FRITATA ISI DAGING ASAP



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Kalau kemarin saya cerita tentang nyiapin sarapan anak-anak, naaah sekarang saya cerita soal bekalnya ya. Bagi saya, nyiapin bekal gak kalah bikin bingung dibandingkan sarapan alias sami mawon hihihi. Bekal harus yang praktis, cepat dimasak, cukup mengenyangkan, disukai anak-anak dan satu lagi point untuk anak saya, yaitu teman-temannya juga suka hahahah. Yeess...Alhamdulillah anak-anak juga sering berbagi bekal dengan teman-temannya. Padahal yang saya buat juga sederhana aja kok, bahan-bahannya juga seringnya menyesuaikan dengan stok kulkas yang nyatanya sering gak lengkap hiiiks. Yang jadi favorit anak-anak saya antara lain adalah schotel, roti tawar ala pizza, aneka roti manis dan juga mie goreng. Tuuh sederhana kan. Nah yang 1 ini juga kesukaan anak-anak dan bisa juga jadi salah 1 bekal, yuup fritata.

Dulu saya pernah posting juga tentang fritata italia, bahkan resepnya juga saya masukkan di buku saya "Kumpulan Resep Hits di Instagram, 100+ Resep Andalan Bunda Nina". Hayooo udah pada punya bukunya belum hihihi. Bisa didapatkan di Gramedia dan Toko Buku Gunung Agung ya. Kalau yang PO saya sudah habis waktu saya umumkan di IG saya bulan lalu. Lhoooo...kok malah promosi buku >_< , numpang ngiklan ya ceritanya hihihi. 

Kembali lagi ke fritata, sebenarnya ini adalah olahan telur yang sederhana sekali. Isiannya juga bisa kita sesuaikan dengan selera dan bahan yang kita punya. Bedanya biasanya kan kita bikin telur digoreng ya, nah fritata Italia ini dipanggang dan dicetak bentuk cup kecil-kecil gini. Lucu yaa dan memang cocok sekali untuk bekal. Selain untuk bekal, fritata ini juga cakep lho dijadikan salah 1 isian snack box. Tinggal letakkan fritata di cup dan beri pelengkap saus sambal sachet, udah cakep deh.




Seperti yang saya sebutkan tadi kalau fritata ini mudah sekali divariasikan menyesuaikan selera dan bahan yang kita punya. Kalau dulu saya bikin fritata jamur, kali ini saya bikin pakai irisan daging asap dan juga sedikit daging giling. Variasi isian lainnya selain daging asap dan jamur, bisa juga memakai ayam, tuna, udang atau bahkan sosis. Kalau mau lebih cantik, kita juga bisa menambahkan irisan kecil paprika atau bahkan cabe merah. Duuuh kebayang kan cantiknya, ada warna hijau dari irisan parsley dan juga warna-warni kecil dari paprika atau cabe. Sayangnya anak saya gak suka paprika jadi saya gak pakai, lagian memang gak punya sih hihihi.

Dari 1 resep di bawah ini, jadi 9 pcs fritata mungil yang saya cetak di loyang muffin diameter bawah 4,5 cm dan diameter atasnya 6,5 cm. Imuuut banget ya ^^




FRITATA ISI DAGING ASAP

Bahan :
6 butir telur
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
50 gr daging giling (bisa juga pakai kornet)
5 lembar daging asap (smoked beef) potong kotak kecil
1/2 sdt lada hitam
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
50 gr keju cheddar parut
2 sdm parsley cincang halus
2 sdm minyak

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
2. Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna kemudian masukkan daging asap. Bumbui dengan lada hitam, garam dan gula pasir. Test rasa hingga sesuai selera ya. Matikan api dan sisihkan.
3. Kocok telur hingga berbusa (bisa memakai mixer sebentar saja atau memakai hand whisk), masukkan parutan keju dan parsley. Aduk hingga rata.
4. Siapkan cetakan muffin, olesi dengan margarin. Tuang  tumisan daging asap hingga 1/3 tinggi cetakan kemudian tuang kocokan telur hingga penuh.
5. Panggang dengan suhu 180'C hingga matang. Oven saya kurang lebih 20 menit.
6. Angkat, keluarkan dari cetakan dan sajikan hangat dengan saus sambal favorit.



Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »