DONAT MIE KEKINIAN


Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang lagi viral dan kekinian di berbagai sosmed. Yeesss...donat mie!! Sudah populer sejak beberapa waktu yang lalu sih dan saya baru mencobanya minggu lalu. Akhirnya tak kuasa melawan godaan untuk bikin donat kekinian hihihi. Awalnya memang adek yang minta buatin, saya mikir ya gak apa-apalah ya sesekali, kan ya gak sering makan mie instan. Dan jadilah bikin donat mie juga si bunda.

Rasanya gimana? Rasanya ya kaya mie goreng kan ya memang pakai bumbu dari mie gorengnya. Yang bisa bikin lebih spesial tentu saja pelengkap yang kita tambahkan. Bisa pakai sosis, daging, jamur, smoked beef, pepperoni, keju atau yang paling asyik kalau punya mozarella. Duuh...kebayang kan ada lelehannya ituh hihihi. Sayangnya saya cuma punya ayam suwir aja heuheuhueh, bahkan sosis sebiji-pun juga lagi gak ada. Jadi ya pakai yang ada aja yaa, yang penting bentuknya donat mie kan. Bikinnya juga cukup mudah kok. Saya memakai loyang pie ukuran 9 cm dan untuk membuat lubangnya pakai tutup tumbler hehehe. Bisa juga pakai loyang tulban mini atau bahkan pakai loyang bulat kecil ya, ntar tinggal bikin lubangnya aja. Pokoknya pakai yang ada aja di rumah.






Nah semoga dengan foto di atas bisa lebih jelas yaaa. Saya gak usah cantumkan resep ya, karena memang gak ada resepnya hihihi. Saya tuliskan aja step pembuatannya. Fotonya dari kiri ke kanan, turun dan geser ke kiri lagi ya. Smoga bisa dimengerti.

1. Siapkan bahannya, saya pakai 2 bungkus mie instan, 2 telur, ayam suwir, tepung terigu (gak ada di foto) dan tepung panir. Seharusnya pakai tepung bumbu tapi karena gak punya saya pakai tepung terigu biasa aja.

2. Rebus mie seperti biasa, angkat dan tiriskan kemudian campur dengan bumbunya. Aduk hingga rata.

3. Tambahkan pelengkap (saya ya pakai ayam suwir hehehe) dan kocokan telur. Aduk hingga rata.

4. Tuang ke dalam cetakan yang sudah dioles tipis margarin atau minyak, sambil dipadatkan kemudian kukus sekitar 10 menit.

5. Keluarkan dari cetakan, buat lubang dan gulingkan di tepung terigu hingga tertutup rata.

6. Masukkan ke kocokan telur

7. Gulingkan ke tepung panir hingga tertutup rata kemudian simpan di kulkas sebentar saja sekitar 30 menit agar panir menempel.

8. Panaskan minyak, goreng hingga matang dan kecoklatan. Usahakan sekali balik aja ya biar gak banyak minyaknya. Angkat dan tiriskan.

9. Sajikan dengan saus atau mayonaise.

Selesai deh ^^ Jujur saya lebih milih bikin pancake mie aja deh, jadi gak kebanyakan cucian hahahah. Biasalah ya emak-emak pemalas saya ini mah. Eittss tapi yang penting udah ikut kekinian nih ya, anak-anak pun juga senang. Alhamdulillah.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^




close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==