TELUR GABUS SELEDRI



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullah
Bikin cemilan lagi yuuuk. Dulu banget saya pernah posting resep telur gabus atau ada pula yang menyebutnya widaran. Kalau gak salah ada 2x postingan. Kali ini saya nyobain bikin lagi daaan langsung suka dengan resep yang ini. In shaa Allah resep yang ini anti gagal, anti meletus dan pecah dan juga bahannya simpel. Kalau yang dulu saya gorengnya sambil lompat-lompat karena meletus hihihi. 

Telur gabus atau widaran ini enak banget lho. Bikinnya memang lumayan lama tapi abisnya cepet huhuhu. Yang di wajan belum selesai digoreng, eeeh yang baru mateng udah abis aja. Kapan toplesnya penuh kakak hahaha. Tapi gak apa-apa ya, kan malah seneng yang bikin kalau laris manis gini. Telur gabus juga mudah sekali divariasikan, mau dibuat rasa keju enaaak, yang original juga gak kalah enak. Kali ini saya tambahkan seledri aja, karena saya lagi kehabisan keju hihihi. 






Resep asli saya lihat dari kakak Hayhanny di IG. Jazakillahu khoir kakak, semoga bisa terus menginspirasi yaa. Yuuk...yuuk yang mau cobain bikin juga.

TELUR GABUS SELEDRI

Bahan :
300-325 gr tepung sagu
1-2 ikat seledri, iris halus
4 butir telur
5 siung bawang putih, haluskan
1 sdt kaldu bubuk non MSG (optional)
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
1. Kocok lepas telur, masukkan seledri, bawang putih, kaldu bubuk dan garam. Aduk asal rata.
2. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit, kemudian aduk hingga rata hingga adonan bisa dipulung. Hentikan penambahan tepung sagu apabila adonan sudah bisa dipulung atau tambahkan apabila adonan masih lembek.
3. Ambil sejumput adonan, bentuk memanjang kemudian letakkan di wajan yang sudah berisi minyak goreng dingin. 
4. Setelah wajan cukup penuh, letakkan di atas api kecil dan biarkan telur gabus mengembang dengan sendirinya sampai mengapung. Goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.
5. Angkat dan tiriskan, setelah benar-benar dingin baru disimpan di wadah tertutup.

Telur gabus ini akan mengembang ketika digoreng, jadi kalau membentuknya gak usah gede-gede ya, kecuali memang pengen bikin ukuran jumbo hihihi.


Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==