CREAMY PEANUT BUTTER PUDING



Bismillahirrohmanirrohim
Sekarang setiap hari hujan, sepertinya memang sudah sah masuk musim hujan ya. Seharusnya kalau cuaca seperti ini lebih cocok bikin cemilan yang bisa dinikmati hangat-hangat ya. Eeh...tapi aku malah bikin puding hehehe. Gak apa-apa yaa, maklum aku jarang sekali minum air es jadi kalau siang-siang sampai rumah dan pengen yang seger-seger aku biasanya makan buah dingin atau puding ini dan tetap gak pengen air es. Di tempatku biasanya cuaca mendung mulai jam 2, jadi sebelumnya tuh masih panas dan bagiku masih afdol kalau maem puding. Pembelaan ini ceritanya ^^

Buat penggemar peanut butter alias selai kacang, puding yang satu ini wajib untuk dicoba lho karena memang enak banget. Terinspirasi dari Mbak Renny Asti yang sudah bikin beberapa waktu yang lalu. Foto peanut butter pudingnya Mbak Renny sukses membuatku pengen nyobain, padahal memang aslinya semua foto-foto Mbak Renny mah keren abis. Hehehe.

Resepnya sudah disesuaikan dengan bahan yang aku punya di rumah dan sebagai pelengkap aku tambahkan chocolate sauce dan topping almond. Kalau memang gak suka, bisa diskip aja ya.

CREAMY PEANUT BUTTER PUDING

Bahan :
1 bungkus (7gr) agar-agar plain
600 ml susu cair
250 ml krim kental (whipcream cair)
100 gr gula pasir
70 gr selai kacang creamy (peanut butter)
1 sdt vanilla

Pelengkap :
chocolate sauce
almond slice sangrai, cincang kasar

Cara Membuat :
1. Campurkan agar-agar bubuk dan gula pasir. Tambahkan susu cair dan krim kental.
2. Masak di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Angkat dan biarkan uap panasnya hilang.
3. Ambil 1/3 bagian adonan, beri vanilla. Aduk hingga rata.
4. Masukkan selai kacang ke sisa adonan, aduk hingga rata.
5. Tuang sebagian adonan selai kacang ke dalam loyang atau cup yang sudah dibasahi air, biarkan hingga berkulit dan tuang perlahan adonan vanilla. Biarkan berkulit dan tuang kembali sisa adonan selai kacang. Biarkan hingga set dan dinginkan.
6. Menjelang disajikan, tuang saus coklat dan taburi almond slice.

Notes :
- Kalau tidak ada krim kental / whipcream cair bisa memakai full susu atau memakai whipcream bubuk yang dicairkan.
- Pemakaian gula disesuaikan aja dengan selera yaa.
- Ketika menunggu lapisan berkulit, aduk sesekali adonan agar-agar yang belum dituang atau bisa juga dipanaskan sebentar hingga mencair.




Yang bikin puding ini terasa lebih spesial adalah pemakaian saus coklat di atasnya. Aku pakai sedikit aja karena memang stok coklat di rumah tinggal sedikit. Kalau ingin saus coklat yang lebih banyak, silahkan buat 2x dari resep berikut ya.

CHOCOLATE SAUCE

Bahan :
50 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
50 ml susu cair
1 sdm madu

Cara Membuat :
1. Panaskan susu, tidak usah sampai mendidih, cukup hingga timbul gelembung-gelembung kecil di tepi panci. Matikan api.
2. Masukkan DCC cincang, aduk hingga leleh dan tercampur rata.
3. Masukkan madu. Aduk rata dan siap digunakan.

Alternatif lain selain memakai saus coklat, bisa juga memakai vla vanilla atau saus kacang. Hmmm...enak banget. Tapi kalau malas bikin saus atau vla, pudingnya juga tetap enak kok.




Selamat mencoba ^^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==