ACAR MERAH


Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh

Ini diaaa acar merah yang saya buat untuk pelengkap nasi mandhi kemarin. Asli menggoda selera kaan liatnya.Sekilas mirip dengan asinan ya karena warna merahnya itu hihihi. Selain untuk pelengkap nasi mandhi, nasi kebuli atau nasi biryani, acar merah ini cocok banget untuk pelengkap roti jala atau canai plus kari. Manis, asam, pedasnya seger banget, bahkan digadoin aja udah enak lho.

Acar merah ini saya contek dari mamih Anita Joyo, Barakallahu fiik ya mamih, matur nuwun untuk resep-resepnya. Untuk membuat acar merah ini bisa pakai cuka atau boleh juga pakai air jeruk nipis atau lemon. Kalau acar mau disimpan, saya prefer pakai cuka aja biar kalau disimpan di kulkas nanti gak pahit. Tapi kalau sekiranya acarnya langsung habis, lebih enak pakai jeruk nipis atau lemon, lebih seger. Kita bisa bikin acar ini malam hari sebelumnya, nanti airnya akan jadi banyak sendiri, siaap deh dinikmati.

Untuk isiannya kali ini saya pakai timun, nanas, bawang merah dan wortel. Semuanya mentah, kecuali wortel saya rebus sebentar saja biar agak empuk. Tingkat pedasnya bisa disesuaikan dengan selera ya, tapi kalau pedas makin mantap lho daaaan gak perlu bikin sambel lagi kan hihihi.

ACAR MERAH

Bahan :
5 cabai merah
5 cabai merah keriting
2 timun, buang isinya dan iris-iris
1 nanas, kupas dan potong
1 wortel, potong dadu dan rebus sebentar
10 cabe rawit, potong-potong
10 bawang merah, belah 2 bagian atau boleh diiris tipis
100-150 gr gula pasir atau sesuai selera
Cuka secukupnya
Garam secukupnya
1 jeruk nipis

Cara Membuat :
1. Blender cabai merah dan cabai merah keriting dengan sedikit air hingga halus kemudian direbus dengan gula hingga mendidih. Matikan api dan biarkan uap panasnya hilang
2. Masukkan timun, nanas, wortel, bawang merah dan cabai rawit kemudian tambahkan air jeruk nipis sedikit saja, cuka dan garam. Aduk hingga rata
3. Simpan di kulkas






Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »