HOMEMADE SELAI COKLAT



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Siapa yang penggemar coklat hayooo? Choco lover wajib banget nyobain bikin selai coklat ini. Beneran enak banget, kerasa nyoklat dan manisnya tuh gak lebay hihihi. Masih terasa semburat pahit dari coklatnya. Hmmm...gak kalah lho dari selai coklat yang merk terkenal ituuh. Selai coklat ini enak banget untuk olesan roti tawar atau bahkan isian roti sobek. Bikinnya juga gampang banget tinggal aduk-aduk aja, in shaa Allah anti gagal.

Resep selai coklat ini pertama kali saya tau dari Cookpad-nya Delian. Resepnya dimodif lagi menyesuaikan selera dan juga bahan yang ada di rumah. Alhamdulillah enaaak deh. Tapi saya belum tau ya tahan berapa lama, baru bikin nih hihihi. Biar rasanya enak, tentu saja gunakan bahan-bahan yang berkualitas ya. Nanti ya saya sebutkan merk yang saya pakai.

Kalau bikin selai coklat sendiri, bisa puas colek-colekinnya ya hihihi dan pastinya lebih ngirit donk yaaa. Emak-emak ngiriiit ini mah heuheuheu






HOMEMADE SELAI COKLAT

Bahan :
3 sdm maizena
3 sdm coklat bubuk
2 sdm susu bubuk
7 sdm gula pasir
300 ml susu cair
125 gr dark cooking chocolate (DCC) cincang
1 sdm unsalted butter

Cara Membuat :
1. Dalam sauce pan, campur semua bahan kecuali DCC dan butter. Aduk rata memakai whisk
2. Nyalakan api kecil, aduk terus hingga mengental dan meletup-letup.
3. Masukkan potongan DCC dan butter, aduk cepat hingga leleh. Matikan api
4. Biarkan dingin baru disimpan ke dalam jar.

Notes :
1. Bahan yang saya pakai ; coklat bubuk Tulip, susu bubuk Dancow, DCC Colatta dan unsalted butter Anchor
2. Walau gak pakai bahan yang sama dengan yang saya pakai, tetap bisa jadi kok
3. Kalau tidak punya unsalted butter, boleh pakai salted butter atau bahkan margarin, it's OK




Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==