BAKSO GORENG IKAN



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh
Salah 1 cemilan kesukaan anak-anak saya, yuup bakso goreng. Saya bikin ini pas masih mereka liburan kemarin. Jadi sebelum saya tinggal kerja, biasanya bebikinan dikit dulu laah untuk anak-anak. Kalaupun gak sempat bebikinan ya saya suruh mereka bongkar parcel aja hihihi. Kebetulan saya masih punya sedikit fillet tenggiri di kulkas, sebenarnya pengen bikin sate lilit tapi kok ya males karena memang cuma dikit filletnya. Kalau nurutin beli dulu, yaa entah kapan tuh belinya ke pasar heuheuhu. Jadi akhirnya fillet yang seuprit itu saya bikin bakso goreng aja.

Eits saya pernah posting juga tentang bakso goreng ikan. Kurang lebih resepnya hampir mirip  kok, cuma yang ini saya mix dengan udang. Lagi-lagi karena saya masih punya sedikit udang kupas di kulkas. Pokoknya ini sebenarnya dalam rangka bersih-bersih freezer ya, jadi yang tinggal sedikit-sedikit ini diolah. 

Bakso goreng ini paling enak kalau disajikan hangat. Gak heran kalau motretnya sudah banget karena kan udah ditungguin anak-anak. Kalau masih hangat, masih renyah. Kalau udah dingin, memang gak renyah lagi, tapi bukan berarti alot ya. 




BAKSO GORENG IKAN

Bahan :
150 gr fillet tenggiri (bisa juga pakai tuna, dori dll)
50 gr udang kupas
3 siung bawang putih, goreng
1.5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
150 gr tepung tapioka
1 butir telur
50-75 ml air es
1 daun bawang, cincang (optional ya, gak pakai gpp)
Minyak goreng

Cara Membuat :
1. Dalam food processor, masukkan fillet ikan, udang kupas, bawang putih, garam, gula dan merica. Proses hingga halus.
2. Masukkan telur dan air es sedikit demi sedikit, aduk hingga rata.
3. Masukkan tepung tapioka dan irisan daun bawang. Aduk hingga rata.
4. Olesi tangan dengan minyak goreng, bentuk bulat atau bisa juga dengan bantuan 2 sendok.
5. Panaskan minyak, goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.
6. Angkat, tiriskan dan sajikan hangat.

Disajikan dengan cocolan saus sambal dan mayo enaaak, sambil nyeplus rawit juga oke atau dimakan langsung juga hayuuk aja. 



Selamat mencoba...semoga bermanfaat ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »