BANANA SPONGECAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Udah pada selesai donk dengan urusan kue kering buat Lebaran? Smoga udah selesai semua ya, kan udah 27 Ramadhan nih. Masya Allah cepat sekali berlalu ya Ramadhan ini.

Kalau urusan kue kering udah selesai, tinggal prepare urusan rumah ya hihihi, mulai dari urusan beberes rumah atau bahkan ada yang ganti properti baru. Abis itu tinggal mikir menu Lebaran. Kalau di rumah Mama, menunya biasanya opor, sambel goreng kentang, sambel goreng printil daging, rendang atau lapis daging serta sayur labu. Biasanya kalau udah sore gitu saya juga bikin bakso hihihi. Seru kan ya ngebakso bareng keluarga rame-rame. Naaah postingan kali ini tentang banana spongecake aja ya, siapa tau ada yang pingin buat cake juga untuk Lebaran nanti. Yang namanya cake pisang saya yakin banyak penggemarnya. Cake sederhana tapi masya Allah nikmatnya. Banyak juga yang punya kenangan masa kecil dengan cake pisang ini atau kita dulu menyebutnya dengan bolu pisang ya. Termasuk saya yang memang sejak kecil suka banget dengan bolu pisang buatan mama.

Resep banana spongecake ini dulu sudah pernah saya posting ya. Saya tuliskan lagi deh ya. Alhamdulillah semua suka dengan cake ini. Banana cake yang dibuat dengan metode aduk-aduk ala muffin aja udah enak kan ya, terasa moist. Nah kalau yang ini sesuai dengan namanya dibuat dengan metode spongecake, yaitu telur dan gula dikocok dulu hingga kental baru masuk bahan lainnya. Enak dan lembut. Bikinnya juga gak susah kok, kuncinya adalah kocokan telur harus benar-benar KENTAL ya. Jadi saat dimasukkan pisang dan bahan lain, adonannya tidak ambles. 

Nah terus banyak juga yang nanya kocokan yang kental itu seperti apa dan waktunya berapa lama. Sayangnya saya gak sempat motretnya nih hiiiks. Tapi yang jelas kocokan yang kental itu adalah saat gagang mixer diangkat, adonan akan turun dengan perlahan dan jatuhnya seperti susu kental manis. Saat mixer dinyalakan, akan ada jejak-jejaknya. Itulah mengapa disebuat adonan yang kental berjejak. Truuus berapa lama kita nge-mixer untuk mendapatkan adonan tersebut? Seperti halnya oven, kalau kita menggunakan mixer jangan berpatokan dengan waktu ya. Mixer kan banyak macamnya ya, mulai dari hand mixer sampai mixer heavy duty, nah tentunya waktu pengocokan tidak akan sama. Misalnya nih, hand mixer butuh waktu 20 menit untuk mengocok 6 telur hingga kental, naah mixer heavy duty bisa jadi cuma butuh 10 menit. Jadi memang kembali kita harus liat kondisi adonannya ya, jangan berpatokan dengan waktu.




BANANA SPONGECAKE

Bahan :
5 kuning telur
3 putih telur
100 gr gula palem (bisa dimix gula pasir ya)
1/2 sdt emulsifier
1 sdt vanilla
125 gr tepung terigu
10 gr maizena
15 gr susu bubuk
3 pisang yang sudah matang , haluskan (lupa nimbangnya, saya pakai pisang cavendish, bisa juga pakai ambon)
100 gr butter lelehkan

Cara Membuat :

  1. Panaskan oven 170'C, siapkan loyang alasi dengan kertas roti atau kalau pakai loyang seperti saya bisa dioles margarin dan taburi sedikit terigu. Sisihkan.
  2. Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan.
  3. Kocok telur, gula palem dan emulsifier hingga mengembang dan benar-benar KENTAL. Masukkan vanila, kocok hingga rata.
  4. Masukkan campuran terigu sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah kemudian masukkan pisang yang sudah dihaluskan. Aduk hingga rata.
  5. Masukkan butter yang sudah dilelehkan, aduk balik memakai spatula hingga tercampur rata.
  6. Tuang ke loyang dan panggang hingga matang. Oven saya sekitar 50 menit, lakukan test tusuk dan test sentuh ya.
  7. Angkat, dinginkan di atas rak kawat baru dipotong.
Kalau suka bisa ditambah juga dengan kayu manis bubuk ya. Masya Allah paduan kayu manis, gula palem dan pisang itu bikin tambah juara deh rasa dan aromanya.




Selamat mencoba yaa...semoga bermanfaat ^^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==