PUDING KELAPA MUDA JERUK NIPIS



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Puding kelapa muda jeruk nipis ini udah lama bikinnya, waktu Ramadhan kemarin. Ini enak banget lho, recomended banget untuk dicobain. Bayangin deh, segernya air kelapa muda dipadukan dengan asamnya jeruk nipis. Match bangeeet. Disajikan dingin...masyaa Allah nikmatnya. Bikinnya juga mudah kok, mau dicetak besar gini atau dicetak di cup kecil-kecil juga cakep.

Pertama kali tau puding ini dari IG ce Juwita. Beliau ini memang terkenal dengan kreasinya yang kreatif dan cantik-cantik. Segala macam kue dan puding kalau yang bikin ce Juwita pasti cakep hasilnya. Nah pertama tau puding ini saya langsung tertarik, banyangin aja kalau dijadikan takjil saat buka puasa pasti seger banget. Akhirnya nguprek lah di dapur dengan takaran yang disesuaikan lagi dengan bahan yang saya punya. Daaan....gini deh hasilnya..




PUDING KELAPA MUDA JERUK NIPIS

Bahan Puding Kelapa :
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk plain
1 sdt jelly bubuk plain
100 gr gula pasir
800 ml air kelapa
2 buah kelapa muda, keruk memanjang
Selasih secukupnya, rendam di air
1 sdt air jeruk nipis

Cara Membuat :

  1. Campurkan agar-agar bubuk, jelly bubuk dan gula pasir. Aduk rata kemudian tuang air kelapa.
  2. Masak dengan api sedang sambil diaduk. Biarkan mendidih dan matikan api.
  3. Biarkan uap panasnya hilang dan puding agak mengental kemudian masukkan kelapa muda dan selasih. Aduk rata.
  4. Masukkan air jeruk nipis, aduk rata.
  5. Tuang ke cetakan yang sudah dibasahi air matang dan biarkan hingga berkulit.
Bahan Puding Jeruk Nipis :
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk plain
4 sachet Nutrisari jeruk nipis
800 ml air
1 tetes pewarna hijau muda (optional)

Cara Membuat :
  1. Campurkan semua bahan dan masak hingga mendidih. Matikan api dan biarkan uap panasnya hilang.
  2. Tuang perlahan memakai sendok di atas puding kelapa muda yang sudah berkulit.
  3. Biarkan set dan simpan di kulkas
  4. Sajikan dingin.
Note :
  1. Agar selasih dan kelapa muda menyebar, masukkan ke adonan puding saat uap panasnya hilang dan puding mulai mengental ya.
  2. Air jeruk nipis yang dimasukkan ke puding kelapa muda, jangan terlalu banyak ya. Kalau kebanyakan nanti puding tidak bisa set.
  3. Puding jeruk nipis tidak saya kasih gula lagi, enak deh asam seger. Kalau suka manis, boleh ditambahkan gula.
  4. Saya pakai agar-agar merk Swallow dan jelly bubuk merk Nutrijell




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==