TUNA ASAP KUAH SANTAN



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Masak apa hari ini? Gimana kalau masak ikan aja yuuuk. Sebenarnya saya gak tau juga namanya ini menu apa hihihi, jadi saya sebut aja kuah santan gitu ya. Kebetulan beberapa hari yang lalu dapat kiriman tuna asap yang gede-gede. Masya Allah...Alhamdulillah. Sampai beberapa hari tuna asapnya masih duduk manis di kulkas karena belum punya ide mau dimasak apa. Biasanya sih kalau ikan asap gitu saya suka bikin mangut, tapi kemarin lagi gak pengen bikin mangut hihihi.

Akhirnya hari ini tuna asapnya dikeluarin dari kulkas dan dimasak santan kuah merah gini. Dan...tau gak, hasilnya jadi mirip mangut juga hahaha cuma yang ini warnanya merah  sedangkan mangut yang biasa saya buat warnanya putih kekuningan dengan memakai bumbu iris aja. Jadi yaaa itu deh, aslinya saya gak tau nama yang pas buat menu ini. Kalau gak punya ikan asap gimana? Asyiknya kuah santan ini menurut saya asyik-asyik aja pakai ikan yang lain, bisa pakai lele, gurame, bawal dan aneka ikan yang berdaging tebal lainnya. Kalau gak pakai ikan asap, ikannya digoreng dulu bentar ya biar gak gampang hancur saat dimasak. Eitss...selain pakai ikan, bisa pakai ayam juga, enak lho. Bahkan ini aslinya saya tambahin tahu juga lho hihihi, tuh jadi nambah lagi laukkya kan.

Saran saya, jangan skip daun bawangnya ya, karena ini yang bikin tambah sedap. Tomatnya juga pakai yang banyak ya. Naaah kalau gak suka pete, boleh laah diskip. Saya juga sebenarnya gak ikut makan pete-nya kok hihihi. Cuma kata suami saya, memang beda aromanya kalau kuahnya dicemplungin pete, lebih sedep katanya. Suami pun paling makan pete-nya juga 1-2 aja hahaha. Eh ya kalau masakan dikasih pete gini, difoto juga jadi lebh potojenik lho heuheuheu.

Saya bikin tuna asap kuah santan ini, gak begitu pedas ya, semburat aja pedasnya biar anak-anak bisa ikut makannya. Cabe merahnya saya buang bijinya dan rawitnya juga diutuhin aja. Kalau penggemar pedas, boleh laaah rawitnya ikut dihalusin bersama bumbu lainnya.




TUNA ASAP KUAH SANTAN

Bahan :
2 ekor tuna asap, potong jadi 3 bagian
5 daun jeruk
2 batang serai, memarkan
2 ruas lengkuas, memarkan
10 cabai rawit utuh
1 papan petai
4-5 tomat, belah
2 batang daun bawang, potong panjang
600 ml air
200 ml santan
garam dan gula secukupnya
3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 cabai merah, buang bijinya
1/2 sdt ketumbar
4 kemiri sangrai
2 cm kunyit

Cara Membuat : 
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk, serai dan lengkuas. Aduk hingga rata.
2. Tuang air, masukkan cabai rawit dan tomat, bumbui dengan garam dan gula. Masak hingga mendidih.
4. Tuang santan kemudian masukkan ikan asap, aduk-aduk perlahan ya agar ikan tidak hancur. Kecilkan api, masak hingga kuah menyusut dan meresap. Test rasa hingga sesuai selera ya.
5. Masukkan pete, masak kembali sebentar, matikan api
6. Siap disajikan




Dinikmati dengan nasi hangat, kerupuk dan juga tempe goreng, Masya Allah nikmatnyaaa

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==