SNICKERS BROWNIES



Bismillahirrohmanirrohim
Halo...apa kabar? Belakangan ini mulai terasa lagi kelabakan membagi waktu  diantara berbagai kesibukan. Seringnya sampai rumah sudah malam, menjelang Isya, badan rasanya sudah capek dan biasanya langsung tidur. Padahal biasanya malam hari aku sering baking, yang gampang-gampang aja asal bisa dinikmati untuk sarapan keesokan harinya, tapi kalau sekarang ini rasanya belum sanggup. Acara masak memasak juga yang gampang-gampang aja, misalnya sup, sayur asem atau aneka tumis. Lauknya juga yang praktis-praktis aja, bahkan seringnya bikin ungkep ayam atau bacem ayam-tahu-tempe. Bikin sekaligus banyak dan simpan beku, jadi kalau kepepet bisa langsung dikeluarin stok lauknya. Membagi waktu memang jadi hal yang tidak mudah bagiku, but let it flow aja...jalani, in shaa Allah berkah. Aamiin.
Yeaaay...kepanjangan curhatnya hihihihi.

Kembali ke acara di dapur, sekarang ini kan bisanya bikin yang praktis-praktis aja kan, anti lama dan ribet tapi tetap disukai keluarga. Salah satunya ya bikin brownies. Yuup...lagi-lagi belum bisa move on dari yang namanya brownies hahaha. Kali ini aku bikin snickers brownies. Tau kan snickers bar yang enaak itu. Dipadukan dengan brownies, pastinya tambah enak. Resep browniesnya silahkan memakai resep favorit keluarga aja. Karena aku suka dengan brownies yang fudge, jadi aku bikin fudge brownies. Kalau suka dengan tekstur brownies yang kering juga enak kok. Silahkan kalau ingin mencoba resep yang ini ^_^

SNICKERS BROWNIES

Bahan :
115 gr butter
200 gr dark cooking chocolate, potong-potong
3 butir telur ukuran besar
150 gr gula pasir halus
100 gr gula palem
130 gr tepung terigu protein sedang
20 gr coklat bubuk
1/4 sdt garam
3 bungkus (@51 gr) snickers, potong-potong kecil

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 190'C, siapkan loyang 18x18 cm, oles margarin dan alas kertas roti hingga sisi-sisinya. Oles margarin kembali dan sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan garam. Sisihkan.
3. Lelehkan butter dan dark cooking chocolate. Aduk rata hingga licin dan angkat dari api.
3. Masukkan gula pasir dan gula palem, aduk rata menggunakan hand whisker atau bisa juga pakai mixer kecepatan rendah.
4. Masukkan telur, aduk hingga rata.
5. Masukkan campuran tepung dan sebagian snickers, aduk rata dengan whisker sebentar saja hanya sampai tepung tercampur. Do not overmix yaa.
6. Tuang ke dalam loyang dan ratakan. Taburi dengan sisa snickers. 
7. Panggang dengan suhu 190'C selama 20 menit di rak atas.
8. Turunkan suhu di 150'C dan pindahkan loyang di rak tengah / bawah. Panggang kembali selama 20-25 menit hingga brownies matang. Setelah matang, tekstur brownies tampak belum set, tapi sudah cukup kokoh. Nanti setelah dingin, brownies akan set teksturnya.
9. Angkat dan dinginkan baru dipotong-potong.

Notes :
Untuk mendapatkan lapisan shinny crust khas brownies, jangan lupa untuk selalu menggunakan gula yang teksturnya halus. Pakai gula pasir biasa it's oke, blender hingga halus sebelum digunakan.
Selain itu, gunakan suhu tinggi di awal pemanggangan dan setelah itu turunkan suhu, agar brownies tidak cepat hangus permukaannya tetapi belum matang bagian dalamnya. 




Sebagai variasi lain, kalau gak ada snickers bisa juga memakai oreo. Gunakan oreo yang dipotong-potong atau oreo mini dalam adonan dan juga sebagai topping. Atau bisa juga menggunakan topping coklat lain yang jadi favorit keluarga. Tuh kaan...brownies memang mudah untuk dimodifikasi.



Ini dia penampakan tekstur browniesnya. Lembab dan nyoklat tetapi crunchy di bagian luarnya.

Selamat mencoba...Happy Baking..


close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==