KUE LUMPUR PANDAN NANGKA



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Dari minggu kemarin entah kenapa saya pengeeen banget bikin kue lumpur pandan. Trus liat orang jualan nangka juga langsung kebayang kue lumpur topping irisan nangka hihihi. Tapi ya itu mau beli nangka kok ya males banget, maunya nunggu yang di pohon mateng atau bahkan nunggu gratisan aaawww >_<  Emak-emak banget deh ya, maunya ngirit atau cap ratu alias ra tuku alias gratiiis. Alhamdulillah ternyata beneran ada yang ngasih saya nangka lho, berbarengan juga dengan nangka di pohon udah matang. Ya Allah...nikmat yang datang berbarengan ya. Akhirnya diniatin bener deh harus bikin kue lumpur, secara udah beli kentang sejak minggu kemarin hihihi.

Tadinya saya pengen bikin kue lumpur labu karena masih ada pure labu di freezer, tapi akhirnya labu tersebut malah berubah jadi roti labu hihihi. In shaa Allah nanti diposting juga ya disini atau bisa juga dilihat di IG saya. Trus sempat kepikiran juga bikin kue lumpur tape gara-gara dapat banyak oleh-oleh tape. Ternyata tapenya udah abis aja tanpa sempat dibikin kue lumpur. Akhirnya beli deh kentang, diniatin aja deh bikin kue lumpur kentang. Seperti biasa kalau membuat kue lumpur baik itu kue lumpur kentang, ubi, tape, pisang ataupun labu base resep saya tetap sama yaitu resep kue lumpur dari NCC. Udah cocok banget dengan resep tersebut, bahkan sejak dulu jadi resep andalan saya waktu masih jualan kue. Dari resep tersebut tinggal disesuaikan aja dengan bahan yang dipakai, misalnya kalau memakai labu yang lebih berair dibandingkan kentang, maka takaran santannya saya kurangi. In shaa Allah hasilnya bisa tetap oke kok walau divariasikan menjadi berbagai jenis.

Kue lumpur pandan nangka ini di dalamnya juga ada irisan nangkanya lho, jadi nangka tidak hanya saya jadikan topping. Duuh mentang-mentang lagi banyak nangka ya heuheuheu. Kalaupun tidak pakai isian nangka, tetap enak walau hanya jadi topping. Kue lumpurnya tetap lembuuut. Yuuk dicobain. 




Irisan nangka juga ada di dalamnya lho 

KUE LUMPUR PANDAN NANGKA

Bahan :
400 gr pure kentang
3 kuning telur
2 putih telur
250 gr gula pasir
1/2 sdt vanilla
500 ml santan (masak dengan daun pandan dan biarkan dingin)
250 gr tepung terigu serbaguna
100 gr margarin leleh
1 sdt pasta pandan
Nangka secukupnya, iris dadu kecil (saya gak timbang ya)

Cara Membuat :
1. Kocok gula pasir dan telur hingga kental dan pucat, kemudian masukkan vanilla dan santan sedikit demi sedikit sambil dimixer dengan kecepatan rendah.
2. Masukkan pure kentang bergantian dengan tepung terigu sambil dimixer hingga tercampur rata dan teksturnya halus. Matikan mixer.
3. Masukkan pasta pandan dan margarin leleh sedikit demi sedikit. Aduk rata memakai spatula hingga tercampur rata.
4. Masukkan sebagian irisan nangka, aduk hingga rata.
5. Tuang ke cetakan kue lumpur yang sudah dipanaskan, tutup. Setelah 1/2 matang beri topping irisan nangka, tutup dan lanjutkan memasak hingga matang. Gunakan api kecil saja ya, agar lumpur bisa matang sempurna dan permukaan bawahnya tidak gosong.
6. Angkat dan siap disajikan.

Eh yaa dulu ada yang DM saya dan bilang naksir cetakan kue lumpur saya yang sudah jelek ini hahahah. Ini cetakan kue lumpur udah lama banget, dulu sering saya pakai untuk jualan. Saya cuma punya 2 cetakan dan sekarang kondisinya memang udah jelek semua kaya gini karena keseringan dipakai. Sebenarnya saya punya juga yang dari teflon tapi entahlah kenapa saya lebih suka pakai yang ini. Mungkin karena udah terbiasa pakai ya, jadi udah tau cetakannya. Cetakan kue lumpur kaya gini banyak dijual di pasar tradisional atau toko alat-alat kue. Bahannya cukup tebal, tapi tutupnya cuma dari seng tipis biasa. Gak masalah sih ya, kan cuma buat nutup waktu masak aja, gak perlu yang tebal hihihi. Jadi harap maklum ya kalau beberapa foto kue lumpur saya pakai cetakan ini lagi. menurut saya cetakannya jadi fotogenic sih...halaaaah >_< 

Selamat mencoba yaa...semoga bermanfaat ^^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==