APPLE TURNOVERS



Bismillahirrohmanirrohim

Ini salah satu takjil berbuka puasa untuk keluarga saya hari ini. Iyuup...apple turnovers alias pastry isi apel. Suami saya sangat suka dengan cemilan yang memakai apel, salah satunya adalah apple turnovers ini, apple pie dan tentu saja kripik apel hihihi. Kalau kripik apel mah saya belum pernah bikin. Kebetulan saya masih punya stok korsvet hadiah dari NCC beberapa waktu yang lalu. Harus segera diberdayakan donk, sebelum gak bisa kepakai. Akhirnya niat banget meluangkan waktu untuk gilas dan lipat membuat puff pastry. Selain untuk membuat apple turnovers, saya juga pingin bikin zuppa soup. Jadi sekalian lah bikin puff pastrynya.

Selain menggunakan puff pastry, ada pula yang membuat apple turnovers ini menggunakan shortcrust pastry atau kulit pie. Bentuknya juga beragam, misalnya memanjang, dibentuk seperti kipas atau segitiga seperti yang saya buat ini. Sungguh...godaan banget deh baking apple turnovers ini di siang hari. Aromanya kemana-mana euuuy. Perpaduan harum apel, kayumanis dan gula palem...bikin suami dan anak-anak penasaran, sebenarnya bunda bikin apa sih. Karena disambi masak buat buka puasa, jadilah apple turnovers buatan ini eksotis (baca : rada gosong) hihihi. Gak apa-apa deeh, yang penting enak ^^

Untuk resep puff pastry saya masih tetap menggunakan resep dari Bu Sisca. Kalau lagi males lipat dan gilas, monggo bisa beli puff pastry siap pakai di supermarket ya. 







APPLE TURNOVERS

Bahan Puff Pastry :
500 gr tepung terigu protein tinggi
1 butir telur
1/2 sdt garam
200 gr air es
50 gr margarin
200 gr korsvet

Bahan Isian :
6 buah aple, kupas dan potong dadu kecil (saya pakai apel manalagi)
75-100 gr gula pasir
2 sdm gula palem
1 sdt munjung kayu manis bubuk
1/4 sdt garam
1 sdm air lemon / air jeruk nipis
2 sdm maizena
3 sdm margarin / butter

Olesan :
1 kuning telur

Cara Membuat Puff Pastry :
1. Campur tepung terigu, garam, telur dan air es, aduk rata. Tambahkan margarin dan uleni hingga 1/2 kalis.
2. Bulatkan adonan, bungkus dengan plastik wrap kemudian istirahatkan selama 15-20 menit.
3. Keluarkan adonan, gilas hingga setebal kurleb 1 cm dan membentuk segi empat.
4. Pipihkan korsvet, kemudian letakkan di tengah adonan. Lipat adonan ke arah tengah hingga korsvet tertutup sempurna (jangan sampai bocor ya). 
5. Bungkus plastik wrap dan simpan di dalam pendingin selama kurang lebih 10 menit.
6. Keluarkan adonan, giling menjadi bentuk persegi panjang. Lipat sisi kanan dan kirinya ke tengah adonan, kemudian lipat lagi menjadi ke salah satu sisi (lipatan ganda). Simpan kembali ke dalam pendingin selama 10 menit.
7. Keluarkan adonan, giling kembali dan ulangi lipatan seperti di atas dan simpan kembali ke dalam pendingin selama 10 menit. Ulangi langkah ini sebanyak 3 kali.
8. Keluarkan adonan, pipihkan adonan dan lipat menjadi lipatan 2, simpan di kulkas selama 20 menit.
9. Keluarkan adonan kemudian gilas tipis dan siap dibentuk sesuai selera.

Cara Membuat Isian Apel :
1. Campur potongan apel dengan gula pasir, gula palem, kayu manis bubuk, garam dan air jeruk nipis / lemon. Aduk hingga rata kemudian simpan di dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam hingga keluar juice-nya.
2. Keluarkan dari kulkas, taburi maizena. Aduk hingga rata.
3. Masak dengan api sedang hingga apel lunak kemudian masukkan margarin. Aduk rata hingga leleh dan matikan api.
4. Dinginkan dan siap digunakan.

Assembly :
1. Panaskan oven 200'C, siapkan loyang, olesi margarin dan alasi kertas roti. Sisihkan.
2. Potong puff pastry dengan ukuran 10 x10 cm. Saya membuat 8 lembar.
3. Ambil selembar puff pastry, beri isian di tengahnya, lipat bentuk segitiga. Tekan tepinya menggunakan garpu hingga merekat kemudian olesi kuning telur.
4. Panggang selama kurang lebih 20 menit hingga berwarna keemasan.
5. Angkat dan siap disajikan.

Alhamdulillah....nikmat sekali. Gurihnya puff pastry nan renyah dipadukan manisnya filling apel. Lunas sudah salah 1 janji ke pak suami hihihi. Next project masih menunggu ^^
Oh yaa...mohon maaf ya untuk komen yang belum saya balas, hiiiks banyak banget. In shaa Allah secepatnya akan saya reply satu per satu. 

Selamat menunaikan ibadah puasa, In shaa Allah berkah segala ibadahnya. Aamiin Ya Rabb
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==