BINGKA KENTANG



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Ini pertama kalinya saya bikin bingka kentang ala Banjarmasin dan yang kedua kalinya makan bingka kentang hihihi. Sekitar setahun yang lalu saya dibawakan bingka kentang asli Banjarmasin oleh tante yang memang tinggal disana. Masya Allah ternyata rasanya tuh gak cuma enak tapi enaaak banget. Penasaran lah saya pingin bikin juga, tapi gak punya cetakannya kan. Sebenarnya bisa aja sih bikin pakai ramekin biasa, tapi pengennya ya kaya versi aslinya bentuk bunga-bunga hahaha.

Alhamdulillah ternyata sepupu saya yang di Banjarmasin rela bawain 2 buah cetakan bingka ini. Masya Allah secara cetakan ini berat, dan bawanya juga 2 plus ikan asin sepat juga hihihi. Alhamdulilah namanya rezeki ya. Sekian lama cetakan itu gak saya pakai dan baru kesampaian ini saya nyobain. Yang pernah saya makan dulu bingka kentang kelapa muda, kali ini saya bikin versi ori aja karena lupa beli kelapa muda hahahah.

Daaan...inilah bingka kentang ala saya. Sepertinya bingka kentang ini butuh anti aging ya hiiiiks. Jadinya keriput, mengkeret dan gak cantik blas ya. Kalau soal rasa saya sudah suka, enak deh. Kata orang Banjar, teksturnya udah "pecah di ilat" atau bahasa bulenya "melted on the mouth" atau gampangnya sih lumer ketika masuk mulut hihihi. Panjang amat sih istilahnya bund. Apa yang salah saya sendiri juga kurang tau. Konon versi aslinya bingka ini memang tidak memakai terigu sama sekali, ini yang bikin teksturnya jadi lumer. Saya pakai terigu 1 sdm dan masih dapat tekstur lumernya, walau yaaa itu tadi bingkanya butuh anti aging hahaha. Konon di Banjar sana, bingka juga dimasak langsung di atas kompor dan tutupnya dari tanah liat. Kalau bingka Pontianak saya kurang tau juga karena belum pernah makannya.




Terlepas dari bentuknya yang sama sekali gak cantik, saya tetap suka resep ini. Resepnya saya dapat dari Kiki yang memang urang Banjar ya Ki. Jazakillah khoir adek shalihat, suka banget dengan rasa bingka ini.

BINGKA KENTANG ALA BANJAR

Bahan :
4 butir telur bebek (saya pakai telur ayam biasa)
200 gr kentang kukus, haluskan
175 gr gula pasir
500 ml santan dengan kekentalan sedang
1 sdm tepung terigu (aslinya gak pakai)
1/2 sdt vanilla (optional)

Cara Membuat :
1. Campurkan telur dan gula, aduk asal rata kemudian masukkan ke dalam santan. Aduk rata memakai hand whisk.
2. Masukkan tepung terigu, vanilla dan kentang. Aduk hingga rata (saya mixer sebentar)
3. Tuang ke cetakan bingka yang sudah dioles atau dialasi kertas roti.
4. Panggang dengan suhu 190'C menggunakan api bawah hingga set dilanjutkan memakai api atas selama 10 menit atau hingga matang. Saya hanya menggunakan api bawah saja selama kurang lebih 60 menit.
5. Angkat dan dinginkan baru dikeluarkan dari cetakan.

Dari 1 resep di atas jadi 1 cetakan bingka seperti pada foto dan ada lebihan adonan, saya tuang ke dalam 2 buah ramekin kecil.



Masih penasaran dengan bingka kentang ini. Jadiii next time memang harus bikin lagi.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==