KUE KACANG SKIPPY



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Siapa penggemar kue kacang? yeaaay saya termasuk yang hobby sama kue kacang sejak kecil. Dulu waktu kecil, saat menjelang Lebaran mama biasa pesan kue kacang di salah 1 pegawai dan kue itu nantinya akan dibagikan ke pegawai-pegawai lainnya. Dan saya donk termasuk yang suka nyemilinnya hihihi. Inget banget waktu itu kue kacangnya berbentuk hati dan memang enak banget.

Kue kacang memang relatif mudah dibuat dan bahannya terjangkau, karena tidak menggunakan butter tetapi minyak. Naah kali ini saya bikin kue kacang versi lain, dimodel ala-ala thumbprint juga kan nih bentuknya. Trus kue kacangnya gak pakai kacang hihihihi. Apalah bunda ini, katanya bikin kue kacang eh tapi gak pakai kacang >_< . Iyaaa kali ini bikinnya pakai selai kacang creamy. Saya tau resep ini sejak tahun lalu, diposting oleh Ibu Fatmah Bahalwan di IG-nya. Pingin langsung buat sih, karena kata Ibu Fatmah kue ini enak banget dan "kunci" enaknya memang pakai Skippy. Udah pada tau donk Skippy, salah 1 merk selai kacang creamy yang memang terkenal enaknya, yaa temennya Nutella kalau saya bilang hihihi. Kalau versi Ibu Fatmah, kue-nya dibuletin aja seperti nastar dan atasnya dioles kuning telur serta ditaburi kacang cincang. Kalau versi saya dibuat ala thumbprint gini, pakai isian Skippy juga dan dikasih sedikit granola. Asli bentuknya gak cantik ya punya saya ini huhuhuhu, tapi asli deh rasanya enak banget.  Harusnya kalau mau jadi thumbprint yang cantik, dilumuri kacang cincang, tapi saya gak punya dan udah males buat belinya ^^. Jadinya ya wis lah gini aja. 






KUE KACANG SKIPPY

Bahan :
250 gr tepung terigu protein sedang (saya pakai 270 gr)
1 sdm susu bubuk
90 gr gula pasir halus
125 gr selai kacang Skippy (dan secukupnya untuk isian ya)
110 ml minyak (saya pakai olive oil)
1/4 sdt garam halus
1 sdm margarin (saya pakai butter)

Cara Membuat :
  1. Dalam wadah, masukkan gula, selai kacang, minyak, garam dan butter. Aduk rata atau kocok asal rata, sebentar saja
  2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk hingga tercampur rata.
  3. Bulatkan adonan, tata di loyang lalu tekan dengan ujung jari. Lakukan hingga habis kemudian oles dengan kuning telur
  4. Masukkan selai kacang ke plastik segitiga kemudian isikan ke kue, taburi dengan sedikit granola.
  5. Panggang dengan suhu 150'C (oven saya 140'C) hingga matang.
  6. Angkat, dinginkan di rak kawat baru disimpan di toples.



Monggo dicobain, bisa 1 varian baru untuk kue Lebaran ya. Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==