DULCE DE LECHE (SUSU KARAMEL)



Bismillahirrohmanirrohim

Menurut Wikipedia Dulce de leche berasal dari bahasa Spanyol yang artinya adalah gula-gula susu. Dulce de leche bisa berupa cair atau gula-gula. Cara pembuatannya adalah dengan merebus susu kental manis dengan api kecil sehingga rasanya berubah seperti karamel. Rasanya yang mirip karamel ini yang menyebabkan ada pula yang menyebut dulce de leche sebagai susu karamel.

Banyak cerita mengenai asal muasal dulce de leche. Salah satu versi ada yang menyebutkan bahwa dulce de leche berasal dari abad 19. Konon di Argentina, di rumah Juan Manuel de Rosas, salah satu pembantu rumah tangga-nya sedang membuat lechada, yaitu minuman yang dibuat dari susu dan gula yang direbus hingga berubah menjadi karamel. Kemudian ada seseorang mengetuk pintu dan pembantu tersebut secara tidak sengaja lupa mematikan api ketika membukakan pintu. Setelah kembali ke dapur, susu tersebut telah hangus dan berubah menjadi dulce de leche hehehe.

Apapun versi asal muasalnya, sekarang ini dulce de leche sangatlah populer. Sempat booming beberapa waktu yang lalu ya dan tentu saja saya ikutan bikin. Ternyata saya belum pernah posting di blog ya, itu juga ingatnya waktu si adek nanya, gak difoto nih bund? Aaaah...ingat deh kalau belum pernah nulis tentang si dulce nan enak ini.

Dulce de leche bisa dimanfaatkan untuk berbagai pelengkap, misalnya untuk olesan roti tawar, saus pancake, filling cake atau muffin dan lain sebagainya. Untuk membuat saus pancake, cukup campurkan dulce de leche dengan air panas secukupnya kemudian panaskan di atas api sebentar saja sambil diaduk-aduk hingga lebih cair teksturnya. Masya Allah...enak bangeet ^^







Cara pembuatan dulce de leche cukup mudah, tapi memang membutuhkan waktu yang lumayan lama. Berikut ini tahapannya ya

1. Siapkan susu kental manis, lepas labelnya.

2. Siapkan panci yang cukup besar, isi dengan air hingga penuh kemudian masukkan susu kental manis. Untuk menghemat gas, saya biasa merebus 3-4 kaleng susu kental manis sekaligus.

3. Rebus dengan api sedang selama 4 jam. Pastikan kaleng susu terendam air ya, kalau air sudah berkurang lebih baik segera tuang dengan air panas. Kaleng yang tidak terendam air dan air yang menyusut beresiko menyebabkan kaleng susu meledak.

4. Setelah direbus selama 4 jam, angkat dan dinginkan susu 

5. Setelah benar-benar dingin, buka kalengnya dan pindahkan dulce de leche ke dalam toples kaca serta simpan di kulkas.

Ada yang bilang kalau dulce de leche ini bisa juga dibuat dengan cara dipresto selama 1 jam. Tapi saya belum pernah nyoba juga sih. Selama ini kalau bikin ya selalu dengan cara merebus selama 4 jam. Pernah juga dulu saya merebus selama 3 jam, tetap jadi dulce de leche-nya tetapi warnanya tidak segelap kalau direbus selama 4 jam. Monggo disesuaikan dengan selera yaa.

In syaa Allah nanti saya posting juga aneka olahan dulce de leche. Mungkin bisa menjadi inspirasi keluarga ^^

Selamat mencoba
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==