PUMPKIN BUN (ROTI LABU)



Bismillahirohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Halooo apa kabar? Ada yang DM saya nanyain tentang roti labu, yeeess pas banget ya, sekarang saya mau posting roti labu alias pumpkin bun. Seperti halnya kue-kue yang berbahan labu, roti labu ini juga empuuk banget. Mirip-mirip deh dengan potato bread atau roti kentang. Untuk membuatnya gak sulit kok, sama aja kaya bikin roti-roti yang lain, tapi memang harus telaten nguleninya karena memang adonan lebih lembek dibanding yang tanpa labu. Saya kebetulan memakai mixer, tapi setelah selesai dimixer tetap saya uleni sebentar dengan tangan dan memang masih kerasa lengketnya. No worries ya, memang gitu teksturnya. Kalau ada yang merasa ribet dengan nguleninya, percayalah keribetan itu sebanding dengan hasilnya kok, ya itu tadi roti yang empuk dan lembut. Bahkan menurut saya sampai agak susah berdiri tegak, eaaa...istilahnya berdiri tegak kaya mau upacara aja huhuhu. Maksudnya rotinya jadi kurang kokoh gitu dibandingkan dengan roti lainnya.

Yang saya suka juga dari pumpkin bun ini tentu saja adalah warnanya. Cantik banget yaa warnanya, bisa kuning nge-jreng gini. Tapi sebenarnya, warna rotinya juga tergantung juga dengan labu yang dipakai, jadi walau sama jenisnya bisa juga nanti warnanya beda karena tingkat kematangan labunya juga beda. Seneng banget ya liat roti berwarna ngejreng gini dan tanpa pakai pewarna apapun.

Seperti biasanya kalau bikin roti saya mah bikinnya roti sobek aja hihihi. Maklum gak telaten banget ngebentuk roti, padahal saya sebenarnya pengen juga bikin roti yang dibentuk cantik dan lucu gitu, tapi entah kenapa kok ya baliknya ke roti sobek lagi. Kalau disuruh milih, saya pasti milih dekor cake aja deh hahahah, eh tapi lama gak main spuit juga pastinya tangannya udah kaku nih ya.

Untuk isian dan topping roti, monggo sesuai selera aja. Saya seringnya pakai yang ada di rumah, kali ini saya pakai keju quick melt dan selai coklat. Yang mana yang isi keju dan yang mana isi coklat saya juga gak nandain, ngasal aja naruhnya karena biar jadi kejutan gitu waktu maemnya hihihi. Untuk toppingnya kali ini saya pakai wijen hitam dan wijen putih, maklum adanya ya cuma itu, lagi gak punya keju cheddar biasa atau meises. Ternyata cakep juga kan pakai topping duo wijen ini.

Ini dia penampilan si roti labu sesaat sebelum dioven, diproofing, udah dioles-oles dan ditaburi duo wijen. Tuh sebelum dipanggang aja warnanya memang udah asli cakep yaah.






PUMPKIN BUN (ROTI LABU)

Bahan :
200 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
7 gr ragi instan
75 gr gula pasir
2 kuning telur
100 ml susu cair dingin
100 gr pure labu kuning
35 gr margarin
1/2 sdt garam

Olesan :
1 kuning telur + 2 sdm susu cair, aduk rata

Cara Membuat :
1. Campur terigu, gula pasir dan ragi instan, aduk hingga rata.
2. Masukkan kuning telur dan susu cair sedikit demi sedikit. Uleni atau mixer hingga kalis.
3. Masukkan pure labu, margarin dan garam. Uleni atau mixer hingga kalis dan elastis. Adonan akan sedikit lengket, teruskan aja nguleninnya ya.
4. Bulatkan adonan, diamkan hingga mengembang 2x lipat, selama kurang lebih 50-60 menit.
5. Kempiskan adonan, bagi menjadi 10 bagian dan bentuk atau beri isian sesuai selera, letakkan di loyang yang sudah dioles margarin. Diamkan lagi 20 menit.
6. Oles dengan bahan olesan, taburi topping dan panggang dengan suhu 190'C selama 15 menit atau hingga matang.
7. Panas-panas olesi dengan butter, siap disajikan.




Kalau lagi ngeroti gini, abisnya cepat banget apalagi kalau masih anget. Hmmm...tau-tau tinggal setengah loyang aja. Eh ya dari resep di atas sebenarnya masih ada sisa 2 bulatan yang saya taruh di papercup, gak sempat motret soalnya yag di paper cup itu yang duluan dimakan hihihi. Padahal sebenarnya sih bundanya modus banget, anak-anak disuruh makan yang di paper cup dulu waktu masih anget, sementara yang di loyang kan bisa difoto dulu uhuuy ^^

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==