FILLET AYAM CRISPY



Bismillahirrohanirrohim

Assalamualayum warahmatullahi wabarakatuh
Siapa sih yang gak suka olahan ayam goreng crispy? Saya yakin pasti penggemar ayam goreng crispy tuh banyak banget, apalagi anak-anak ya, termasuk anak saya pastinya. Sekarang ini saya sudah jarang beli ayam crispy, karena lebih memilih bikin sendiri. Apalagi anak saya sukanya yang dimodel fillet gini, ala-ala chicken popcorn ya trus nanti disiram dengan saus favorit. Seringnya sih saya buatin saus asam manis, tapi suka juga kalau sekedar dibuatin saus mentega biasa.

Selain memakai ayam, si kecil juga suka udang atau cumi dimodel crispy gini. Jadinya kalau pulang sekolah liat si crispy ini di toples suka nebak-nebak deh, apa ya isinya hahaha. Yang paling sering memang ayam sih karena memang paling cocok kalau menurut saya. Kalau udang biasanya ganti-ganti dengan dibuat crispy gini atau dibuat furai.

Resep fillet ayam crispy ini sebenarnya sama aja kok dengan resep yang pernah saya posting disini cuma beda kalau yang ini ayamnya setelah difillet, dipotong dadu. Untuk tepungnya saya pernah pakai juga campuran antara tepung terigu dan maizena, enak juga kok tapi memang lebih renyah yang memakai campuran tepung terigu dan tepung sagu atau tapioka. 






FILLET AYAM CRISPY

Bahan :
500 gr fillet ayam, potong dadu
1,5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt kaldu bubuk non MSG

Bumbu Pelapis :
300 gr tepung terigu
60 gr tepung sagu atau tepung tapioka
1 sdt baking powder
1 sdt bawang putih bubuk
2 sdt garam
1 sdt kadu bubuk non MSG
1/2 sdt merica bubuk

Bahan Pencelup :
200 ml air es
3 sdm bumbu pelapis

Cara Membuat :
1. Lumuri potongan ayam dengan garam, merica bubuk, kaldu bubuk dan cabai bubuk. Aduk rata dan remas perlahan agar meresap. Simpan 1 jam di kulkas
2. Campur dan aduk rata bumbu pelapis.
3. Gulingkan potongan ayam di bumbu pelapis kemudian masukkan bahan pencelup dan gulingkan kembali ke bumbu pelapis. Remas-remas ayam dengan bumbu pelapis, sambil dicubit dengan ujung jari.
4. Panaskan minyak, goreng ayam dengan api sedang hingga matang.

5. Angkat dan tiriskan

Saus yang ada di belakang itu adalah saus asam manis. Udah pernah saya posting juga ya resepnya atau ntar deh saya posting tersendiri. Enak juga lho kalau dicocol saus mayo dan disajikan dengan kentang goreng atau potato wedges, udah kaya di resto waralaba itu  hihihi. Eh ya enak juga lho kalau dipadukan dengan sambal matah atau sambel bawang ala ayam geprek.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya ^^


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==