TRIPLE CHOCOLATE MUFFIN



Bismillahirrohmanirrohim

Sebenarnya saya dan keluarga saya tidak terlalu hobby dengan muffin. Mungkin karena teksturnya yang lebih berat dan mengenyangkan. Tidak hobby bukan berarti tidak suka, karena kalau sesekali oke juga bikin muffin. Seperti yang terjadi beberapa hari yang lalu, entah dapat wangsit dari mana kok tiba-tiba setelah sholat subuh pengen sarapan muffin coklat. Tumbeen ya...biasanya juga sarapannya sego pecel hahaha. Akhirnya nguprek sebentar di dapur...taraaa...muffin coklat hangat siap disajikan untuk sarapan.

Kali ini saya bikin triple chocolate muffin yang diadaptasi dari resep double chocolate muffin Linda Lomenilo. Kenapa juga jadi triple, karena selain pakai cooking chocolate dan cocoa powder, saya juga pakai chocochips. Muffin ini memang nyoklat banget lho. Saat masih hangat, bisa dirasakan lelehan cooking coklat di muffinnya. Buat yang chocolovers pasti suka.

Seperti halnya membuat muffin lainnya, bikinnya tentu aja gampang banget. Tinggal campur dan aduk-aduk, gak perlu pakai mixer. Bikinnya juga cepat, gak sampai 1 jam muffin hangat sudah siap dinikmati. Kalau kita bikin muffin malam hari, tinggal dihangatkan sebentar keesokan paginya jadi enak deh. Teksturnya yang moist dan berat memang cocok untuk sarapan, karena lebih mengenyangkan.






Resep berikut sudah saya modif sedikit dari aslinya, saya kurangi takaran gula yang digunakan.

TRIPLE CHOCOLATE MUFFIN

Bahan :
300 gr tepung terigu serbaguna
70 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder
1/4 sdt garam
225 gr gula pasir halus
100 gr butter leleh
250 ml buttermilk
2 telur ukuran besar
120 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
30 gr chocochips

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 190'C. Siapkan cup muffin.
2. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Dalam wadah lain, campur gula pasir halus, butter leleh, buttermilk dan telur. Aduk hingga rata.
4. Masukkan bahan kering, aduk hingga asal rata saja. Jangan overmix ya.
5. Masukkan chocochips dan 3/4 bagian DCC. Aduk rata.
6. Tuang adonan ke cup muffin hingga 3/4 penuh. Taburi atasnya dengan sisa DCC cincang. Panggang hingga matang selama kurang lebih 25 menit. Lakukan test tusuk ya.
7. Angkat dan sajikan hangat.

Entah karena memang jarang makan muffin atau emang karena nyoklatnya itu, muffin ini berasa enaak aja hahaha. Alhamdulillah...

Happy Baking...selamat mencoba ^^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==