AYAM GORENG KEMIRI



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat Tahun Baru Muharam 1439H
Semoga di tahun ini kita senantiasa bisa lebih memperbaiki diri kita menjadi lebih baik lagi dan lebih mendekatkan diri kepada Sang Khalik. Semoga berkah dan rahmat senantiasa terlimpahkan untuk kita sekeluarga. Aamiin Allahumma Aamiin

Siapa sih yang gak suka ayam goreng, saya yakin banget kalau penggemar ayam goreng masih banyak banget kan ya hihihi. Termasuk anak-anak saya, terutama adek yang memang penggemar olahan ayam. Mulai dari ayam goreng mentega, ayam ala KFC sampai ayam model diungkep gini dia suka banget. Apalagi kalau digoreng mendadak sesaat sebelum makan, dinikmati dengan nasi hangat dan sambal. Masya Allah nikmatnya ya. 

Ayam ungkep juga suka jadi penyelamat disaat lagi gak sempat masak karena ayam ungkep ini bisa banget disimpan untuk stok. Ngungkep ayam sekalian banyak, simpan dalam wadah tertutup dan taruh deh di kulkas. Ayam ungkep ini selain digoreng juga biasanya saya jadikan pelengkap untuk mie atau nasi goreng. Praktis banget kan.

Kali ini saya bikin ayam goreng kemiri. Mirip-mirip dengan ayam goreng lengkuas, tapi yang dijadikan bumbu utama adalah kemiri. Rasanya enak banget, gurih. Pastikan kemiri disangrai terlebih dahulu ya agar aroma langunya hilang. Nanti sisa bumbunya ini digoreng terpisah dan bisa dijadikan pelengkap juga. Masya Allah...enaaak deh.







Resep berikut cukup untuk 1 kg ayam, jadi kalau mau bikin stok ayam ungkep dan disimpan, silahkan ditambahkan lagi bumbunya sesuai kebutuhan ya. 

AYAM GORENG KEMIRI

Bahan :
1 kg ayam, potong-potong
3 daun salam
2 batang serai, memarkan
3 ruas lengkuas, memarkan
1 liter air
1.5 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :
100 gr kemiri sangrai
12 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt ketumbar

Cara Membuat :
1. Campur air, bumbu halus, serai, daun salam dan lengkuas. Masak hingga mendidih.
2. Masukkan potongan ayam, bumbui dengan garam dan gula pasir. Masak dengan api sedang hingga air menyusut dan bumbu meresap. Matikan api.
3. Panaskan minyak, goreng potongan ayam hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan, kemudian goreng sisa bumbu hingga kering.
4. Siap disajikan.



Satu hal yang bikin saya suka kalau masak ayam ungkep gini adalah, masaknya bisa ditinggal ngerjain yang lain hihihi. Cukup diaduk sesekali aja, kita bisa deh masak sayurnya atau bikin lauk yang lain atau bahkan ditinggal beberes rumah. Asal jangan ditinggal ke pasar aja yaaa

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »