KRENGSENGAN AYAM



Bismillahirrohmanirrohim

Seperti biasa saat weekend saya selalu nginap di rumah Mama dan ternyata kemarin itu Mama masak salah satu menu favorit saya, krengsengan!! Mama membuat krengsengan ayam suwir. Aduuuh...bener-bener menu boros nasi, karena enaknya kebangetan. Cukup dengan nasi putih hangat dan kerupuk, kok ya bisa nambah-nambah sih hihihi. Itu sih karena emang lagi laper kali ya.

Masih dalam rangka penasaran dengan krengsengan ayam, jadilah saya masak sendiri di rumah. Karena saya punya stok sayap ayam, jadinya saya gak pakai suwiran ayam. Lagian susah kali ya kalau sayap ayam disuwir-suwir hihihi. Biasanya kalau bikin krengsengan saya pakai petis udang, tapi kali ini saya skip karena kemarin Mama juga gak pakai petis udang. Tetap enak kok.




Resepnya kurang lebih sama aja kok dengan resep krengsengan daging sapi yang pernah saya posting disini. Ditulisin lagi aja yaaa

KRENGSENGAN AYAM

Bahan :
500 gr ayam, potong-potong (saya pakai sayap)
----> ayamnya saya rebus sebentar dengan bawang putih dan garam
2 ruas lengkuas, memarkan
2 helai daun salam
1 batang serai, memarkan
5 sdm kecap manis
air secukupnya (saya pakai air kaldu bekas rebusan ayam yang sudah disaring)
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
10 cabe rawit utuh
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri bakar
2 cm jahe
6 cabe merah
5 cabe rawit atau sesuai selera

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga benar-benar matang, masukkan lengkuas, daun salam dan serai. Aduk-aduk hingga rata.
2. Masukkan potongan ayam, aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan kecap manis, garam, gula pasir dan merica bubuk kemudian tuang air.
4. Masak hingga bumbu meresap dan air mulai menyusut kemudian masukkan cabe rawit. Test rasa hingga sesuai selera ya.
5. Angkat, taburi bawang goreng dan siap disajikan.

Notes :
- Bisa ditambahkan 1 sdm petis udang bila suka.
- Saya suka krengsengan dengan kuah "nyemek", silahkan disesuaikan dengan selera ya kalau suka yang kuah encer atau bahkan yang kuahnya sedikit hingga cenderung kering.




Kalau di tempat saya, biasanya penjual nasi dan mie goreng juga jual krengsengan. Krengsengannya juga berbeda dengan yang ini, lebih mirip dengan ayam kecap menurut saya. Bumbunya juga tentunya mirip dengan nasi dan mie goreng ala Kediri yang memakai minyak bawang. Ayamnya disuwir-suwir dan ditambahi dengan "balungannya", memakai telur kocok dan sawi sebagai pelengkapnya serta dibumbui kecap. Enak juga lho, apalagi kalau super pedas. Ntar deh In shaa Allah pengen nyobain juga krengsengan ayam ala penjual nasi goreng disini. 

Happy Cooking...Selamat Mencoba ^^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==