AYAM TALIWANG & PLECING KANGKUNG



Bismillahirrohmanirrohim

9 Ramadhan 1437H

Masak apa untuk menu ifthar nanti? Hari ini saya masak ayam taliwang dan plecing kangkung. Tuuuh...jam segini udah matang, jadi bisa leyeh-leyeh sebentar sambil nulis blog. Sebentar lagi saya tinggal prepare takjil dan menu kakak Naira yang akan dibawa untuk pondok ramadhan di sekolahnya. Ayam taliwang adalah masakan tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Barat berupa ayam yang dibakar dengan pendamping plecing kangkung. Bumbu-bumbunya cukup simpel dan sederhana, namun rasanya bisa meresap ke dalam ayam karena diungkep dahulu baru dibakar. Sedangkan plecing kangkung adalah berupa kangkung rebus yang disajikan dengan sambal dan kacang goreng di atasnya. Sederhana kan ya...tapi percaya deh menu ini nikmaaat banget.




Resep ayam taliwang ini saya dapatkan dari mbakyu Anita Joyo berdasarkan kliping Femina jadul. Kelihatan gede banget yaa ayam yang saya pakai hihii. Maklum ini adalah ayam pejantan, jadi keliatan "gagah" gitu deh. Lebih baik gunakan ayam kampung muda dengan berat bersih di bawah 1 kg, seperti yang biasa saya pakai kalau masak ayam lodho. Kalau memakai ayam yang besar seperti saya ini, otomatis waktu memasak juga akan lebih lama agar ayam bisa benar-benar empuk dan bumbu meresap. Bumbu yang digunakan disesuaikan dengan besar kecilnya ayam ya. Karena ayam yang saya gunakan cukup besar ukurannya, jadi bumbunya juga lumayan banyak. Cobain yuuuk untuk menu buka esok hari

AYAM TALIWANG

Bahan :
1 ekor ayam kampung
3 sdm minyak kelapa
2 ruas kencur
2 sdt terasi
1000 ml air atau bisa ditambahkan
3 sdm air jeruk limau

Bumbu Halus :
20 butir bawang merah
8 siung bawang putih
15 cabe merah
5 cabe rawit
1 tomat, potong dadu
2-3 sdt garam
2 sdm gula merah

Cara Membuat :
1. Setelah dicuci bersih, belah bagian dada ayam tanpa terputus.
2. Haluskan kencur dan terasi kemudian campurkan dengan minyak kelapa. Lumurkan ke seluruh bagian ayam, diamkan selama kurang lebih 30 menit.
3. Bakar ayam sebenar saja.
4. Masak air, bumbu halus dan ayam hingga bumbu meresap dan ayam empuk. Masak terus hingga bumbu mengental. Matikan api.
5. Masukkan air jeruk limau, aduk hingga rata.
6. Bakar ayam sambil sesekali dioles dengan bumbu hingga terasa aroma bakarnya.
7. Angkat dan sajikan.




Saya sukaa sekali dengan bumbu plecing kangkung ini. Ketika dibuat aromanya udah bikin kemecer deh alias mupeng hihihi. Ingat bund...bedhug maghrib masih lama euuuyy.

PLECING KANGKUNG

Bahan :
2 ikat kangkung, siangi
4 sdm kacang tanah, goreng
12 cabe rawit merah
1 tomat, potong-potong
2 sdt terasi
1-2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 jeruk limau, peras airnya

Cara Membuat :
1. Uleg  cabe rawit, tomat, terasi, garam dan gula pasir. Kucuri dengan air jeruk limau, aduk hingga rata.
2. Didihkan air, masukkan kangkung dan rebus sebentar saja hingga layu. Angkat dan tiriskan.
3. Siapkan piring saji, letakkan kangkung, siramkan sambal plecing di atasnya dan taburi kacang goreng.
4. Siap disajikan.




Sssttt...kalau masak ayam taliwang plus plecing kangkung, jangan lupa masak nasi yang banyak ya karena ini termasuk menu boros nasi lho >_<

Selamat mencoba..semoga bermanfaat ^^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==