LAPIS SURABAYA - NCC



Bismillahirrohmanirrohim

Seharusnya minggu lalu saya harus mengerjakan 3 pesanan lapis surabaya dari salah 1 customer Dapur Nays, tapi karena ada kepentingan keluarga yang sangat mendadak dan tidak bisa ditunda akhirnya saya harus me-reschedule pesanan tersebut. Mohon maaf ya...
Ketika tau ada pesanan tersebut, saya sudah berjanji kepada suami saya untuk membuatkan juga lapis surabaya kesukaan beliau. Jadi walau pesanan tersebut tidak jadi saya kerjakan, disempatkan juga membuat 1 lapis surabaya untuk dinikmati bersama keluarga. Bikinnya pagi-pagi banget karena harus memburu waktu mengerjakan beberapa urusan pekerjaan dan keluarga. Alhamdulillah walaupun keburu-buru, lapsurnya tetap tapi...kok teksturnya tidak seperti yang biasanya ya. Pori-pori lapsurnya kurang halus, entah dimana salahnya. Rasanya tetap enak dan lembut. Kalaupun gak enak dan gak lembut ya kebangetan ya....pakai 30 kuning telur euy hihihi. Resepnya saya tetap memakai resep andalan dari NCC yang sudah pernah saya posting duluuu banget. Saya tuliskan lagi ya..




LAPIS SURABAYA - NCC

Bahan Tiap Lapis Kuning :
10 butir kuning telur
100 gr gula pasir
100 gr butter
25 gr margarin
50 gr tepung terigu protein rendah atau bisa pakai protein sedang
1/2 sdt vanilla bubuk

Bahan Lapisan Coklat :
10 butir kuning telur
100 gr gula pasir
100 gr butter
25 gr margarin
50 gr tepung terigu protein rendah / sedang
10 gr coklat bubuk

Filling :
Selai nanas atau bisa juga pakai buttercream

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan 3 loyang 20x20x4 cm atau 22x22x4 cm. Olesi dengan margarin, alas kertas roti dan alasi kembali dengan margarin. Sisihkan.
2. Kocok butter dan margarin hingga lembut. Sisihkan.
3. Kocok kuning telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental, masukkan vanilla. Kocok hingga rata.
4. Masukkan butter dan margarin kocok, aduk rata menggunakan spatula.
5. Masukkan tepung terigu dengan cara diayak, aduk rata menggunakan spatula. Lakukan cara yang sama untuk membuat lapisan coklat.
6. Tuang ke dalam loyang dan oven selama kurang lebih 20-30 menit (tergantung masing-masing oven ya).
7. Setelah matang, keluarkan dari oven dan balikkan.

Penyelesaian :
1. Letakkan lapisan kuning, oles dengan selai atau buttercream, tumpuk dengan lapisan coklat. Oles kembali dengan selai atau buttercream dan terakhir tumpuk kembali dengan lapisan kuning.
2. Masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit agar set baru kemudian ditrim (dirapikan) pinggir-pinggirnya.




Kalau "ngeri" membayangkan 30 kuning telur, bisa bikin 1/2 atau 1/3 resep aja ya hehehe. Saya sebenarnya lebih sering membuat lapsur dengan menggunakan loyang sekat, jadi bisa membuat 1/2 resep atau 1/3 resep. 

Happy Baking ^^ 
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==