EASY MILK BREAD



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Bikin roti lagi yuuuk. Kali ini saya mau nyobain resep baru nih. Saya liat resep easy milk bread ini dari IG kakak Eliza Setiawan. Konon beliau dapat resep ini dari FB, jadi saya sebenarnya gak tau nih siapa si empunya resep yang asli hehehe. Siapapun yang mempopulerkan resep ini, makasih banyak yaaa. Makasih juga kakak El, asli ngiler karena liat foto cantiknya dan tentu saja setelah baca review resepnya.

Easy milk bread ini sesuai dengan namanya cukup mudah dibuat, simpel deh pokoknya. Biarpun judulnya easy bread, tapi masya Allah hasilnya saya suka banget. Rotinya lembut, tuuh bisa dilihat ya dari foto saya, keliatan kan dari serat rotinya. Pertama kali bikin langsung suka deh. Percobaan pertama ini menurut saya juga lebih lembut dibandingkan dengan KSB. Tapi ntar deh perlu dicoba beberapa kali lagi biar tau mana yang lebih oke.

Resep yang saya tulis di bawah ini sudah ada beberapa perubahan ya. Untuk terigunya saya mix protein tinggi dan protein sedang, kalau resep asliya full protein tinggi. Bahan cairnya saya memakai susu cair sedangkan resep asli memakai air biasa. Gula juga saya tambahkan karena saya pengen kali ini rotinya ala roti manis gitu hihihi. Monggo dicobain yuk




EASY MILK BREAD

Bahan :
150 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang (aslinya full protein tinggi)
120 ml susu cair (aslinya air biasa)
1 sdt ragi instan
2 sdm gula pasir (aslinya 3 sdt)
1/2 sdt garam
4 sdm susu bubuk
1 butir telur
42 gr butter / margarin

Bahan Olesan :
1 kuning telur + 2 sdm susu cair

Cara Membuat :
1. Dalam bowl, campur susu cair, ragi gula pasir, susu bubuk dan telur. Aduk hingga rata.
2. Masukkan campuran tepung terigu, uleni atau mixer hingga kalis.
3. Masukkan garam dan butter, uleni atau mixer kembali hingga elastis. Bulatkan adonan, tutup dengan serbet bersih atau cling wrap kemudian diamkan hingga mengembang 2x lipat.
4. Kempiskan adonan, bagi menjadi 10 bagian @50 gr atau sesuai selera. Beri isian dan tata di loyang sudah dioles margarin. Biarkan mengembang kembali.
5. Oles dengan bahan olesan dan taburi topping bila pakai dan panggang dengan suhu 190'C selama kurang lebih 15-20 menit. Waktu pemanggangan tergantung masing-masing oven ya.
6. Angkat dan panas-panas olesi butter. 


Tuuuh keliatan kan tekstur rotinya.

Untuk isiannya, kali ini saya pakai cheese spread atau keju oles dan juga selai kacang favorit. Disesuaikan dengan selera keluarga aja ya. Mau dibikin aneka bentuk juga oke pastinya.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Wednesday, 13 September 2017 at 21:38:00 GMT+7 delete

Yaampun, bagus banget bun rotinya.. Keliatannya juga berserat dan lembut banget. Jadi pengen coba resepnya.

Btw aku ngefans sama bunda nina dan udah follow 2 tahun belakangan dari awal iseng belajar baking sampe sekarang. Resep-resepnya anti gagal dan step by stepnya dijelasin secara detail. Seneng banget deh, semoga lancar dan barokah terus ya bun :)

Reply
avatar
Thursday, 14 September 2017 at 21:11:00 GMT+7 delete

masya Allah terima kasih banyak mbak Shinta buat supportnya. Sukses selalu ya mbak

Reply
avatar