EASY PANCAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Halooo...besok libur yaaa, long weekend donk hihihi. Saya gak long weekend sih, Alhamdulillah tetap ngurus kerjaan dan juga gak liburan kemana-mana karna anak-anak hari Sabtu tetap sekolah. Udah ada ide belum untuk sarapan besok? Kalau saya sih gak jauh-jauh dari sego pecel, nasi kuning atau lontong sayur. Selera Indonesia sekali yaaa hahahaha. Nah sesekali saya juga suka bikin pancake atau waffle untuk sarapan karena memang gampang banget bikinnya. 

Resep pancake atau waffle sudah beberapa kali saya posting ya. Sebenarnya saya seringnya bikin asal cemplung aja sih, cari yang cepet hehehe. Kalau resep yang ini saya suka banget karena pancake-nya empuk walau sudah dingin. Untuk toppingnya bisa disesuaikan dengan selera aja ya. Saya suka pakai madu aja dan dipadukan dengan buah segar yang asem. Enak banget deh. Kalau lagi rajin, saya bikin saus coklat atau saus strawberry. Kalau resep-resep yang beredar sering memakai sirup maple untuk toppingnya ya. Saya belum pernah pakai sirup maple dan memang belum pernah ngerasainnya hehehe.

Yuuuk ah cuuuss aja ke resepnya. Siapa tau bisa jadi inspirasi buat sarapan besok. Eh gak cuma buat sarapan aja lho. Pancake enak juga dibuat siang-siang, sajikan dengan es krim favorit dan buat segar. Masya Allah enaaak.

Let me know yaa kalau udah rebake.

EASY PANCAKE

Bahan :
140 gr tepung terigu serbaguna
3 sdm gula pasir (bisa ditambahkan kalau suka manis ya)
1 sdt baking powder
sejumput garam
1 butir telur ukuran besar, kocok lepas
150 ml buttermilk
2 sdm butter / margarin, lelehkan atau bisa juga dimix, 1 sdm butter leleh dan 1 sdm minyak

Topping :
Bebaskan aja yaaa....sesuaikan dengan selera

Cara Membuat :
1. Campur terigu, garam, gula dan baking powder. Aduk rata
2. Masukkan telur, buttermilk dan butter leleh. Aduk rata dan diamkan 10 menit
3. Panaskan pan anti lengket, jangan dioles ya. Tuang adonan biarkan sampai berlubang-lubang kecil dan dasarnya kecoklatan. Balikkan dan masak hingga matang. Lakukan hingga habis
4. Sajikan hangat dengan topping favorit.

Notes :
1. Buttermilk kalau bisa jangan diganti ya, karena ini yang bikin empuuuk. Karna disini susah dapetin buttermilk, jadi harus bikin sendiri ya. Gampang kok 150 ml susu, beri 1 sdm air jeruk nipis / lemon, diamkan 10 menit hingga tampak gumpalan-gumpalan kecil seperti susu basi. Itu berarti buttermilk siap digunakan. 
2. Untuk membuat pancake saya selalu memakai teflon kecil yang ukurannya sama seperti foto pancake ini, jadi ntar bisa seragam yaa pancake-nya. Karena sudah anti lengket, pan jangan dioles apapun sehingga hasilnya muluuuus.




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==