KRENGSENGAN AYAM



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Postingan kali ini juga masih repost dari resep-resep lama saya. Gak apa-apa ya, karena sampai sekarang memang saya masih sering buka-buka blog saya sendiri untuk cari ide masak hihihi. Memang jauh lebih mudah ya kalau cari inspirasi masakan via IG, tapi dengan buka blog, saya bisa baca-baca lagi, dulu saya nulis apa sih dan gimana review saya dengan resep yang saya tulis hihihi. Biasanya kalau sudah gitu nanti resepnya juga akan saya modif lagi atau disesuaikan pinginnya saya gimana. Semoga demikian juga halnya dengan teman-teman ya, bisa memperoleh banyak ide dengan membuka blog saya....ngarep banget deh. Maklum memang baru seperti ini yang bisa saya bagikan.

Kembali ke postingan kali ini yaitu krengsengan ayam. Saya kurang tau persis juga, menu ini aslinya dari mana. Tapi banyak yang bilang memang ini menu Jawa Timur, apalagi memang memakai petis yaa. Nah di daerah saya sendiri, yang namanya krengsengan beda lagi, terutama krengsengan yang dijual di warung-warung nasi goreng. Krengsengan yang dijual itu lebih mirip dengan ayam masak kecap, tapi dilengkap sayuran yaitu sawi dan kol. Ayam yang dipakai juga selain berbentuk suwiran juga banyak dikasih tulang-tulang ayamnya hihihi. Tentunya tulang-tulang yang masih banyak dagingnya donk ya. Kan biasanya penjual nasi atau mie goreng itu pakai ayam yang bentuknya utuh yaa. Ayamnya akan diiris-iris dagingnya untuk pelengkap nasi goreng dan sisanya ya dibuat krengsengan ini. Dulu saya pernah posting juga kok. In shaa Allah nanti ada juga di dalam buku saya yaa.

Nah kalau yang ini bukan versi krengsengan seperti yang saya ceritakan tadi ya. Biasanya krengsengan yang ini banyak dijumpai di depot-depot. Tau depot gak hayoooo? Depot tuh maksudnya warung makan. Kalau di Jawa Timur, disebut dengan depot hihihi. Selain memakai ayam, bisa juga memakai daging sapi, daging kambing atau bahkan jeroan ati ampela yaa. Sepertinya versi asli sih memakai kambing, tapi sekarang sudah banyak yang menjual versi daging sapi dan ayam. Pingin bikin juga? Yuuuk...gampang kok




KRENGSENGAN AYAM

Bahan :
500 gr ayam, potong-potong (saya biasanya rebus sebentar dengan bawang putih dan garam)
2 ruas lengkuas, memarkan
2 helai daun salam
1 batang serai, memarkan
4 sdm kecap manis
Air secukupnya (saya biasanya pakai air kaldu sisa merebus ayam yang sudah disaring)
Garam dan gula pasir secukupnya
10 cabe rawit utuh
1 tomat, belah
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri sangrai
1 sdm petis
2 cm jahe
5 cabe merah (boleh juga ditambahkan rawit bila suka pedas)

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang kemudian masukkan lengkuas, daun salam dan serai. Aduk hingga rata.
2. Masukkan potongan ayam, aduk hingga berubah warna
3. Masukkan kecap manis, garam, gula pasir kemudian tuang air kaldu
4. Masak hingga bumbu meresap dan air mulai menyusut. Masukkan cabe rawit dan tomat,  test rasa hingga sesuai selera ya.
5. Angkat, taburi bawang goreng dan siap disajikan.




Dinikmati dengan nasi hangat ngebul....masya Allah nikmat bangeeet. Lebih enak kalau dibuat pedes yaaa, tapi sengaja saya pakai rawit utuh aja biar anak-anak bisa ikut makannya. Cobain yuuuk ^^

Semoga bermanfaat yaaa...Happy cooking
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==