung bawang putih
3 cabai merah
1 cm jahe
2 cm kunyit
1 sdm garam

Cara Membuat :
1. Panaskan air, masukkan bumbu halus, serai dan daun jeruk.
2. Masukkan potongan ikan dan belimbing wuluh, masak hingga mendidih dan bumbu meresap. Test rasa hingga sesuai selera ya.
3. Menjelang diangkat, masukkan irisan tomat dan daun kemangi. Masak lagi sebentar.
4. Angkat dan sajikan hangat.



Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

TUNA SAMBAL MATAH



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Sambal matah adalah sambal yang berasal dari Bali. Sambal ini terbuat dari bahan-bahan yang diiris kemudian disiram dengan minyak kelapa dan diberi air jeruk limau. Menurut saya sambal matah ini cocok dihidangkan dengan berbagai lauk, baik itu ikan, ayam atau bahkan tahu tempe. Cara membuatnya juga cukup mudah, gak perlu uleg menguleg, cuma perlu mengiris-iris bahannya aja. Sambal matah ini konon sedap kalau ditambahkan irisan kecombrang. Sayangnya saya belum pernah nyoba, karena setiap bikin sambal matah, eeeh kecombrangnya lagi gak berbunga. Kebetulan di tempat saya, cukup sulit mendapatkan kecombrang di pasar, jadi harus nunggu berbunga dulu.

Kali ini saya membuat tuna sambal matah. Praktis dan bisa jadi penyelamat di saat malas makan lho hihihi. Gimana gak penyelamat, setiap bikin ini makannya jadi nambah-nambah hahaha. Menu praktis gini tentunya cocok banget disajikan saat Ramadhan nanti ya, eh tapi kalau buat sahur jangan pedas-pedas ya. Selain dipadukan dengan tuna, sekarang ini sambal matah juga mulai divariasikan dengan berbagai menu lho. Misalnya saja, fillet ayam crispy sambal matah, atau bahkan fish and chip sambal matah. Masya Allah...kreatif pisan ya dan hasilnya pun enaaak.

TUNA SAMBAL MATAH

Bahan :
1 kaleng kecil tuna, saya tumis sebentar
10 butir bawang merah
3 siung bawang putih
12 cabe rawit merah atau sesuai selera
3 daun jeruk, buang tulang daunnya
2 batang serai, ambil bagian putihnya
1/2 sdt terasi goreng atau bakar
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 sdm air jeruk limau (lagi gak punya, saya pakai jeruk nipis)
3 sdm minyak goreng panas

Cara Membuat :
1. Iris bawang merah, bawang putih, cabe rawit, daun jeruk dan serai kemudian campur menjadi 1. Aduk hingga rata.
2. Masukkan tuna, terasi, garam dan gula. Aduk-aduk hingga rata dan tuna 1/2 hancur.
3. Tuang minyak goreng panas dan air jeruk limau. Aduk hingga rata
4. Siap disajikan.

Aslinya memakai minyak kelapa asli, tapi karena gak punya, saya pakai minyak goreng panas sisa menggoreng ikan asin hehehe. Alhamdulillah nikmaaat.




Selamat mencoba ya...semoga bermanfaat ^^

BAKSO IKAN GORENG



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Salah 1 cemilan kesukaan anak-anak saya, bakso ikan goreng. Selama ini susah banget motret bakso ikan goreng. Gimana mau motret kalau bakso masih di wajan aja, anak-anak sudah mondar mandir ngeliatin kompor hihihi. Makanya foto bakso goreng kali ini juga gak jelas banget deh, blur dan yang pasti mati gaya heuheuheu. Tapi memang bener ya, gak nyalahin anak-anak deh, bakso ikan goreng ini paling enak dimakan ketika masih hangat. Cocolin dengan saus sambal atau mayonaise favorit, jadi tambah nikmat deh. Ada juga yang bilang kalau dibuatin cuko juga mantap. Duuuh...berasa makan pempek deh ya.

Untuk membuat bakso ikan goreng ini, gunakan fillet ikan segar yang berdaging tebal, misalnya tenggiri, dori, kakap atau bahkan tuna. Kali ini saya memakai tenggiri. Bisa juga dimix dengan menggunakan udang kupas. Ntar pasti jadinya juga lebih enak. Bikinnya cukup gampang lho, yuuuk cobain.






BAKSO IKAN GORENG

Bahan :
250 gr fillet ikan tenggiri
200 gr tepung sagu
2 butir telur
3 siung bawang putih halus
40 gr air es
2 batang daun bawang iris tipis
Garam, merica bubuk secukupnya

Cara Membuat :
1. Haluskan ikan menggunakan food processor kemudian campurkan dengan tepung sagu, telur, bawang putih, daun bawang, garam dan merica. Aduk hingga rata.
2. Masukkan air es sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata.
3. Test rasa dengan cara menggoreng sedikit adonan.
4. Bulatkan adonan dan goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.
5. Angkat dan tiriskan.

Tuuuh gampang banget kan bikinnya. In shaa Allah anak-anak pasti suka, eiiits...yang bikin juga pasti doyan deh ^^

Selamat mencoba...semoga bermanfaat 

MANGUT IKAN ASAP



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Yeaaay...posting salah satu menu favorit, yaitu mangut ikan asap yang merupakan salah satu masakan khas Semarang dan daerah Pantura sana. Walaupun sekarang lebih fasih ngomong jawa timuran, tapi aslinya saya ini mah tanah airnya ya di Semarang lho hihihi. Saya lahir di Semarang dan sempat menghabiskan masa kecil di Semarang. Balik lagi ke Semarang untuk ngekost karena memang kuliah di Tembalang heheheh. Tentunya menu mangut tidak asing untuk saya, apalagi Mama Papa yang memang asli Jawa Tengah juga suka dengan masakan ini.

Mangut adalah ikan asap yang dimasak dengan santan dengan cita rasa pedas. Ikan yang digunakan untuk memasak mangut biasanya adalah ikan asap pari  atau ikan asap manyung. Ikan asap pari biasanya populer dengan sebutan iwak pe. Ikan manyung yang digunakan biasanya berupa potongan dagingnya dan juga kepalanya. Kalau mangut ndas manyung atau mangut kepala ikan manyung adalah mangut khas dari daerah Pati. Mangut sendiri ada beberapa versi, ada yang berkuah merah, kekuningan atau bahkan pucat seperti yang saya buat ini. Menurut saya untuk membuat mangut yang enak mah syaratnya cuma 1, yaitu harus pedas hehehe. Beneran lho kalau gak pedas, kurang mantap. Untuk pelengkapnya bisa ditambahkan tahu, tempe atau juga petai. Seperti saya nih, cuma punya 4 potong ikan asap, jadinya harus dikasih pelengkap donk biar keliatan rame dan banyak heuheuheu.



Kebetulan beberap hari yang lalu saya dapat kiriman ikan asap yang biasa digunakan untuk membuat mangut. Ikan asapnya asli dari Semarang lho dan pastinya harus segera masak mangut donk biar gak terus kemecer banyangin makan siang dengan mangut dan nasi hangat >_<

Naaah ini dia ikan asapnya. Udah tinggal ngolah aja nih, tinggal ngirisin bumbu dan masak sebentar aja, jadii deh mangut ikan asapnya. Yang saya dapatkan ini ikan asap manyung. 

 


MANGUT IKAN ASAP

Bahan :
4 potong ikan asap
2 blok kecil tahu, potong dan goreng hingga kering
7 cabe merah, iris serong tipis
7 cabe hijau, iris serong tipis
10 bawang merah, iris tipis
5 bawang putih, iris tipis
2 cm kencur, haluskan
2 daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 tomat, potong-potong
10 cabe rawit  ( sebagian saya biarkan utuh, sebagian diiris halus)
1 papan petai
1/2 sdm gula merah
Garam secukupnya
1 liter santan 
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis semua bumbu iris, daun salam, kencur dan lengkuas. Aduk-aduk hingga harum dan layu.
2. Tuang santan, masukkan gula merah dan garam. Masak hingga mendidih dan test rasa hingga sesuai selera.
3. Masukkan ikan asap, tahu, cabe rawit dan petai. Lanjutkan memasak hingga kuah menyusut dan bumbu meresap.
4. Menjelang diangkat, masukkan potongan tomat. Masak lagi sebentar, kemudian matikan api.
5. Angkat dan siap disajikan.



Kalau ada yang kurang suka dengan aroma ikan asap, bisa juga memakai potongan ikan tongkol atau lele lho. Naah anak saya paling suka dengan mangut lele, apalagi yang dimasak kuah merah. Byuuuh bisa nambah-nambah makannya kalau sudah dimasakin mangut lele hihihi.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

GULAI IKAN



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Masak apa hari ini? Tadi saya masak gulai ikan untuk makan siang keluarga. Kebetulan saya punya stok beberapa jenis ikan di freezer, menjelang liburan saya harus mulai nyicil bersih-bersih isi kulkas donk ya hihihi. Pertama saya udah bikin bakso ikan goreng dan kali ini saya pengen bikin gulai ikan. Awalnya saya kira ikan yang saya pakai ini adalah tenggiri, eeeh...ternyata bukan. Saya tanya ama yang ngasih ternyata ikan mackerel. Nah lhooo akhirnya saya gugling ternyata mackerel itu sama ya dengan tenggiri hihihi. 

Gulai ikan bisa menggunakan berbagai jenis ikan, antara lain adalah tuna, kakap, tongkol atau jenis ikan lain yang mempunyai daging tebal. Banyak versi juga tentang resep gulai ikan, ada yang berwarna kuning, erah atau orange, ada yang dicampur dengan daun singkong, ada juga yang di resepnya memakai tomat dan lain sebagainya. Banyak ya variasinya. Menurut saya sih semua versi itu benar dan tetap bisa disebut gulai ikan. Yang penting mah cocok dengan selera keluarga kaaan. Naah ini dia gula ikan versi saya.




Gulai ikan versi saya, memakai cabe merah di bumbu halusnya tapi saya tidak memakai cabe rawit. Pernah saya bikin gulai ikan tanpa cabe eeeh malah dikira bikin opor ikan heuheuheu. Jadinya sekarang tiap bikin gulai ikan, saya tambahkan cabe merah.

GULAI IKAN

Bahan :
1 ekor ikan, saya pakai tenggiri (mackarel)
5 daun jeruk
1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
600 ml santan encer
200 ml santan kental
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri sangrai
3 cm kunyit bakar
2 cm jahe
2 cabe merah
1/2 sdt merica
1/4 sdt ketumbar

Cara Membuat :
1. Potong-potong ikan, lumuri dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan sebentar dan cuci bersih. Sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk, lengkuas dan serai. Aduk- aduk.
3. Masukkan santan encer, garam dan gula pasir. Masak sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Biarkan hingga mendidih.
4. Masukkan potongan ikan dan santan kental, aduk perlahan. Masak sebentar hingga mendidih lagi. Jangan telalu sering diaduk agar ikan tidak hancur, jangan lupa test rasa hingga sesuai selera ya.
5. Angkat dan siap dihidangkan.


Happy cooking...semoga bermanfaat ya ^^

TUNA MELTED SANDWICH



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Postingan tentang salah satu menu sarapan praktis adalah membuat sandwich. Kalau yang super praktis bagi saya adalah, sandwich berisi telur ceplok, keju slice, selada, timun plus tomat ditambah dengan pelengkap saus mayo. Sandiwch seperti itu selalu jadi favorit, terutama suami saya. Tak heran kalau suami akan keluar kota, saya lebih milih membawakan bekal sandwich aja karena super praktis hihihi.

Kali ini saya membuat tuna melted sandwich. Kebetulan saya dan suami suka sekali dengan tuna sandwich salah satu bakery terkenal di Surabaya, tapi harganya maharani hahaha. Ternyata membuat sendiri juga bisa dan gak kalah enak kok. Roti tawarnya boleh dipanggang sebentar atau tanpa dipanggang juga oke. Kali ini saya membuat versi yang dipanggang dulu. Tuna melted sandwich ini terinspirasi dari kakak Eliza Setiawan yang jago banget bakingya. Syukron koir ya kakak ^^





Tuna melted sandwich ini terdiri dari 2 lapisan, kalau mau dibuat 3 lapisan seperti di foto juga boleeeh hihihi. Lapisan tersebut adalah lapisan tuna dan lapisan telur. Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat lapisan telur adalah cheese spread atau "selai keju". Kalau tidak punya boleh diganti dengan keju parut kok. In shaa Allah tetap enak.

TUNA MELTED SANDWICH

Bahan :
6 lembar roti tawar tanpa kulit
Daun selada
Timun, iris tipis
Tomat, itis tipis

Bahan Tuna Melt :
4 sdm tuna chunk (saya pakai yang kalengan)
1/2 sdt lada hitam butiran, uleg kasar
2 sdm mayonaise
--- > aduk rata semua bahan, tunanya tidak usah sampai hancur banget ya

Bahan  Mashed Egg :
2 butir telur rebus, hancurkan kasar
1 sdm mayonaise
2 sdm cheese spread
1/2 sdt lada
---> aduk rata semua bahan

Cara Membuat :
1. Ambil selembar roti tawar, boleh dipanggang sebentar atau tidak. Oles dengan mayonaise, tata selada di atasnya, lalu oles dengan mashed egg. Tutup lagi dengan selembar roti.
2. Oles lagi roti kedua dengan mayonaise atau boleh dengan saus sambal bila suka lalu tata irisan tomat dan timun. Oleskan tuna melt dan tutup dengan roti. Boleh juga dibuat 4 lapis seperti di foto, silahkan sesuaikan dengan selera aja.
3. Sajikan atau panaskan sebentar di teflon.

Praktis banget disajikan untuk sarapan kan dan cukup mengenyangkan. Kalau belum kenyang boleh laaah nambah lontong sayur atau nasi pecel...eeeeh >_<

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

CHEESY FISH BITES


Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Tau fish bites kan? Biasanya tersedia di resto waralaba terkenal itu. Fish bites adalah ikan yang dipotong kecil-kecil dan digoreng kering. Biasanya dinikmati dengan cocolan mayonaise atau bisa juga dengan saus sambal favorit. Mirip-mirip laaah dengan chicken popcorn. Naaah kalau beli di resto waralaba itu mah harganya mahal dan dapetnya dikit, jadi mending bikin sendiri aja yuuuk. Maklum laaah saya kan termasuk emak-emak ngirit hahaha.

Bikinnya gampang kok, saya biasanya memakai fillet ikan dori. Kalau gak ada bisa juga pakai fillet tenggiri, gabus atau yang ada aja. Untuk variasi saya menambahkan sedikit keju parmesan. Masih punya sedikiiiit banget grated parmesan, jadi dimasukin aja. Variasi lain bisa ditambahkan cabe bubuk atau oregano. Bikin yuuuk...in shaa Allah bakal jadi kesukaan anak-anak. Seperti halnya yang saya alami, susaaah banget kalau mau fotoin fish bites ini karena waktu masih di wajan aja, udah ditungguin ama anak-anak saya.






CHEESY FISH BITES

Bahan :
300 gr fillet dori, potong dadu kecil kurang lebih 2 cm
1 jeruk nipis
1 sdm parmesan grated
1,5 sdm maizena
minyak goreng secukupnya

Bumbu Marinasi :
3 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Bumbu Pencelup :
2 butir telur, kocok lepas
Bread crumbs (tepung roti) secukupnya

Cara Membuat :
1. Kucuri potongan ikan dengan air jeruk nipis, diamkan kurang lebih 10 menit kemudian cuci bersih di bawah air mengalir.
2. Lumuri ikan dengan bumbu marinasi, biarkan meresap minimal 1 jam dan simpan di kulkas.
3. Tuang keju parmesan, aduk hingga rata kemudian tuang pula maizena. Aduk rata.
4. Celupkan potongan ikan ke dalam kocokan telur kemudian gulingkan satu persatu ke dalam tepung roti  sambil dibulatkan hingga tertutup rata. Lakukan hingga habis.
5. Agar tepung roti menempel, simpan di kulkas sekitar 30 menit atau bisa juga difreezer sebentar. 
6. Panaskan minyak, deep frying atau goreng dengan minyak yang banyak hingga coklat keemasan. Gunakan api sedang saja ya agar tidak cepat gosong.
7. Sajikan hangat dengan saus atau mayonaise.

Kalau tidak pakai keju juga udah enak lho, guriiih banget. Kalau gak ada keju parmesan, boleh juga pakai keju cheddar yang diparut halus. Mau yang lebih spesial, sisipkan potongan kecil mozarella disaat kita membulatkan adonan. Wuiiih...enaaak deh.

Selamat berkreasi...semoga bermanfaat ya ^^



BITTERBALEN TUNA KEJU (LAGI)



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah

Hobby banget ya si bunda bikin bitterbalen tuna, kayanya baru beberapa bulan yang lalu posting bitterbalen tuna, eeeh sekarang ada postingan yang sama heuheuheu. Memang saya tuh hobby banget dengan bitterbalen karena bikinnya lebih simpel dibandingkan kalau kita membuat kroket. Kalau bikin kroket kan harus ngupas dan ngukus kentang dulu tuh. Tapi kalaupun lagi rajin ya saya belain deh bikin kroket kentang. 

Bitterbalen tuna keju ini mah resepnya sama aja seperti yang pernah saya posting sebelumnya. Kali ini ukurannya bikin yang kecil-kecil lebih mini dari yang sebelumnya karena memang rencana mau ditusukin seperti ini. Jadinya sate bitterbalen tuna keju ya hihihi. Maksa banget deh pokoknya dan jadinya pun banyak hampir 60 pcs deh kayanya. Biasanya sih kalau lagi males saya bikinnya gede-gede, kan biar cepat selesai tuh ngerjainnya.







BITTERBALEN TUNA KEJU

Bahan :
100 gr margarin
1 bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
200 gr tuna (saya pakai tuna kaleng)
150 gr tepung terigu serbaguna
300 ml susu cair
75 gr keju cheddar parut
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1/4 sdt gula pasir
Minyak goreng secukupnya

Bahan Pelapis :
3 butir telur, kocok lepas 
Bread crumbs secukupnya

Cara Membuat :
1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
2. Masukkan suwiran tuna, aduk-aduk  kemudian masukkan tepung terigu. Aduk hingga berbulir-bulir.
3. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk, masukkan keju parut, garam, merica bubuk dan gula pasir. Aduk hingga mengental dan lembut.
4. Masak terus hingga adonan kalis dan test rasa hingga sesuai selera. Matikan api dan biarkan hangat.
5. Bulatkan adonan, gulingkan di bread crumbs, celup ke kocokan telur dan gulingkan lagi di bread crumbs. Lakukan hingga habis.
6. Simpan di kulkas selama kurang lebih 1 jam agar pelapis menempel.
7. Panaskan minyak, goreng hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Dicocol saus sambal favorit atau sambil gigit cabe rawit...enaak lho. Kalau anak-anak paling suka dicocolin saus mayo. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya^^

DORI CRISPY SIRAM CABAI



Bismillahirrohmanirrohim

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum
Shiyamana wa Shiyamikum wa Ahalahullahu 'Alaik
Ja'alanallahu Minal Aidin wal Faidzin

Happy Eid Mubarak 1437 H



Late post banget karena menu ini saya buat waktu Ramadhan kemarin hehehe. Biasanya kalau fillet ikan atau ayam crispy tuh dipadukan dengan saus ya, bisa saus mayo, saus asam manis, saus keju atau berbagai saus lainnya yang enak-enak tuh. Naah kali ini saya coba sesuatu yang berbeda, yaitu fillet dori yang digoreng crispy dipadukan dengan ulegan cabe. Wadooow gimana rasanya bund? Ternyata enaak lho. Jadi unik gitu rasanya. Saya terinspirasi dengan salah satu menu di franchise fried chicken di tempat saya, yaitu fried chicken dijadikan menu penyet. Kayanya enaak gitu waktu liat fotonya hihihi. Karena penasaran, bikin lah saya dengan memakai fillet dori ini.

Kali ini untuk pelapisnya saya memakai tepung bumbu siap pakai. Tepung bumbu apakah itu, bisa dilihat aja di akun IG saya ya karena saya gak posting merknya di blog. Kalau gak mau pakai tepung bumbu siap pakai, bisa bikin pelapis sendiri kok. Biasanya saya juga bikin sendiri memakai tepung terigu, maizena, baking powder dan garam seperti yang pernah saya posting di resep chicken popcorn. Cobain deh bikin yang crispy-crispy gini dipadukan dengan cabai uleg, bisa memakai ayam, ikan, cumi atau bahkan udang.







DORI CRISPY SIRAM CABAI

Bahan :
250 gr fillet dori, potong dadu
1 jeruk nipis, peras airnya
1/2 sdt garam
1 bungkus tepung bumbu siap pakai
Minyak goreng secukupnya

Bahan Pencelup :
3 sdm tepung terigu
1 sdm tepung beras
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
2 siung bawang putih, haluskan
Air dingin secukupnya

Cara Membuat :
1. Campur potongan fillet dori dengan air jeruk nipis dan garam, aduk rata dan diamkan 10 menit.
2. Campur semua bahan kering untuk pencelup dan aduk hingga rata. Tuang air dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kental.
3. Masukkan potongan dori ke bahan pencelup kemudian gulingkan ke tepung bumbu siap pakai hingga semua tertutup tepung. Cubit-cubit sehingga hasilnya bisa kriwil / keriting.
4. Panaskan minyak, goreng dori dengan api sedang hingga coklat keemasan.
5. Angkat dan tiriskan, sajikan hangat dengan siraman cabai.

Nah untuk siraman cabenya juga simpel banget deh. Tinggal uleg kasar aja atau kalau males boleh lah pakai blender hihihi.

Bahan Siraman Cabe :
5 cabe merah / cabe keriting
10 cabe rawit
5 siung bawang putih
2 sdm minyak goreng
1 batang daun bawang iris-iris

Cara Membuat :
1. Uleg kasar cabe merah, cabe rawit dan bawang putih kemudian tumis hingga matang.
2. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang
3. Siramkan di atas dori crispy

Bisa jadi variasi menu di rumah, siapa tau cocok dengan selera keluarga. Cobain yuuuk

Happy cooking...semoga bermanfaat ^^

PECAK GURAME



Bismillahirrohmanirrohim

Pecak adalah salah satu kuliner Indonesia yang cukup terkenal. Ada beberapa versi pecak, yaitu pecak yang berasal dari Jawa Tengah dan pecak Betawi. Pecak lele yang biasanya kita jumpai di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya biasanya berupa lele yang digoreng kering dan disajikan dengan sambal tomat serta lalapan. Selain menggunakan lele, bisa juga menggunakan ikan air tawar lainnya, ayam ataupun bebek. Pecak Betawi tidak menggunakan sambal tomat tetapi ikan disiram dengan kuah kental yang sarat bumbu nan sedap. 

Kuah pecak  Betawi ada yang menggunakan kacang ada pula yang tidak memakai kacang. Kali ini saya membuat yang memakai kacang, next time In shaa Allah saya bikin juga yang tanpa kacang. Rasanya memang berbeda, tapi bagi saya mah sama enaknya hihihi. Resep pecak ini saya adaptasi dari teh Endang Just Try & Taste, nuhuun ya teh. 




PECAK GURAME

Bahan :
2 ekor ikan gurame ukuran sedang (kurleb 600 gr)
1/2 sdt ketumbar,
2 siung bawang putih
1 sdm garam
1 sdm air asam jawa

100 ml santan kental
3 helai daun salam
2 gelas air
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 cabe merah
7 cabe rawit
1 ruas kunyit
1 ruas kencur
1 ruas lengkuas
1 batang serai, ambil bagian putihnya
1 sdt ketumbar, sangrai
1/2 sdt merica bubuk
3 sdm kacang tanah, goreng dan haluskan
3 butir kemiri sangrai
1/2 sdt terasi

Pelengkap :
air jeruk nipis
bawang goreng

Cara Membuat :
1. Haluskan  ketumbar, bawang putih dan garam. campurkan dengan air asam jawa kemudian lumuri ke gurame yang sudah dicuci bersih dan dikerat-kerat. Diamkan selama kurleb 20 menit.
2. Panaskan minyak, goreng gurame hingga kering. Angkat dan tiriskan.
3. Panasan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan daun salam, air, garam dan gula pasir. Masak hingga mendidih.
4. Tambahkan santan kental dan teruskan memasak hingga kuah mengental atau menyusut. Test rasa hingga sesuai selera ya.
5. Masukkan gurame goreng, siram-siram ikan dengan kuah agar bumbu meresap. Matikan api.
6. Letakkan gurame di piring saji, siram dengan kuahnya, beri air jeruk nipis dan taburi dengan bawang goreng.




Alhamdulillah....dinikmati dengan nasi hangat, enaaaak. Kucuran air jeruk nipisnya bikin tambah kaya rasa lho, seger gitu deh. Recomended untuk dicobain. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat yaa

PEDA PEDAS MASAK SANTAN



Bismillahirrohmanirrohim

Halooo...udah ada ide menu untuk besok? Saya belum punya, masih belum kepikiran juga sih hehehe. Ini menu keluarga saya beberapa hari yang lalu. Siapa tau ada yang tertarik untuk mencoba. Ceritanya saya masih punya stok ikan peda asap oleh-oleh dari kerabat di Jawa Tengah dan akhirnya saya masak santan. Peda ini biasanya dimasak mangut. Mirip-mirip sih dengan peda santan yang saya buat ini, bedanya kalau mangut biasanya bumbunya diiris-iris aja, sedangkan peda santan ini bumbunya diuleg kasar. Yang khas adalah aroma kencurnya yang bikin sedap, jadi kalau bisa jangan di skip penggunaan kencur. Biasanya saya juga menambahkan daun kemangi. Duuuh...beneran deh enak.

Selain menggunakan ikan peda, bisa juga menggunakan lele. Nah kalau lele pedas masak santan itu kesukaan si adek. Saya juga heran kok dia bisa hobby banget makan lele yang dimasak santan pedas gini. Makanya saya kalau masak gak pernah heboh pedasnya karena anak-anak juga ikutan makan. Seperti halnya peda santan ini, cabe rawitnya gak saya uleg, cukup dimasukkan utuh aja. Rasa pedasnya pun samar-samar aja, kalau mau heboh yang silahkan gigit cabe rawitnya hihihi. Untuk yang hoby makan pedas, peda santan ini mantap sekali kalau cabe rawit sekalian diuleg. Bikin boros nasi deeh.




PEDA PEDAS MASAK SANTAN

Bahan :
500 gr ikan peda asap, potong-potong
2 helai daun salam
2 ruas lengkuas, memarkan
2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
600 ml santan
15 cabe rawit
1 genggam daun kemangi
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Uleg Kasar :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
7 cabe merah
5 daun jeruk, buang tulang daunnya
3 cm kencur

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu uleg hingga harum, masukkan daun salam dan lengkuas. Aduk hingga rata.
2. Tuang santan, bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.
3. Masukkan ikan peda, masak hingga mendidih dan bumbu meresap. Test rasa dan koreksi hingga sesuai selera.
4. Masukkan cabe rawit dan daun kemangi, masak sambil diaduk perlahan sebentar saja.
5. Matikan api dan siap disajikan. 

Bikinnya gampang kaan dan rasanya juga enaak. Menurut keluarga saya lho yaa hihihi. Oh yaa...saya suka kuahnya sedikit aja, atau kalau orang Jawa bilang kuahnya "nyemek-nyemek". Monggo kalau suka yang kuahnya banyak, sesuaikan aja dengan selera keluarga ya. Cobain yuk ^^

Happy cooking...semoga bermanfaat ya.

GURAME GORENG + SAMBAL TERASI....SIMPEL DAN ENAAK !!



Bismilllahirrohmanirrohim

Postingan gak penting banget, tapi gak apa-apa yaaa. Sebagai orang yang males ribet di dapur, mengolah menu-menu simpel tapi tetap enak it's a must. Itu sih saya banget deh ya. Pengen sih sebenarnya bisa sering bebikinan menu-menu yang enak dan gak cuma itu-itu aja, tapi saya sadar waktu saya di dapur terbatas sekali. Jadi sementara ini yang penting saya tetap bisa menyempatkan diri untuk memasak, itu udah bersyukur banget deh walaupun dengan menu-menu sederhana yang simpel.

Suami saya adalah penggemar ikan no 1. Kegemarannya ini ternyata menurun ke kakak Naira. Tidak heran kalau saya sering membuat olahan ikan. Mulai dari ikan bakar, ikan goreng, gulai ikan sampai ikan kuah asam, semua suka. Naaah...ikan goreng tentunya sering saya buat donk, karena ya itu tadi simpel banget. Cukup menyajikannya dengan sambel terasi atau sayur asam, waah...bisa lahap deh maemnya. Kalau goreng ikan, pasti udah pada bisa donk ya hihihi. Tapi gak apa deh ya, saya tuliskan disini lagi. Mumpung lagi keisengan fotoin gurame goreng >.<




GURAME GORENG

Bahan :
1 ekor ikan gurame ukuran sedang
1 sdt air jeruk nipis
1 sdm garam halus
1/2 sdt ketumbar
2 siung bawang putih
1 ruas kunyit
1 sdm air asam jawa
minyak goreng secukupnya

Pelengkap :
Lalapan
Sambal Terasi

Cara Membuat :
1. Cuci bersih ikan gurame, kerat-kerat kemudian kucuri dengan air jeruk nipis. Biarkan 10 menit kemudian cuci bersih kembali.
2. Haluskan bawang putih, ketumbar, garam dan kunyit, tambahkan air asam jawa kemudian oleskan ke seluruh permukaan ikan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga bumbu meresap.
3. Panaskan minyak yang cukup banyak, masukkan ikan dan goreng hingga salah 1 sisi matang dan kecoklatan baru kemudian dibalik. Goreng hingga kedua sisinya matang dan kecoklatan.
4. Angkat dan tiriskan.

Untuk sambalnya selain memakai sambal terasi, enak juga pakai sambal kecap atau bahkan sambal kacang. Kali ini saya bikin sambal terasi aja.


SAMBAL TERASI

Bahan :
7 cabe merah / cabe keriting
5 cabe rawit
3 siung bawang putih
2 butir bawang merah
1 buah tomat ukuran sedang
1 sdt terasi bakar
1 sdt gula merah
1/2 sdt garam
1 sdt wijen yang disangrai hingga berubah warna
minyak secukupnya

Cara Membuat :
1. Goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih. Angkat dan tiriskan.
2. Haluskan semua bahan kemudian tuang sedikit minyak. Aduk rata
---> bila suka bisa diberi perasan air jeruk limau





Bagi saya, menu sederhana ini bisa jadi salah satu menu boros nasi lho hahaha. Setelah menikmati ikan goreng, lalapan plus sambal, tinggal gadoin sayur asem. Ya Allah...nikmat banget. Alhamdulillah

Happy Cooking ^^

TONGKOL ASAP MASAK SANTAN



Bismillahirrohmanirrohim

Kemarin waktu belanja di tukang sayur, ada ikan tongkol asap dan yang pertama kepikiran adalah dimasak santan ala-ala mangut asap gitu deh. Kalau hidangan mangut ala Jawa Tengah ada beberapa variasi, ada yang memakai kunyit sehingga kuahnya kuning, ada yang halusnya dibakar dulu dan ada juga yang cuma ditumis biasa. Kalau ini aku gak bilang mangut sih, tapi dimasak santan aja ya, walaupun sebenarnya mirip juga dengan mangut asap. Sebenarnya lagi pengen ikan peda, tapi gak apa deh kalau diganti tongkol asap ini. Paling enak kalau pakai belimbing wuluh, tapi ternyata gak ada juga, katanya sih belum musim jadi kali ini saya pakai tomat hijau saja.

Ikan asap masak santan gini sebenarnya paling enak dimasak super pedas, tapi saya masak gak terlalu heboh pedasnya karena kakak Naira juga ikut makan. Ikan asap yang dipakai selain tongkol, biasanya adalah lele asap atau patin asap. Kalau gak ada ikan asap bisa juga sih pakai ikan segar, misalnya lele. Tapi memang yang bikin khas dan sedap adalah aroma ikan asapnya. Sebagai pelengkap, saya tambahkan juga tempe dan tahu, kalau kurang suka bisa diskip aja ya. Bikinnya tentu saja mudah, karena kalau susah saya juga malees masaknya hihihi.






TONGKOL ASAP MASAK PEDAS

Bahan :
2 ekor tongkol asap
1 ruas lengkuas, memarkan
2 helai daun salam
3 helai daun jeruk
3 cabe merah, iris serong
3 cabe hijau, iris serong
10 cabe rawit
1 blok tahu, potong dadu besar dan goreng sebentar
1/2 blok tempe, potong dadu besar
1 liter santan
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
3 tomat hijau, belah 4
daun kemangi secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
3 siung bawang putih
7 butir bawang merah
5 cm kencur
2 cabe merah

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tumis hingga matang dan harum kemudian masukkan cabe merah dan cabe hijau. Aduk hingga rata.
2. Masukkan tongkol asap, tahu dan tempe, aduk hingga rata kemudian tuang santan sedikit demi sedikit.
3. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk, kemudian masak dengan api kecil hingga mendidih.
4. Masukkan tomat dan cabe rawit. Test rasa hingga sesuai selera.
5. Menjelang diangkat, masukkan daun kemangi. Masak sebentar dan matikan api.
6. Siap disajikan

Alhamdulillah...nikmat ^^
Happy Cooking...selamat mencoba yaa.



PESMOL GURAME



Bismillahirrohmanirrohim

Salah satu menu makan siang keluarga saya tadi adalah pesmol gurame. Sebenarnya lagi pengen banget bikin mangut ikan peda, tapi hunting ikan peda di pasar gak ketemu hihihi. Ya udah laah...kita ganti aja dengan pesmol gurame ya. Kebetulan udah lama juga gak masak ikan seperti ini karena seringnya ya digoreng atau dibakar aja. Alhamdulillah...itu bikin terasa lebih nikmat lho.

Selain menggunakan ikan gurame, pesmol bisa juga dibuat memakai ikan mas, mujaer atau nila. Pokoknya ikan yang dagingnya lumayan tebal ya, jadi tambah asyik makannya. Kalau saya memang lebih suka memakai ikan gurame seperti ini. Keluarga saya menyukai pesmol ataupun juga ikan acar kuning yang mempunyai kuah banyak dan tidak terlalu kental. Kalau lebih suka yang versi kental, bisa ditambahkan larutan terigu atau larutan maizena di kuahnya ya. Atau bisa juga dibuat versi "nyemek" yang kuahnya sedikit. Monggo disesuaikan aja dengan selera keluarga ya.






PESMOL GURAME

Bahan :
2 ekor ikan gurame (berat kurang lebih 600 gr)
1 jeruk nipis, ambi airnya
1 sdt garam
1 ruas lengkuas, memarkan
2 helai daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
2 sdt garam
2 sdt gula pasir
2 wortel, potong korek api
1 buah timun, buang isinya dan potong korek api
15 cabe rawit
2-3 sdt air jeruk nipis
700 ml air
4 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm kunyit, bakar
3 cm jahe
5 butir kemiri, sangarai

Cara Membuat :
1. Lumuri gurame dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudian goreng hingga matang dan kering. Sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Tambahkan lengkuas, daun salam dan serai. Aduk rata.
3. Masukkan air sedikit demi sedikit, kemudian masukkan timun, cabe rawit dan wortel. Bumbui dengan garam dan gula pasir. Masak hingga timun dan wortel setengah layu atau mendidih. Test rasa hingga sesuai selera.
4. Menjelang diangkat, masukkan ikan dan air jeruk nipis. Masak sebentar saja.
5. Matikan api dan siap disajikan.

Gampang kan bikinnya dan rasanya juga sedaap lho. 
Selamat mencob...semoga bermanfaat ya. Happy cooking ^^


IKAN KEMBUNG BAKAR SAMBAL KACANG



Bismillahirrohmanirrohim

Halo...kali ini saya posting salah satu menu makan favorit keluarga saya, yaitu ikan kembung bakar. Pak suami adalah penggemar olahan ikan dan ikan kembung ini termasuk yang sering saya olah karena memang kesukaan beliau. Paling sering memang bikin kembung bakar, mulai dari yang cuma digaremin aja kemudian dibakar, bumbu kecap bahkan bumbu pedas. Kali ini ikan kembungnya dibakar bumbu kecap dan ada sedikit rasa pedas. Kalau suka dengan rasa pedas yang heboh bisa ditambahkan lagi cabainya ya. Kebetulan kakak Naira juga suka sekali dengan ikan kembung bakar, jadi saya bikin dengan rasa pedas yang masih bisa ditolerir oleh kakak.

Untuk kembung bakar biasanya saya membuat sambal ala ibu mertua yang top enaknya. Saya gak ngerti nama sambalnya apa, jadi saya sebut aja sambal kacang karena memang memakai kacang. Jangan dibayangkan kalau sambalnya akan seperti bumbu pecel yang memakai kacang juga ya hihihi. Sambalnya berupa sambal iris yang terdiri dari bawang, cabai, tomat, kacang, kecap dan irisan daun jeruk. Rasanya unik dan yang pasti enaak.





Nah...ini dia sambal kacang-nya. Bikinnya gampang banget, cocok untuk disajikan dengan menu-menu olahan ikan bakar.




IKAN KEMBUNG BAKAR SAMBAL KACANG

Bahan :
3 ekor kembung ukuran sedang 
1 sdt garam
1 jeruk nipis, ambil airnya

Bumbu Bakar :
3 cabai merah
3 cabai rawit
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 sdt ketumbar
1 ruas jahe
1 sdt garam
1 sdt air asam jawa
5 sdm kecap manis
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Bersihkan ikan dan kerat-kerat badannya kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Biarkan selama 30 menit.
2. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe dan garam.
3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan air asam jawa, aduk hingga rata kemudian matikan api.
4. Tambahkan kecap manis, aduk rata.
5. Olesi seluruh permukaan ikan kembung dengan bumbu bakar dan biarkan 10 menit agar meresap.
6. Bakar ikan kembung di atas bara api atau multi pan dengan api kecil sambil dioles-oles dengan bumbu. Bakar hingga kedua sisinya matang, sambil terus dioles bumbu.
7. Angkat dan siap disajikan dengan sambal

SAMBAL KACANG

Bahan :
3 sdm kacang tanah goreng yang, uleg kasar
3 butir bawang merah, iris halus
1 buah tomat, potong dadu
5 cabai rawit, iris halus
3 helai daun jeruk, buang tulang daunnya dan iris halus
2 limau, peras airnya (lagi gak ada saya pakai jeruk nipis)
kecap manis secukupnya

Cara Membuat :
Aduk rata semua bahan, tambahkan kecap hingga kekentalan yang diinginkan.

Penyajian :
Tata ikan kembung di atas piring saji, siram dengan sambal kacang dan taburi dengan irisan daun jeruk
Siap disajikan dengan nasi hangat

Notes :
saya membakar ikan di atas grill atau memakai multi pan dengan menggunakan api kecil sehingga waktu pemanggangan lebih lama tetapi ikan dapat matang sempurna dan bumbu lebih meresap.






Alhamdulillah...bagi saya ini nikmat sekali. Termasuk golongan menu boros nasi deh hihihi. Selamat mencoba ya, semoga sesuai dengan selera keluarga. Seperti biasa, foto menjelang waktu makan siang tiba....gak kreatif banget hihihi. Harap maklum yaa

Happy Cooking