AYAM BETUTU ALA XANDERS KITCHEN


Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Halooo bu Ibu...sering gak sih ngerasa bingung mau masak apa untuk menu sehari-hari untuk keluarga? Saya banget lah kalau itu. Tapi sekarang kayanya udah gak usah kebanyakan bingung mikir menu karena saya punya primbon buku masak sehari-hari, yaitu buku mega best seller Home Cooking ala Xanders Kitchen yang ditulis oleh ci Junita. Semua resep yang ada di buku ini mudah diikuti dengan berbagai tips yang pasti berguna. Terdiri lebih dari 100 resep, bisa dipasikan gak akan mati gaya lagi saat masak hihihi.

Salah 1 menu yang paling saya suka adalah ayam betutu. Sudah beberapa kali saya bikin ayam betutu menggunakan resep ini dan selalu puas dengan hasilnya. Rasanya ulalalaaaa sungguh sedap dan udah kaya di resto-resto itu. Kuncinya memang jangan pelit bumbu ya. Memang di resep dituliskan begitu banyak rempah dan bumbu yang dipakai. Yeeesss itu yang bikin sedap.

Ayam betutu ini adalah ayam betutu versi dimasak tanpa dipanggang ya. Selama ini memang ada juga ayam betutu yang dioven. Biasanya di dalam ayam akan dimasukkan daun singkong. Percayalah sama enaknya kok. Tapi memang demi kepraktisan saya lebih sering bikin yang versi tanpa dioven hihihi. Biasalah yaaa...pinginnya masak cepet tapi enak. In shaa Allah lain kali saya posting juga yang versi dioven. Ayam betutu ini sangat cocok untuk menu buka puasa yang istimewa ya, tapi kalau saya dikurangi cabainya jadi gak terlalu heboh hihihi. Untuk hidangan hari raya juga bisa, pasti deh banyak yang suka.

Nah ini dia buku Mega Best Seller "Home Cooking ala Xanders Kitchen". Must have book ya. Alhamdulillah saya dapat kiriman langsung dari penulisnya. Terima kasih ya Ci Junita.




Eh ya dari awal punya buku ini, saya memang udah penasaran banget sama si betutu. Resep pertama yang saya coba adalah Hainan Chicken Rice lengkap dengan ayam rebusnya, udah pernah saya posting di IG ya. Naah trus saya bilang ke ci Junita kalau pingin recook ayam betutu. Apa coba jawaban ci Junita? Dia bilang suka malas laaah masak betutu karena bikin nambah-nambah terus makannya hahahah. Tambah penasaran donk ya dan akhirnya recook lah saya si betutu ini. Daaan...beneran menu boros nasi heuheuehu. Jangan lupa bikin plecing kangkungnya juga yaa biar tambah komplit.

Ci Junita izin tulis resepnya disini ya. Untuk teman-teman yang lain, monggo yang belum punya segera hunting bukunya. Dijamin puas karena ini salah 1 investasi juga lho kalau buat saya. Semua resepnya recomended untuk dicobain.

AYAM BETUTU ALA XANDERS KITCHEN

Bahan :
2 ekor ayam kampung muda, belah tidak terputus
Air secukupnya

Bumbu Halus :
1 sdm ketumbar
4 butir kemiri sangrai
Seruas kunyit
2 ruas kencur
1/2 sdm terasi
10 cabai rawit
2 sdt merica
Garam dan gula pasir secukupnya

Bumbu Iris Kasar :
250 gr bawang merah
9 siung bawang putih
2 ruas lengkuas
3 ruas kencur
seruas kunyit
3 ruas jahe
5 batang serai, memarkan
14 cabai rawit

Cara Membuat :
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan bumbu iris kasar hingga harum dan matang.
  2. Masukkan ayam, aduk hingga tercampur bumbu kemudian masukkan garam dan gula pasir.
  3. Tuang air hingga menutup ayam, ungkep ayam dengan api kecil hingga meresap dan empuk.Test rasa hingga sesuai selera.
  4. Masak hingga kuah menyusut tapi jangan sampai habis ya.

PLECING KANGKUNG

Bahan :
2 ikat kangkung, siangi
Tauge secukupnya
100 gr kacang tanah, goreng
10 cabai rawit merah
1 tomat, potong-potong
1 sdt terasi
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 jeruk limau, ambil airnya (gak punya, saya pakai jeruk nipis hihihi)

Cara Membuat :
  1. Uleg cabai rawit, tomat, terasi, garam dan gula. Beri air jeruk limau, aduk rata.
  2. Rebus kangkung dan tauge sebentar saja hingga layu. Angkat dan tiriskan.
  3. Siapkan piring saji, letakkan kangkung dan tauge, siramkan sambel plecing di atasnya dan beri kacang goreng
  4. Siap disajikan.




Alhamdulillah jadi hidangan spesial untuk keluarga. Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat ^^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==