ALMOND BANANA CAKE





Bismillah...
Ceritanya nih waktu belanja buah ke gerai buah langganan, ngeliat ada pisang cavendish yang sudah mulai menghitam. Sudah matang sekali, tapi tidak busuk dan tampilannya jelas tidak menarik hati. Akhirnya aku beli aja, lumayan cuma dikasih harga 5000 untuk 5 buah pisang cavendish yang lumayan besar. Sebenarnya asli gak punya ide mau dibikin apa dan seperti biasa akhirnya mentok juga deh dibikin banana cake hehehe.
Banana cake memang cukup simpel membuatnya dan mudah divariasikan. Tadinya sempat pengen bikin banana chocochips crumble cake lagi, tapi pas buka-buka kulkas ngeliat masih ada stok almond slice yang lumayan banyak. Jadi...kali ini kita bikin almond banana cake aja yuk. 





Selain almond, bisa juga menggunakan kacang-kacangan yang lain, seperti kenari, mede, walnut atau bahkan kacang tanah cincang. Kalau gak pakai kacang-kacangan juga tetap enak kok, tapi judulnya jadi banana cake aja ya hehehe. Kebetulan waktu aku bikin cake ini, ada teman-teman kakak yang sedang belajar kelompok di rumah, jadi aku bikin agak banyak. Dari resep berikut ini aku dapat 1 loyang cake tulban  ukuran 20 cm dan 6 buah cupcake.

ALMOND BANANA CAKE

Bahan :
230 gr butter
250 gr gula pasir halus
50 gr gula palem
1 sdt vanilla
2 butir telur ukuran besar
350 gr tepung terigu serbaguna
2 sdt kayu manis bubuk
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
4 buah pisang, lumatkan dengan garpu (kurleb 400-500 gr)
90 ml, buttermilk (bisa pakai susu cair biasa atau yoghurt cair)
100 gr almond slice (panggang sebentar dan cincang kasar)

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, oles loyang dengan margarin dan taburi dengan terigu. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, kayu manis bubuk, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
3. Dalam sebuah wadah, kocok butter bersama gula pasir halus dan gula palem hingga lembut dan gula larut (kurang lebih selama 3 menit). Masukkan vanilla, kocok hingga rata.
4. Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok.
5. Masukkan campuran terigu bergantian dengan buttermilk, diawali dan diakhiri dengan terigu. Kocok rata kemudian masukkan pisang yang sudah dihaluskan. Kocok rata sebentar.
6. Masukkan almond cincang, aduk rata. Jangan overmix ya.
7. Panggang selama kurang lebih 40 menit, lakukan test tusuk dan test sentuh.
8. Angkat dan biarkan hangat baru dikeluarkan dari loyang.

Note :
Bila dibuat cupcake, sesuaikan waktu memanggangnya ya, pastinya lebih cepat dibanding dengan waktu memanggang cake ukuran besar. Waktu pemanggangan juga tergantung dari oven masing-masing, jadi jangan terpaku pada waktu yang tercantum di resep.






Selalu suka dengan banana cake, karena walaupun padat, tetapi teksturnya tetap moist. Almond banana cake ini walau sudah diinapkan semalam, tetap moist juga teksturnya. Aroma pisang dipadukan dengan aroma gula palem dan kayu manis, memang selalu cocok ya. Alhamdulillah...


Ini yang versi cupcake. Aku tambahkan sedikit chocochips untuk toppingnya, bisa juga kalau memakai topping almond slice.

Selamat mencoba, semoga bisa jadi salah satu varian banana cake favorit keluarga.
Happy Baking
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==