PIE BROWNIES



Bismillahirrohmanirrohim
Bikin brownies lagi !! Kayanya kalau kupikir-pikir, postingan di blog ini semakin gak kreatif aja deh huhuhu. Baru kemarin posting snickers brownies eeeh....sekarang udah muncul lagi cerita tentang brownies. Sama tuh kaya cerita tentang daging sapi dan teman-temannya itu ya hiiks. Tapi ya memang ini yang lagi terjadi di dapurku akhir-akhir ini, list resep yang pengen dicobain boleh menumpuk tapi ternyata eksekusinya entah kapan. Akhirnya balik lagi deh ke eksekusi resep yang sekiranya paling simpel tapi disukai keluarga. Harap maklum yaaa...semoga belum bosen mampir disini hehehe. 

Kebetulan beberapa waktu yang lalu mengerjakan pesanan pie susu. Untuk crust pie-nya sengaja aku lebihkan karena ingin membuat pie brownies ini. Resep crust pie sudah beberapa kali juga aku sharing, bisa dilihat di postinganku tentang "Pie". Ada resep crust pie yang menggunakan telur dan ada juga yang hanya menggunakan air es. Aku lebih sering memakai resep yang hanya memakai air es. Eh...ada lagi resep crust pie yang menggunakan metode ala sus, tapi itu belum aku posting sih. Ntar yaa....harus ngubek-ngubek foto di memory card dulu karena belum diedit hihihi...biasaa...pemalas banget deh. Untuk membuat pie brownies ini, bisa menggunakan resep brownies favorit. Kali ini aku menggunakan resep brownies yang beberapa waktu lalu sempat happenin' di grup, yaitu brownies 1/2 kilo milik teh Nicke DKania Hoesein. Udah pada tau kan resepnya. Aku baru kali ini nyobain, karena penasaran dengan tekstur browniesnya. Dinamakan brownies 1/2 kg karena memang di resepnya serba 500 gr. Aku hanya membuat 1/2 dari resep aslinya. Pie browniesku ini tidak muncul lapisan shiny crustnya ya. Sepertinya karena suhu yang kupakai kurang tinggi. Maklum aja, ngovennya bareng pie susu hihihi. Kagak mau rugi gas ini ceritanya >_<

PIE BROWNIES

Bahan Crust Pie :
500 gr tepung terigu protein sedang
300 gr margarin
2 sdm gula pasir halus
1/2 sdt garam
10-12 sdm air es

Cara Membuat Crust Pie :
1. Siapkan cetakan pie, oles tipis dengan minyak atau margarin. Sisihkan.
2. Campur tepung terigu, gula pasir halus, garam dan margarin. Aduk rata dengan menggunakan pisau pastry atau garpu hingga berbulir-bulir.
3. Tambahkan air es sedikit demi sedikit, sambil diaduk memakai sendok kayu. Hentikan penambahan air apabila adonan sudah bisa dipulung dan tambahkan lagi apabila adonan dirasa masih kering.
4. Cetak adonan di cetakan pie dan siap digunakan.

Bahan Brownies :
4 butir telur
250 gr gula pasir halus
250 gr DCC (dark cooking chocolate), lelehkan
250 gr tepung terigu serbaguna
50 gr coklat bubuk
125 gr butter, lelehkan 
125 gr minyak 

Cara Membuat Brownies :
1. Kocok telur dan gula hingga gula larut.
2. Masukkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk dengan cara diayak. Aduk rata.
3. Masukkan DCC leleh, butter leleh dan minyak. Aduk rata dan jangan overmix ya, cukup hingga adonan tercampur rata.
4. Siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Panaskan oven 180'C. Tuang adonan brownies ke atas crust pie.
2. Panggang hingga matang, waktu pemanggangan tergantung dari ukuran pie ya.
3. Angkat dan dinginkan baru dikeluarkan dari cetakan.






Pie browniesnya polosan aja yah, tanpa topping sama sekali. Lebih oke kalau pakai topping pastinya, misalnya saja almond slice, chocochips, oreo atau chocolate button. Dipadukan dengan cream cheese ala cheese cake brownies kayanya enak banget. Aku belum pernah bikin juga sih, next project yaa. 

Brownies 1/2 kg yang kubuat ini teksturnya lebih cakey, enak juga kok. Tekstur aslinya seperti apa aku juga belum tau, btar deh nanya-nanya testimoni teman-teman yang sudah pernah nyoba bikin. 
Menurutku ini salah satu resep brownies yang recomended untuk dicoba. Ternyata cocok banget dipadukan dengan pie. Renyah dan gurihnya kulit pie dipadukan dengan brownies yang nyoklat...yummy.

Happy Baking ^^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==