LEMON CURD



 Bismillahirrohmanirrohim

Ada yang sudah pernah bikin lemon curd? Saya baru pertama kali ini bikin. Kalau di luar negeri lemon curd bisa dengan mudah diperoleh dalam bentuk jadi, kalau disini kayanya susah ya atau saya aja yang belum nemu karena tinggal di desa ya hihihi. Biasanya lemon curd digunakan untuk olesan cookies, roti, cake atau bahkan untuk pie. Saya membuat lemon curd ini karena tertarik ingin mencoba  lemon curd tart alias lemon curd pie ala Joy of Baking. Ternyata...oh ternyataa...sebelum dibuat pie, lemon curd ini udah menipis karena kebanyakan dicolekin dan dijadikan olesan roti hahaha.

Lemon curd ini teksturnya seperti vla dengan rasa asam manis yang segar. Aroma lemonnya tentu saja sangat kuat karena memang terbuat dari lemon asli. Kalau anak saya sih bilangnya ini selai lemon hehehe. Dari sekian banyak resep homemade lemon curd yang ada, saya memilih mencoba resep dari Joy of Baking. Menurut saya resep tersebut yang paling simpel. Bahan-bahan yang digunakan juga relatif mudah. Kebetulan saya lagi punya banyak stok lemon modis alias modal diskon, jadi niat banget dibedayakan menjadi lemon curd ini. 




LEMON CURD

Bahan :
3 butir telur
90 ml air perasan lemon (resep asli 80 ml)
150 gr gula pasir
56 gr unsalted butter, potong dadu
1 sdm lemon zest (parutan kulit lemon)

Cara Membuat :
1. Panaskan air. Sisihkan.
2. Dalam sauce pan, campur telur dan gula, aduk menggunakan whisker hingga rata kemudian masukkan air lemon.
3. Letakkan sauce pan di atas panci yang berisi air tadi (double boiler), kecilkan api. Aduk terus menerus agar tidak ada yang menggumpal. Setelah 10 menit, tekstur lemon curd akan mengental.
4. Angkat dari panci, masukkan butter dan lemon zest. Aduk hingga butter leleh dan rata.
5. Biarkan uap panaskan hilang kemudian tutup dengan cling wrap. Setelah dingin bisa disimpan di kulkas.





Seperti biasa, hati-hati kalau memarut kulit lemon (lemon zest) ya, jangan sampai terkena bagian putihnya karena nanti rasanya bisa getir atau pahit. Lemon curd ini memang tidak begitu tahan lama, konon di kulkas hanya tahan selama seminggu. Mungkin hal ini disebabkan karena ada penggunaan telurnya ya, mungkiiin sih. Ntar deh saya coba gugling lagi. Hasil dari 1 resep ini gak saya timbang sih, jadi 2 jar kecil saja. Pas menurut saya, tidak terlalu banyak.

Penasaran dengan lemon curd yang segar ini? Cobain bikin yuuuk. Recomended deh.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya ^^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==