SAMBAL TERI KACANG PANJANG



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah kemarin dapat kiriman teri dari Medan. Masya Allah Jazakillahu khairan katsir ya bu Fithri kirimannya. Teri dan jambal memang kesukaan banget dan memang Medan juga terkenal dengan produk ikan asinnya ya. Saya bilangnya kalau teri yang kecil-kecil gini namanya teri nasi atau ada juga yang bilang teri medan. Mungkin kalau di tempat teman-teman, lain lagi namanya ya. Seperti biasa kalau dapat kiriman teri gini, salah 1 menu yang wajib saya buat adalah sambal teri. Menu ini favorit banget dan asli bisa bikin mejikom suka bocor hihihi. Ada yang mengalami juga gak kaya saya >_<

Kalau mbikin sambal teri kaya gini, memang suka kalap makannya. Dijodohin sama nasi anget udah enak banget. Tinggal nambah lauk tahu tempe atau oseng sayur apa aja udah enak bangeet. Masya Allah. Paling enak memang dibuat yang super pedes, tapi saya seperti biasa bikin yang gak terlalu heboh pedesnya, asal udah kerasa pedes udah nikmat. Selain kacang panjang, bisa juga ditambahkan kacang atau pete ya. Wuiiih tambah nikmat.

Seperti biasa, resepnya mah gampang dan simpel aja ya. Siapapun pasti bisa bikinnya. Eh ya untuk takaran garam disesuaikan dengan tingkat keasinan teri-nya ya. Punya saya ini gak begitu asin, jadi bisa ditambahkan garam dikiiit aja. Kalau memang teri-nya udah asin, gak usah pakai garam lagi. 




SAMBAL TERI KACANG PANJANG

Bahan :
250 gr teri, goreng hingga kering (saya pakai teri nasi)
5 kacang panjang, potong-potong
Minyak untuk menumis

Bumbu Uleg Kasar :
150 cabai merah yang dicampur cabai rawit
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt gula pasir

Cara Membuat :
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu uleg hingga harum dan matang.
  2. Masukkan kacang panjang, aduk hingga rata.
  3. Masukkan teri, aduk rata dan koreksi rasa hingga sesuai selera.
  4. Angkat, hidangkan dengan nasi hangat ngebul. Nikmaaat masya Allah



Naaah kalau yang ini, cukup dijodohkan dengan oseng pepaya dan lalapan seadanya aja. Timun dan kemangi hihihi. Tetap nikmat lah...Alhamdulillah.



Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==