NASI MANDHI AYAM



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Nasi mandhi adalah nasi yang berasal dari Yaman dan sangat populer di daerah Arab. Nasi mandhi adalah berupa nasi yang dimasak dengan daging atau ayam dengan menggunakan beragam rempah sehingga kaya rasa. Biasanya beras yang digunakan adalah beras basmati yang mempunyai bulir lebih panjang apabila dibandingan dengan beras lokal sini. Bisa juga menggunakan beras biasa ya, tapi tentu saja nanti teksturnya akan berbeda. Apabila menggunakan beras biasa, gunakan beras yang "pera" yaitu beras yang tidak mudah lembek apabila dimasak dengan air yang banyak.

Nasi mandhi yang saya buat ini adalah versi praktisnya ya hihihi, maklum kalau nurutin aslinya nasi mandhi ini juga dimasak di tengah arang. Saya mah tentu saja gak pakai arang, masaknya cukup pakai panci tebal aja atau kalau di tempat kita istilahnya "ngeliwet" ya. Kalau mau pakai magic com gimana? Bisa bangeet, kan kita cari praktisnya aja yaa. Nasi mandhi yang kaya rempah ini dalam versi aslinya menggunakan saffron untuk pewarna kuning alaminya, tapi kali ini saya pakai kunyit aja ya, kan gak punya saffro hehehe. 

Sebenarnya pengen bikin nasi mandhi yang memakai daging kambing, tapi rasanya masih mblenger ya dengan olahan daging sejak lebaran kemarin, jadi kali ini saya pakai ayam aja. In shaa Allah tetap enak kok, walau secara aroma pasti lebih mantap yang pakai daging kambing. Untuk pelengkap nasi mandhi biasanya memakai acar dan juga sambal tomat. Kali ini saya gak bikin sambal tomatnya karena saya bikin acar merah yang lumayan pedas. Aslinya sih karena males bikin sambal hihihi.

Biasanya nasi mandhi ini disajikan di piring perak besar dan dinikmati bersama-sama. Masya Allah kalau makan sama-sama gitu memang terasa lebih nikmat ya, asal jangan rebutan yees .





NASI MANDHI AYAM PRAKTIS

Bahan :
500 gr beras basmati
500 gr ayam, potong 4 bagian
7 siung bawang putih, memarkan
2 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt lada hitam, haluskan
1/2 sdt jintan, haluskan
3 bunga pekak / lawang
5 butir cengkeh
7 butir kapulaga
2 batang kayu manis
2 ruas kunyit, parut dan ambil airnya
2-3 sdt garam
500 ml air
3 sdm minyak
100 gr kismis (optional)

Cara Membuat :
1. Rendam beras basmati dengan air selama 30 menit kemudian tiriskan.
2. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga layu dan harum kemudian masukkan semua rempah-rempah, garam dan air kunyit. Aduk hingga rata.
3. Masukkan potongan ayam, aduk hingga ayam berubah warna dan mengeluarkan kaldu.
4. Masukkan beras dan air, masak sambil sesekali diaduk hingga air habis. Kecilkan api.
5. Ambil potongan ayam dan bakar sebentar hingga kecoklatan kemudian masukkan kembali ke dalam panci nasi mandhi.
6. Masukkan kismis, aduk rata dan matikan api. Biarkan nasi mandhi tetap dalam keadaan tertutup.
7. Siap disajikan hangat.




Kalau menikmati nasi mandhi ini sebaiknya jangan diskip acarnya ya, apalagi kalau nasi mandhi kambing tuh, wajib donk pakai acar. Acar ini yang menetralisir aroma rempah-rempah dan dagingnya, selain itu juga bikin seger kok. In shaa Allah resep acar merah akan saya posting terpisah yaa.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==