NASTAR KLASIK ALA NY. LIEM



Bismillahirrohmanirrohim

Postingan tentang cookies lagi ya, kali ini adalah salah 1 cookies klasik yang biasanya wajib ada saat Lebaran, yaitu nastar. Yakin banget deh saat tulisan ini saya posting, pasti banyak teman-teman udah pada punya stok nastar di rumah, teman-teman yang jualan cookies sudah menghasilkan puluhan toples yang siap diedarkan atau kalau yang gak bikin juga udah pesan nastar hehehe. Saya baru bikin nastar 2 hari yang lalu, eh...siapa tau bisa menginspirasi teman-teman yang belum sempat bikin nastar. 

Nastar atau ananas tart memang selalu jadi favorit saat Lebaran tiba. Sebenarnya saya juga gak ada niat untuk bikin nastar tahun ini. Sejak Dapur Nays off, males banget rasanya kalau bikin yang ribet-ribet hehehe. Tapi ternyata customer setia saya yaitu pak suami dan anak-anak menantikan nastar buatan saya lho. Jadinya itu bikin saya niat banget mengumpulkan mood untuk membuat nastar. Tau sendiri kan gimana ribetnya bikin nastar, mulai dari membuat selai, membuat adonan nastar, buleti-buletin nastar sampai proses pemanggangannya yang butuh waktu lama. Alhamdulillah....semangat dan moodnya bisa datang dan dalam sehari saya bisa bikin 3 resep nastar hahaha.

Kalau biasanya saya selalu membuat nastar memakai resep favorit dari NCC, kali ini saya mencoba resep dari Ny. Liem. Resep nastar klasik NCC bisa dilihat disini ya. Resep di bawah ini sudah saya modif sedikit, saya tambahkan takaran butter dan mengurangi margarinnya. Untuk olesan nastar, saya memang cuma memakai kuning telur saja tanpa tambahan bahan lain. Monggo kalau mau menambahkan air, susu cair atau bahkan pewarna kuning telur.




NASTAR KLASIK ALA NY. LIEM

Bahan :
200 gr butter
100 gr margarin
1 telur utuh
1 kuning telur
100 gr gula pasir halus
475 gr tepung terigu
40 gr susu bubuk

Bahan Isian :
selai nanas homemade

Bahan Olesan :
3 kuning telur, kocok lepas

Cara Membuat :
1. Siapkan loyang kue kering, oles tipis margarin. Sisihkan, kemudian campur dan ayak tepung terigu bersama susu.
2. Kocok butter, margarin, telur utuh, kuning telur dan gula pasir halus. Kocok sebentar saja hingga asal rata dengan menggunakan speed rendah. Matikan mixer.
3. Masukkan campuran tepung terigu, aduk rata menggunakan sendok kayu atau spatula hingga tercampur rata.
4. Ambil adonan, pipihkan, beri isian dan bulatkan atau bisa juga dibentuk sesuai selera. Tata di atas loyang.
5. Panggang menggunakan suhu 150'C selama 15 menit, keluarkan dari oven dan oles dengan bahan olesan.
6. Kecilkan suhu oven menjadi 100-120'C dan panggang kembali hingga matang dan berwarna keemasan.
7. Angkat dan dinginkan di atas cooling rack baru dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.





Yeaaay....Alhamdulillah punya stok nastar juga di rumah, bahkan siap untuk dibawa mudik hihihi. Hayuuk yang belum bikin nastar, kumpulkan semangat dan mood untuk bikin yaa.

Happy Baking ^^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==