BROWNIES KUKUS COKLAT NCC



Bismillahirrohmanirrohim

Gak kerasa udah postingan ke 800 aja. Walau banyak postingan yang gak penting hihihi.
Pastinya udah pada tau kan resep brownies kukus coklat NCC yang sudah kesohor itu. Pastinya juga udah banyak yang nyobain resepnya bahkan jadi resep andalan. Kalau saya...belum pernah nyobain. Halooo...kemana aja buk? hihihi. Beneran deh, ini pertama kali saya nyobain resep brownies kukus coklat NCC. Dulu waktu saya masih rajin jualan, brownies kukus adalah salah satu best seller di Dapur Nays. Alhamdulillah dulu seriiing banget bikin browkus, tapi saya selalu memakai resep dari Ny. Liem. Karena udah banyak customer yang cocok, jadi saya setia banget deh pakai resep itu. Dan karena dulu sering banget bikin pesanan browkus, jadinya udah gak kebayang bikin pakai resep yang lain. Naah...sekarang ini disaat udah gak aktif jualan, saya sempatkan mencoba resep browkus coklat NCC. Resepnya sebenarnya mirip-mirip kok dengan resep ala Ny. Liem.

Aslinya browkus coklat NCC ini dibuat berlapis-lapis dengan menggunakan meises atau bisa juga menambahkan susu kental manis pada adonan pelapis. Kali ini saya buat memakai aneka loyang, jadi saya gak bikin berlapis-lapis. Sebagai pemanis, saya memakai coretan white cooking chocolate sebagai topping.  Seperti biasa kalau membuat browkus saya selalu memakai coklat bubuk yang berwarna hitam pekat, sehingga browkusnya juga hitam warnanya. Untuk membuat cake kukus, saya lebih senang memakai minyak goreng karena teksturnya jadi lebih lembut. Jadi kali ini saya mix butter dan minyak goreng. Resep asli NCC bisa dilihat disini dan saya hanya membuat 1/2 dari resep asli.






BROWNIES KUKUS COKLAT NCC

Bahan A :
6 butir telur
225 gr gula pasir
1/2 sdt emulsifier
1/8 sdt garam

Bahan B :
35 gr coklat bubuk
150 gr tepung terigu
1/2 sdt vanilla

Bahan C :
100 ml minyak sayur kualitas baik
50 gr butter
100 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
1 sdt pasta coklat (optional)

Cara Membuat :
1. Panaskan kukusan, siapkan loyang, oles margarin atau minyak, alas kertas roti dan olesi lagi. Saya memakai loyang kecil-kecil dan cukup dioles minyak goreng.
2. Bahan C : tim butter dan DCC hingga leleh. Matikan api, tuang minyak goreng dan aduk hingga rata.
3. Kocok bahan A hingga mengembang dan kental berjejak. Masukkan bahan B dengan cara diayak dan diaduk rata.
4. Tuang bahan C, aduk balik hingga tercampur rata.
5. Tuang adonan ke dalam loyang kemudian kukus dengan api sedang hingga matang. Lakukan test tusuk ya.
6. Angkat dan dinginkan.

Notes :
- Penggunaan emulsifier bisa diskip asal kocokan telur benar-benar bisa kental berjejak. Kocokan telur yang kental berjejak tanpa emulsifier bisa didapatkan bila kita menggunakan telur yang fresh.
- Bila tidak memakai emulsifier, disarankan adonan tidak menunggu atau langsung dikukus semuanya ya.




Teksturnya lembut dan nyoklat tentunya. Saya suka sekali dengan perpaduan butter dan minyak goreng. Dapat aromanya dari butter dan tetap lembut karena memakai minyak goreng. Paaas banget deh.
Lucu juga kan kalau dicetakan menggunakan loyang kecil-kecil gini. Makan 1 udah cukup kenyang lho.

Selamat mencoba....Happy Steaming ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

18 komentar

komentar
Thursday, 14 May 2015 at 16:38:00 GMT+7 delete

Salam kenal mba nina :)
Coklat hitamnya pake merek apa mba? Sy punya tulip noir tp aromanya ngga semantap bensdorp ya... Yang mba pake aromanya harum ngga?

Reply
avatar
Tuesday, 26 May 2015 at 22:00:00 GMT+7 delete

salam kenal mbak Ivo, saya pakai tulip bordeaux. Harum juga kalau menurut saya

Reply
avatar
Sunday, 9 August 2015 at 08:57:00 GMT+7 delete

salam kenal mbak...thanks buat resepnya...anak2 dan suami suka banget rasanya....semalam saya udh nyoba resepnya.....allhamdullilah hasilnya moissttt meski saya panggang.meski kurang cantik jadinya penampilannya hihihihihi ..ijin copas resep yaa mbak ...:)

Reply
avatar
Friday, 30 October 2015 at 14:13:00 GMT+7 delete

Mbak, maksudnya kental berjejak itu yg gimana?? Harap maklum mbak,lagi belajar. Makasih ilmunya..

Reply
avatar
Tuesday, 29 December 2015 at 20:03:00 GMT+7 delete

Kental berjejak maksudnya ketika dimixer akan meninggalkan jejak berupa garis-garis gitu dan ketika gagang mixer diangkat maka adonan pada gagang mixer akan membentuk jambul yang melengkung

Reply
avatar
Tuesday, 29 December 2015 at 20:05:00 GMT+7 delete

Emulsifier adalah bahan yang digunakan untuk membantu menstabilkan kocokan telur. Misalnya SP, ovalet

Reply
avatar
Monday, 22 February 2016 at 12:51:00 GMT+7 delete

coklatnya pake apa mbak bisa item gitu saya pernah nyoba brownies kukus ncc tapi hasilnya gak sehitam itu....

Reply
avatar
Tuesday, 23 February 2016 at 19:36:00 GMT+7 delete

Tergantung coklat bubuk yg dipakai mbak, saya pakai Tulip bordeaux yang hitam

Reply
avatar
Friday, 1 April 2016 at 13:08:00 GMT+7 delete

Salam kenal mba nina, aq christin, mau nanya loyang'a ukuran berapa yach mba
Aq mau coba resep mba nina nech

Reply
avatar
Friday, 18 November 2016 at 15:35:00 GMT+7 delete

Mba saya mau tanya kue yang mba buat ini ga pake skm ya..jadi pemanisnya dari white coklat atau bagaimana?saya buat tapi kq ga ada rasa ya mba..makasi

Reply
avatar
Friday, 18 November 2016 at 15:39:00 GMT+7 delete

Aduh mba..maaf..saya salah resep pantes kuenya kental banget saya baca 225 tepung terigu padahal gula pasir hadeuh.. Maaf ya mba hehe

Reply
avatar
Tuesday, 29 November 2016 at 21:33:00 GMT+7 delete

Kalau dcc nya yang bagus pakai merk apa ya mba?

Reply
avatar
Friday, 24 March 2017 at 12:09:00 GMT+7 delete

Pas banget rasanya,enak. 1 resep sy buat 2 loyang, panggang dan kukus. Trims resepnya

Reply
avatar
Sunday, 9 July 2017 at 19:31:00 GMT+7 delete

Mbak nina loyang yg panjang ukuran berapa ya mbak

Reply
avatar
Tuesday, 11 July 2017 at 17:24:00 GMT+7 delete

Hi Mbak Nina, saya mau tanya donk, apakah mengukus brownies kukus ini dapat menggunakan cetakan kue yang terbuat dari kertas seperti halnya cetakan kue muffin? Terima kasih - Satya

Reply
avatar
Wednesday, 12 July 2017 at 06:07:00 GMT+7 delete

bisa tapi cup kertasnya harus diletakkan di cetakan cupcake satuan itu ya biar gak basah kena uap

Reply
avatar