TRIPLE CHOCOLATE BROWNIES



Bismillahirrohmanirrohim
Akhirnya ikutan juga bikin brownies yang lagi happening di grup. Yuup...triple chocolate brownies. Kalau judul aslinya yang diposting oleh Ummu Allegra adalah triple choco brownies sungai chocolatoz. Panjaang ya hehehe. Kenapa di judul asli ada kata-kata sungainya? Karena memang di permukaan atas ada gurat-gurat berwarna kecoklatan, jadinya dikatakan Ummu Allegra sebagai brownies sungai. Lucu juga kan ya.
Pertama melihat fotonya di grup...ampuuun deh browniesnya memang seksi banget deh. Keliatan banget lapisan shinny crust khas brownies, ada guratan coklat yang dikatakan sebagai sungai tadi dan juga ada taburan chocochips yang melimpah. Gak heran kalau akhirnya brownies ini jadi ngehits banget dan banyak yang penasaran ingin mencobanya.

Brownies ini konon mempunyai tekstur yang chewy pada bagian dalamnya namun renyah di luarnya. Disebut sebagai triple chocolate brownies karena memang memakai coklat bubuk, dark cooking chocolate dan juga chocochips. Biasanya pembuatan brownies memakai butter atau bisa juga margarin, sedangkan brownies yang ini memakai minyak goreng. Triple chocolate brownies ini juga memakai 2 macam gula, yaitu gula pasir dan gula palem. Tambah bikin penasaran kan gimana rasanya. Jadilah beberapa hari yang lalu aku nguprek di dapur untuk bikin brownies. Bangun pagi jam 4 dan langsung menuju dapur hihihi. Lagi rajin nih? Sebenarnya gak lagi rajin, tapi memang pada waktu itu jadwalnya padat sekali dan kebetulan pas bangun yang kebayang ya brownies, jadi sekalian aja bikin. Tumben yaa >_<






Resep asli dari Ummu Allegra memakai 3 buah loyang 30x10x4cm. Aku hanya membuat 1/2 dari resep asli dan menggunakan loyang 20x20x4 cm. Bila ingin hasil yang lebih tipis bisa memakai loyang 22x22x4 cm ya. Aku modif sedikit dengan mengurangi takaran gulanya. Monggo disesuaikan dengan selera keluarga.

TRIPLE CHOCOLATE BROWNIES

Bahan :
3 butir telur
150 gr gula pasir (aslinya 200 gr)
100 gr gula palem (aslinya 125 gr)
115 ml minyak goreng
1 sdt vanilla bubuk
100 gr coklat masak, lelehkan
200 gr tepung terigu protein sedang
25 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
chocochips secukupnya 

Cara Membuat :
- Panaskan oven 190'C, siapkan loyang 20x20x4 cm atau 22x22x4 cm. Oles margarin atau minyak dan alas dengan kertas roti hingga sisi-sisinya. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
- Kocok telur, gula pasir, gula palem dan vanilla bubuk selama 2-3 menit, hanya sampai gula larut. Saat mengocok, mixer digerakkan bolak balik dan jangan searah ya.
- Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil dimixer bolak-balik. Bisa juga diaduk memakai sendok kayu atau spatula ya.
- Masukkan minyak goreng, aduk hingga rata.
- Masukkan sebagian chocochips. Aduk rata.
- Tuang coklat masak leleh, sisakan sedikit untuk topping ya. Aduk rata.
- Tuang adonan ke dalam loyang. Buat motif coklat leleh di atasnya dengan menggunakan sendok dan taburi sisa chocochips.
- Panggang dengan suhu 190'C selama 20 menit dan letakkan loyang di rak atas. 
- Turunkan suhu menjadi 150'C dan pindahkan loyang ke rak tengah (kalau yang ovennya 2 rak, berarti dipindah ke rak bawah ya). Panggang selama 20-25 menit. Jangan melebihi waktu tersebut ya karena bila overbaked, tekstur browniesnya tidak akan chewy bagian dalamnya.
- Angkat dan dinginkan baru kemudian dipotong-potong.

Notes :
- Loyang pertama kali diletakkan di rak atas dan dioven menggunakan suhu tinggi agar bisa mendapatkan lapisan shiny crust khas brownies, yaitu lapisan tipis yang retak-retak itu lhoo.
- Setelah dipanggang selama 20-25 menit dengan suhu 150'C, kemungkinan tekstur brownies ketika dipegang belum set sekali. Nanti setelah dingin brownies akan set dan didapatkan tekstur yang chewy.
- Apabila suka dengan brownies yang bagian dalamnya kering, waktu pemanggangan bisa ditambah.




Alhamdulillah...cocok banget dengan resep ini. Kebetulan aku memang suka dengan brownies yang teksturnya chewy seperti ini tetapi bagian luarnya tetap renyah. Sayangnya motif coklat di atasnya kurang keliatan ya. Mungkin karena aku memakai coklat bubuk yang pekat, jadinya kurang terang permukaan browniesnya. Selain itu motifnya juga aku ngasal aja sih ngasihnya hehehe. Next time better..
Masih ada sisa 2 potong dan diinapkan, waah...jadi tambah legit browniesnya. Recomended untuk dicobain deh resepnya.

Selamat mencoba ya..
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==