DONAT MINI



Bismillahirrohmanirrohim

Beberapa waktu yang lalu saya sempatkan bikin donat untuk keluarga. Bukan karena rajin (tumbeen), tapi karena ada sisa ragi instan yang sayang kalau rusak. Awalnya ragu juga sih, raginya masih bisa kepake apa gak, jadi saya bikin donat sedikit aja, cuma memakai tepung terigu 250 gr. Kan kalau emang gagal gak begitu nyesek hihihi. Ternyata eh ternyata...raginya masih oke, adonan donat bisa mengembang dengan bagus. Karena udah terlanjur ngadon sedikit, jadi saya buat donatnya kecil-kecil aja alias jadi donat mini. Entahlah karena memang lagi pada kelaparan atau karena memang lama gak bikin donat, jadinya donat mini ini laris manis. Saya sempat ngumpetin 2 pcs buat difoto xixixix...teteup yaa.




Kali ini saya bikin donat memakai resep Bu Sisca Soewitomo. Donat ini tanpa kentang atau umbi-umbian lain, tapi hasilnya empuk juga kok. Lumayan banget lah buat "tombo pengen" donat buatan sendiri. Saya hanya membuat 1/2 dari resep berikut ini yaa

DONAT MINI

Bahan :
500 gr tepung terigu protein sedang
10 gr ragi instan
1 sdt baking powder
80 gr gula pasir
2 sdm susu bubuk
1 sdt vanilla bubuk
1/2 sdt garam
2 butir telur
100 ml air
100 gr margarin
minyak secukupnya untuk menggoreng

Topping :
DCC leleh, meises, keju, gula halus atau sesuai selera

Cara Membuat :
1. Dalam suatu wadah, campur tepung terigu, ragi instan, baking powder, garam, susu bubuk dan vanilla bubuk. Aduk hingga rata.
2. Masukkan telur, aduk rata kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
3. Tambahkan margarin, teruskan menguleni hingga kalis dan elastis. Bulatkan adonan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
4. Kempiskan adonan, bagi adonan kemudian cetak dengan cetakan donat. Diamkan 15 menit.
5. Panaskan minyak, goreng donat hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
6. Setelah dingin beri topping sesuai selera.




Beberapa tips membuat donat, dulu sudah pernah saya posting ya, tapi lupa euy di postingan yang judulnya apa (hadeeeh). Ntar ya dicariin lagi atau kalau sempat, saya tuliskan lagi disini. 

Monggo dicoba...siapa tau bisa cocok dengan selera keluarga.
Salam donat ^^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==