CELERY CHEESE STICK (PUTIH TELUR)



Bismillahirrohmanirrohim
Kalau beberapa waktu yang lalu, aku sudah posting resep cheese stick yang memakai resep NCC kali ini aku posting resep yang lain. Memanfaatkan sisa putih telur yang masih banyak di kulkas, jadilah hunting resep cheese stick yang memakai putih telur. Akhirnya aku bikin dengan resep yang ada di Pawonike, original recipe milik Bunda Estherlita. Nuhun ya Bunda Estherlita dan teh Ike.

Aku sesuaikan lagi dengan bahan yang aku punya. Kebetulan lagi gak punya keju edam atau parmesan, jadi aku pakai aja stock keju cheddar yang ada di rumah. Memang lebih mantap kalau pakai keju edam atau parmesan atau gouda, tapi kalau gak ada pakai keju cheddar aja juga enak kok. Aku tambahkan seledri biar tambah cantik, yaitu stick berbintik-bintik hijau. Perasaan sih waktu ngadon, seledrinya sudah cukup banyak dan kelihatan, ternyata setelah digoreng gak begitu kelihatan bintik-bintik hijaunya. Berarti lain kali harus lebih banyak lagi ngasih seledrinya kalau mau lebih cantik.






Yang asyik dari pembuatan cheese stick putih telur ini adalah minyaknya gak akan berbusa lho. Hasil jadinya juga enak, renyah dan cukup gurih. Bila ingin membuat stick yang rasa bawang, cukup tambahkan bawang putih di adonannya, ada juga yang pakai kaldu bubuk. Kalau aku tadi gak pakai bawang putih karena memang pingin bikin yang terasa kejunya dan memang kalau bikin cheese stick aku gak pernah pakai kaldu bubuk.

CELERY CHEESE STICK (PUTIH TELUR)

Bahan :
600 gr tepung terigu serbaguna
150 gr tepung kanji
400 gr keju cheddar parut halus
1 sdt garam
100 ml putih telur (kurang lebih dari 3 putih telur)
100 ml air
100 gr butter, lelehkan tapi jangan terlalu cair ya (boleh juga pakai margarin)
10 batang seledri, cincang halus

Cara Membuat :
- Campurkan putih telur dan butter leleh, aduk hingga rata.
- Masukkan tepung terigu, tepung kanji, garam, seledri cincang dan keju parut. Aduk hingga rata.
- Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis dan bisa dipulung.
- Giling hingga halus dan cetak dengan menggunakan gilingan kwetiauw dengan panjang sesuai selera.
- Panaskan minyak dalam wajan kemudian goreng stick hingga berwarna keemasan.
- Angkat dan tiriskan. Setelah dingin baru dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.








Beneran deh...renyaaah. Renyahnya didapat dari penggunaan butter dan juga pemakaian putih telur. Dari 1 resep di atas cukup banyak juga hasilnya, kemarin aku timbang bisa dapat kurang lebih 1300 gr cheese stick. Lumayan banget buat pengisi toples kan.

Selamat mencoba ^^

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==