CHEESE CAKE BROWNIES





Bismillahirrohmanirrohim
Masih belum bisa "move on" dari brownies. Tiap minggu ada aja bebikinan brownies heheheh. Aku memang suka banget menikmati brownies, jadi gak heran setiap tau resep brownies yang lagi happening, pengennya nyobain juga. Beberapa waktu yang lalu baru aja bikin brownies prunes yang bahkan belum sempat keposting di blog ya, eeh...beberapa hari kemudian udah pengen brownies lagi. Kebetulan masih punya cream cheese di kulkas, yang terpikir adalah membuat cheese brownies. Kali ini aku memakai resep cheese cake brownies David Lebovitz yang memang enaak banget. Beberapa resep cheese brownies yang pernah kubuat, bisa dilihat disini dan disini

Cheese cake brownies ini teksturnya fudge, bagian dalamnya lembab dan rasanya unik. Penggunaan coklat dan cream cheese yang jauh lebih banyak dibanding bahan lainnya membuat brownies ini intens rasa coklatnya dan juga terasa kejunya. Penasaran? Cobain yuuk. Berikut resep yang sudah aku modifikasi ya..




CHEESE CAKE BROWNIES

Bahan :
85 gr butter, potong dadu kecil
115 gr coklat masak pekat (DCC)
120 gr gula pasir, blender hingga halus
2 buah telur ukuran besar
70 gr tepung terigu
10 gr coklat bubuk (aku pakai yang noir)
1 sdt vanilla
70 gr chocochips
250 gr cream cheese, suhu ruang
50 gr gula pasir halus
1 kuning telur

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang 18x18x4 cm atau 20x20x4 cm, oles margarin dan alasi kertas roti hingga ke sisi-sisinya. Sisihkan.
2. Lelehkan butter dan DCC dengan menggunakan api kecil, aduk perlahan hingga leleh seluruhnya. Angkat dari api.
3. Masukkan 120 gr gula dan telur. Kocok dengan mixer speed rendah sebentar saja atau bisa menggunakan hand whisker. 
4. Campur dan ayak tepung terigu dan coklat bubuk, kemudian masukkan ke dalam adonan. Masukkan pula vanilla dan chocochips. Aduk rata.
5. Tuang adonan ke dalam loyang. Sisihkan.
6. Dalam suatu wadah, campur dan kocok cream cheese, 50 gr gula dan kuning telur hingga lembut.
7. Sendokkan adonan cream cheese di atas adonan brownies. Buat motif marble bila suka (pakai sumpit atau garpu ya).
8. Panggang selama kurang lebih 35-40 menit hingga matang. Ketika masih panas, adonan cream cheese akan terasa basah, nanti akan set setelah dingin.
9. Setelah dingin, potong-potong dan siap dihidangkan.






Pokoknya sukaaa banget deh dengan brownies ini, walaupun sebenarnya rada-rada gak obyektif ya karena yang bilang enak penggemar brownies hihihi. Tapi beneran deh, recomended untuk dicoba, siapa tau seleranya juga sama kaya aku heuheuheu. Tuh potongan browniesnya juga gak pernah rapi, karena selalu gak sabar nunggu sampai benar-benar dingin. Aku sisihkan sepotong untuk dinikmati keesokan harinya, hmm...tambah legit, seperti halnya brownies panggang lainnya yang diinapkan.
Eh ya brownies buatanku selalu tampak "hitam" ya, maklum aku selalu stok coklat bubuk yang pekat untuk bikin browkus atau black forest. Kalau pakai coklat bubuk yang lebih terang warnanya juga gak masalah, nanti warna browniesnya juga bisa lebih cantik deh.

Happy Baking ^_^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==