TAHU BAKSO AYAM JAMUR



Bismillahirrohmanirrohim

Yang namanya gorengan tuh selalu di hati ya, kok saya kayanya gak bosen-bosen makannya. Mulai dari pisang goreng sampai bakwan, saya suka semua. Padahal...minyaknya itu lhooo. Faktor "minyak" itu juga yang bikin saya sebisa mungkin menghindari jajan gorengan di luar. Bukan berarti anti jajan gorengan sih, kadang-kadang masih tergiur juga. Tapi yang pasti gak boleh sering-sering, lebih baik bikin aja di rumah.

Beberapa hari yang lalu, entah ada angin apa kok saya tiba-tiba ingat tahu bakso ala Ungaran yang terkenal itu. Nah...gak mungkin beli juga kan ya, secara Ungaran jauh banget dari rumah saya. Karena lagi pengen banget, niat lah saya bikin. Gak mirip juga sih kalau dibandingkan tahu bakso Ungaran, yang ini mah lebih cocok dibilang tahu bakso ala saya aja ya hihihi. Soalnya kalau dibandingkan ala Ungaran, entah ini versi KW berapa >_<

Kebetulan saya punya jamur tiram dan ayam, jadilah saya bikin tahu bakso ayam jamur. Dulu saya pernah juga posting tahu bakso ayam udang, nah...resepnya mirip-mirip lah. 







TAHU BAKSO AYAM JAMUR

Bahan :
5 kotak tahu, potong segitiga, rendam di air yang diberi garam
150 gr fillet ayam, cincang
100 gr jamur tiram, cincang
1 butir telur ukuran sedang atau 2 butir bila ukurannya kecil
100 gr tepung tapioka
2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, iris-iris
minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
1 butir bawang merah

Pelapis (optional) :
1 butir telur kocok lepas
(bisa juga pakai tepung bumbu atau tanpa pelapis juga oke)

Cara Membuat :
1. Campurkan ayam cincang, jamur cincang, telur, garam, merica bubuk dan gula pasir, aduk rata kemudian haluskan  dengan memakai food processor atau blender hingga lembut.
2. Masukkan tepung tapioka, aduk rata tetapi jangan terlalu diuleni agar tidak alot.
3. Masukkan daun bawang, aduk hingga rata. Lakukan tes rasa, kalau saya dengan cara mengukus sedikit adonan.
4. Buat lubang di tengah tahu dengan memakai pisau kecil, kemudian isikan adonan ayam jamur. Lakukan hingga habis.
5. Kukus selama kurang lebih 15-20 menit. Angkat dan biarkan hangat.
6. Panaskan minyak, celupkan tahu bakso ke kocokan telur dan goreng hingga kecoklatan.
7. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat dengan cabe rawit atau saus sambal.




Menikmati gorengan anget tuh emang nikmat luar biasa yaa. Alhamdulillah.,,kesampaian juga makan tahu bakso idaman. ^^

Happy cooking, semoga bermanfaat ya.
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==