AYAM BAKAR BUMBU RUJAK



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Halooo...apa kabar? Semoga senantiasa diberikan rahmat hidayah dari Allah SWT ya. Kangen banget lama gak nge-blog, kemana aja buk? Apa kabarnya buk? Alhamdulillah saya dalam keadaan baik dan sehat, Alhamdulillah masih diberikan berbagai kesibukan. Jujur, saya dilanda blogging blue super akut, jadinya ya gitu deh gak posting-posting huhuhu. Padahal ya masih tetep bebikinan dan motret tapi seringnya cuma diposting di IG aja. Banyak DM yang saya terima menanyakan kenapa saya lama gak posting di blog. Masya Allah...terima kasih banyak atas segala perhatiannya ya. Bismillah semoga ke depannya semangat untuk nge-blog muncul lagi.

Postingan kali ini favorit banget, yaitu ayam bakar bumbu rujak. Apa tuh ayam bakar bumbu rujak? Yang jelas bukan ayam panggang yang dimasak memakai bumbu rujak buah atau rujak petis lho ya hihihih. Entahlah kenapa dinamakan ayam bumbu rujak, padahal bumbunya juga beda jauh dengan rujak yang biasa kita makan. Ayam bakar bumbu rujak ini adalah menu yang populer di Jawa, dibuat dengan 2x proses. Ayam bakar bumbu rujak ini lebih enak kalau menggunakan ayam kampung ya tetapi kalau mau memakai ayam negeri ya it's oke aja. Gunakan ayam kampung yang berukuran kecil aja agar lebih cepat empuk, yang saya pakai ini beratnya di bawah 1 kg. Proses pertama dalam pembuatan ayam bakar bumbu rujak adalah ayam dimasak dengan santan dan bumbu lengkap hingga bumbu meresap dan ayam menjadi empuk. Proses selanjutnya, ayam dipanggang sebentar di atas bara api. Biasanya ayam bumbu rujak ini sajikan dengan sisa bumbu santannya yang memang rasanya sudah enak.

Ayam bakar bumbu rujak tidak harus disajikan dengan lalapan seperti yang saya foto ini. Malah menurut saya ayam bakar bumbu rujak ini mudah dicocokkan (tsaaah...dicocokkan >_<) dengan berbagai lauk ataupun sayur. Potongan ayam bakar bumbu rujak bisa jadi menu di nasi campur, bisa juga untuk pelengkap lontong sayur atau bahkan nasi uduk.

Kemarin kebetulan dikasih ayam kampung utuh ukuran kecil, yang kebayang ya langsung ayam bakar bumbu rujak ini. Kalau biasanya saya bikin ayam bacem atau ayam kremes. Pas banget anak-anak terutama si kakak sudah mulai bosen dengan ayam goreng tepung gitu jadinya ya balik lagi ke selera asal ya, lidah Jowo hihihi. Bikinnya mudah kok dan in shaa Alah rasanya enaaak. Dimakan dengan nasi anget ngebul...hmmmm bisa cepet bocor deh magic com-nya hahaha.




AYAM BAKAR BUMBU RUJAK

Bahan :
1 ekor ayam kampung muda (saya pakai berat bersih 600 gr), potong-potong atau cukup dibelah saja
250 ml santan kental
600 ml santan encer
3 helai daun jeruk 
1 ruas lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 sdm minyak

Bumbu Halus :
9 butir bawang merah
7 siung bawang putih
5 cabe merah besar
5 cabe rawit atau sesuai selera
1 sdt ketumbar sangrai
4 kemiri bakar
1 sdm air asam jawa
2 sdm gula merah 
2 sdt garam

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas, serai dan daum jeruk hingga harum dan matang
2. Masukkan ayam, aduk perlahan hingga tertutup bumbu kemudian tuang santan encer. Masak sambil sesekali diaduk.
3. Setelah santan mulai menyusut, tuang santan kental dan lanjutkan memasak hingga mulai mengeluarkan minyak. Test rasa ya.
4. Angkat ayam, bakar sebentar di atas bara api dan siap disajikan dengan sisa bumbu.




Gimana kalau gak usah dibakar? Yeeess..tetap enak, karna memang aslinya bumbu rujak ini gak usah dibakar juga gpp kan, ntar langsung aja disajikan. Bisa juga masaknya sekalian dimasukkan telur atau tahu, wuiiih...udah dapat tambahan lauk kan dalam sekali masak hihihi.

Selamat mencoba ya...semoga bermanfaat 
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==