DONAT YUUUK



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Lamaa saya gak bikin donat akhirnya beberapa waktu yang lalu diniatin deh bikin donat kentang. Masih tetap pakai resep dari Mama yang super empuk, tapi ya begitulah gak sempat kefoto. Alhamdulillah laris manis, padahal cuma ditabur gula halus aja ala-ala donat kampung gitu. Tapi percayalah donat ala kampung itu sebenarnya yang paling enaaak.

Bikin donat lagi, kali ini bukan donat kentang, gak pakai umbi-umbian lain seperti ubi atau labu. Dibikin ala donat kampung juga yaitu ditaburi gula dan ditabur meises. Cuma yang ini memang lebih keren dikit hahahah karena donatnya dicelup DCC dulu sebelum ditaburi meises. Saya lebih suka gini karena donat jadi keliatan nyoklat banget ya

Resep donat ini sebenarnya dulu sudah pernah saya posting juga, resep aslinya punya bu Sisca. Dulu waktu posting ini, donatnya saya bikin kecil-kecil alias mini hihihi. Naah kalau yang ini ukuran gede, biar puas makannya hihihi. Resepnya ntar saya tulis lagi yaa






DONAT

Bahan :
250 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdm susu bubuk full cream
5 gr ragi instan
50 gr gula pasir
1 butir telur
1/2 sdt garam
50-70 ml susu cair
50 gr margarin
Minyak goreng secukupnya

Topping :
sesuai selera aja ya, saya suka meises, gula halus dan juga taburan keju

Cara Membuat :
1. Dalam suatu wadah, campur tepung terigu, ragi, susu bubuk dan gula pasir. Aduk hingga rata.
2. Masukkan telur, aduk rata kemudian tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
3. Tambahkan margarin dan garam, teruskan menguleni hingga kalis dan elastis. Bulatkan adonan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit
4. Kempiskan adonan, bagi adonan kemudian cetak dengan cetakan donat atau bisa dibulatkan saja. Diamkan lagi 20 menit.
5. Panaskan minyak, goreng hingga donat matang dan berwarna kecoklatan. Saat menggoreng donat, cukup dengan sekali balik saja ya agar donatnya cantik bercincin.
6. Angkat dan tiriskan, setelah dingin bisa diberi topping sesuai selera




Hasilnya enak juga kok empuk, jadi bisa jadi alternatif resep kalau pengen bikin donat tapi pas gak punya kentang hihihi. Dengan kata lain, walau gak punya kentang atau umbi lainnya, bisa juga kok bikin donat, asaaaal niat heuheuheu. Kalau saya mah, niatnya sering ada tapi realisasi suka molor terus, ampuuun deh. Eh ya selain memakai resep ini, saya juga suka membuat donat memakai resep KSB alias killer soft bread. Udah pada tau kan resepnya, cobain yuuk dibuat donat

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==