MIE WORTEL DAN SAWI



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah bisa memaksakan diri untuk duduk manis di depan laptop dan mulai menulis blog lagi. Halooo...apa kabar blog ini, udah banyak rumput dan debu karna kelamaan dicuekin hiiiiksss. Sebenarnya pingin banget bisa produktif lagi nulis blog seperti dulu, tapi jujur sekarang kesulitan untuk membagi waktunya. Kalau nge-blog enakan lewat laptop ya, bisa jelas tapiiii waktu untuk buka laptop-nya itu yang susah nemunya hihihi. Jadi harap maklum kalau selama ini lebih aktif via IG. Bukan hanya karena kekinian, tapi memang saya lebih gampang update kalau via smartphone ya. Tapi in shaa Allah mau diniatin lagi lah untuk mulai nge-blog. Eh yaa...saya juga lagi prepare untuk buku ke-2. Masih lama sih, karena masih baru mulai lagi, semoga Allah berikan kesehatan dan kemudahan dalam penyusunannya yaa.

Naaah...postingan kali ini sebenarnya repost ya karena resepnya sudah pernah saya share duluuu banget. Yuuup homemade noodle memakai wortel dan sawi. Dalam rangka apakah kok bunda nih tumben-tumbennya rajin giling mie sendiri? Kebetulan kakak Naira lagi ada tugas kelompok di sekolahnya membuat olahan sayur. Tinggal menyajikan aja sih, jadi seperti biasa ya mamak-nya yang bikin hihihi. Pertama saya tawarkan, udah bikin sup atau cap cay aja ya yang gampang (emak-emak gak mau repot ini mah). Kata Naira itu udah biasa hahahah. Hadeeeh...yang terlintas pertama ya bikin mie ini, dan langsung setuju lah Naira. Okeee...fix, brarti gilingan mie harus turun dari singgasana-nya hahahah.

Sebenarnya bikin mie sendiri itu gampang sih ya, cuma memang harus ngumpulin semangat dan tenaga. Maklum masih pakai gilingan mie manual kan ya, yang diputer-puter. Nguleni kalau mau praktis ya tinggal dimixer aja. Tapi saya mah males kalau harus ngeluarin mixer gede, jadinya uleni tangan aja, kan cuma dikit ini bikinnya. Naaah....ini dia penampakan mie wortel dan sawi-nya.








Cantik yaaa warnanya, saya suka banget liat warna hijaunya ini. Kalau mie wortel-nya kurang nge-jreng warnanya dibandingkan dulu yang pernah saya buat. Ini saya pakai wortel lokal biasa aja kok, bukan wortel import yang besar-besar itu. Sawi-nya saya juga pakai sawi biasa. Naaah salah satu tips sukses bikin mie adalah, jangan ragu untuk kasih taburan yang banyak waktu giling ya. Kasih taburannya dikit ntar bisa lengket deh mie-nya. Trus waktu merebus jangan lupa kasih minyak biar gak lengket. Biasanya setelah digiling menjadi mie gini, mie saya rebus dan selanjutnya bisa disimpan untuk stok. Brapa lama nyimpannya? Karna ini gak pakai bahan pengawet apapun tentunya gak tahan lama ya. Paling lama saya 5 hari trus udah ludes diolah, jadi sebenarnya saya gak tau pasti maksimal berapa lama hahahah.

MIE WORTEL DAN SAWI

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi (misal merk Cakra)
2 sdm tepung sagu
1 sdm garam halus
3 butir telur
150 ml jus sawi atau wortel yang sudah disaring 
Tepung terigu untuk taburan

Cara Membuat :
1. Campur tepung terigu, tepung sagu dan garam halus. Aduk hingga rata.
2. Masukkan telur, aduk rata kemudian masukkan jus sawi atau wortel sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Jangan langsung dimasukkan semua ya, karna bisa juga kurang dari 150 ml, adonan sudah kalis.
3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian kemudian giling hingga halus (saya biasanya pakai no 2 dulu dilanjutkan no 3). Beri taburan tepung ya agar adonan tidak lengket.
4. Cetak menjadi bentuk mie sambil tetap diberi taburan. Lakukan hingga adonan habis.
5. Mie siap diolah.

Asyiiik banget kan ya kalau bikin mie sendiri. Repot sih iyaaa tapi hasilnya sepadan kok dengan perjuangannya hihihi. Ajak anak-anak untuk bantuin ya, pasti mereka senang deh, walau hasilnya nanti dapur akan lebih berantakan euy, tapi memang seruuuu.



Selamat mencoba yaaa...semoga bermanfaat ^^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==