SAMBEL BAWANG ALA BU RUDY



Bismillahirrohmanirrohim
Udah pada tau kan tentang dasyatnya sambel bawang bu Rudy? Sambel bawang ini terkenal karena pedasnya yang bikin nangis dan nagih hihihi. Lha gimana gak nangis, wong sambelnya pedes banget. Tapi biar pedes banget, sambel bawang bu Rudy emang bikin nagih karena sedeep banget. Bu Rudy ini membuka sebuah toko oleh-oleh sekaligus resto di daerah Dharmahusada Surabaya. Yang paling nge-hits tentu saja sambel bawang dan udang crispy-nya. Sambel bawangnya bisa dibeli terpisah, bisa juga dibeli per paket dengan udang crispy. Selain sambel bawang, tersedia juga sambel ijo dan sambel terasi, walau tetap aja yang paling beken sambel bawangnya ya. Selain udang crispy, tersedia juga aneka lauk lainnya, misalnya ikan crispy, bandeng presto, bandeng asap dan lain-lain. Banyak banget deh varian oleh-oleh disana.
Di bagian belakang dari toko tersebut, kita bisa menikmati aneka menu rumahan ala bu Rudy. Harganya juga cukup terjangkau dan pilihan menunya juga lumayan banyak. Buat yang penasaran dan belum pernah ke bu Rudy...jangan lupa kalau ke Surabaya mampir yaa. 

Beberapa waktu yang lalu, mbak Rina Rinso posting tentang resep sambel bawang ala bu Rudy. Udah banyak yang nyobain dan testi-nya miriip banget dengan versi aslinya. Penasaran juga donk pingin bikin, apalagi bahan-bahannya gampang banget kok. Ternyata menurut mbak Rina, kuncinya adalah perbandingan pemakaian bawang dan cabe rawit adalah 1:1. Bahan lainnya yaitu garam, gula pasir, kaldu dan tentu saja minyak goreng, menyesuaikan dengan selera.





SAMBEL BAWANG ALA BU RUDY

Bahan :
250 gr bawang merah
250 gr cabe rawit 
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdm kaldu bubuk (pakai yang non MSG)
200 ml minyak goreng

Cara Membuat :
1. Cuci bersih cabe rawit dan bawang merah yang telah dikupas.
2. Panaskan minyak, goreng bawang merah dan cabe rawit. Bawang dan cabenya diutuhin ya, jangan dipotong-potong. Goreng hingga harum.
3. Uleg kasar bawang dan cabe, tambahkan garam, gula pasir dan kaldu bubuk. Aduk rata.
4. Goreng sekali lagi hingga minyak berwarna coklat kemerahan. 
5. Angkat dan dinginkan.

Notes :
- Gunakan cabe rawit warna merah, hijau dan orange. Banyakin warna hijau dan orange-nya ya.
- Jangan menguleg terlalu halus, cukup uleg kasar.
- Setelah dingin, sambel bisa disimpan dalam wadah kedap udara. 




Beneran pedees banget sambelnya. Udah mirip lah sama sambel bu Rudy dan itu yang bikin suamiku sempat nyuruh aku untuk jualan sambel aja huhuhu. Kaya akunya udah kebanyakan bengong aja ya disuruh jualan sambel.
Nasi putih hangat, ikan wader crispy, lalapan plus sambel bawang....masya Allah...nikmatnya.

Selamat mencoba ya ^^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==