LEMON CAKE



Bismillahirrohmanirrohim
Rasanya sudah lama gak menikmati cake buatan sendiri. Terakhir bikin ya lapis legit waktu Ramadhan kemarin itu. Padahal aku paling seneng menikmati cake hangat. Makanya seringnya tuh bikin cake siang hari, biasanya matang menjelang sore dan pas banget jadi cemilan sore hari. Kali ini gak pengen buat yang ribet-ribet, jadi bikin yang simpel aja. Kebetulan masih punya stok lemon, jadilah aku bikin lemon cake.

Lemon cake yang kubuat ini termasuk pound cake atau butter cake. Teksturnya tentu saja berbeda dengan spongecake yang lembut. Tapi lemon cake ini cukup moist kok dan tidak terlalu banyak remahannya. Yang paling aku suka tentu saja aroma lemonnya yang cukup terasa. Kebayang kan aroma butter dipadukan dengan aroma lemon...sedaap deh. Aroma lemonnya tidak dari pasta atau essense lho ya, tapi asli dari lemon. Selain memakai fresh lemon juice, cake ini memakai lemon zest atau parutan kulit lemon. Kulit yang diparut adalah bagian yang berwarna kuning dan jangan sampai terkena bagian yang berwarna putih karena nanti rasanya pahit. Jadi hati-hati ya waktu marut kulit lemonnya.
Aku sebenarnya lebih suka cake yang plain aja tanpa tambahan cream atau frosting. Tapi pengen juga nyobain lemon frosting, jadinya aku buat sedikit aja deh karena anak-anak juga kurang suka frosting. Ternyataaa...frostingnya enak banget hihihi. Lemonnya terasa banget. Berikut ini resepnya yaa




LEMON CAKE
source : Joy of Baking

Bahan :
230 gr butter suhu ruang
190 gr gula pasir halus
1 sdt vanilla 
4 butir telur ukuran besar
1 buah lemon zest (parutan kulit lemon bagian luar yang berwarna kuning, jangan kena bagian putih ya)
260 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
60 ml lemon juice (perasan air lemon)

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C, siapkan loyang oles margarin dan taburi tepung terigu atau bisa juga dialas kertas roti. Sisihkan.
- Campur dan ayak, tepung terigu dan baking powder. Tambahkan lemon zest, sisihkan.
- Kocok butter dan gula pasir halus hingga lembut, kurang lebih selama 3 menit. Masukkan vanilla, kocok rata.
- Masukkan telur satu persatu, kocok hingga rata di setiap penambahan telur.
- Masukkan campuran tepung dalam 3 tahap, berselang-seling dengan air lemon. Diawali dan diakhiri dengan tepung ya. Kocok hingga rata.
- Tuang ke dalam loyang, ratakan dan hentakkan loyang sesaat sebelum masuk oven.
- Panggang selama 40-50 menit hingga matang. Jangan overbake agar tekstur cake tidak kering.
- Keluarkan dari oven, balikkan di atas cooling rack dan biarkan dingin.

Untuk lemon frostingnya aku hanya buat sedikit. Silahkan membuat 2x resep berikut ya bila ingin lemon frostingnya lebih banyak.

LEMON FROSTING

Bahan :
50 gr gula icing
2 sdm lemon juice (air lemon)

Cara Membuat :
- Letakkan gula icing di dalam wadah. Tambahkan air lemon dan aduk rata hingga teksturnya lembut.
- Bila belum didapat tekstur yang lembut, bisa ditambahkan air lemon sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan, tapi jangan terlalu banyak ya nanti rasanya terlalu asam.
- Siramkan lemon frosting di atas cake yang sudah dingin dan biarkan mengeras.







Alhamdulillah...kesampaian juga kan menikmati cake buatan sendiri. Suka banget deh dengan lemon cake ini, berasa seger aja ketika menikmatinya hehehe. 
Happy Baking ^^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==