LAPIS LEGIT PRUNES





Bismillahirrohmanirrohim
Alhamdulillah...acara cookies dan kerjaan lainnya sudah selesai. Sudah bisa lebih santai di rumah, sudah mulai bisa "belajar" lagi di dapur, sebelum nanti off lagi karena bersiap mudik lebaran. Kebetulan masih banyak stok butter dan telur di dapur, jadi yang terpikir adalah mengolahnya menjadi cake yang enak. Udah lama rasanya tidak menikmati cake buatan sendiri, jadi begitu ada waktu luang langsung deh dibuat nguprek di dapur. Kali ini aku memilih untuk membuat lapis legit prunes. Tadinya sih gak mau ribet, mau bikin lapis surabaya, tapi ingat kalau masih punyak buah prunes yang dibeli di Lai-lai Malang jadinya ganti haluan bikin lapis legit aja.

Lapis legit adalah salah satu contoh dari kuliner peranakan Cina. Kalau kita mendengar kata lapis legit, maka yang terbayang adalah kue dengan banyak lapisan dengan tekstur yang moist dan lembab. Dibuat dari banyak kuning telur dan juga butter, membuat lapis legit sering kali diidentikkan dengan cake yang mengandung kolesterol tinggi hehehe. Untuk yang tau proses pembuatannya, pasti yang terbayang adalah betapa ribet dan susahnya bikin kue yang satu ini. Kalau menurutku, sebenarnya bikinnya tidak sesulit yang dibayangkan kok, tapi memang membutuhkan kesabaran ekstra dan tentu saja waktu yang tidak sebentar. Bayangkan saja, membuat lapisan demi lapisan ini memaksa kita untuk tidak jauh-jauh dari oven. Kalau lengah, bisa-bisa gosong deh kuenya. Jadi jangan coba bikin lapis legit kalau lagi sibuk banget dan tidak punya waktu luang yaa. Bagiku ditambah 1 poin lagi, bikin lapis legit harus disaat anak-anak lagi rukun main berdua dan tidak berantem heuheuheuu.




Kali ini aku memakai resep Ny. Liem yang memakai 40 butir kuning telur untuk 1 resepnya. Aku cuma bikin 1/2 dari resep asli dan memakai loyang 16 cm. Hasilnya...kayanya kurang tinggi ya lapis legitnya. Harap maklum juga kalau lapisannya masih berantakan. Maklum masih belajaran bikin lapis legit.
Resep berikut adalah resep yang memakai 40 butir telur dan menggunakan loyang 20 cm. 

LAPIS LEGIT PRUNES

Bahan A :
40 kuning telur
350 gr gula pasir
1/2 sdt vanilla

Bahan B :
400 gr butter
300 gr margarin
4 sdm susu kental manis
1sdt bumbu spekoek (aku skip)
pewarna kuning telur (aku skip)

Bahan C :
70 gr tepung terigu protein rendah
20 gr susu bubuk

Bahan D :
buah prunes secukupnya, belah hingga tidak terputus

Cara Membuat :
- Panaskan oven 160'C. Siapkan loyang 20x20x7 cm, oles margarin dan alasi kertas roti. Sisihkan.
- Bahan B : kocok butter dan margarin hingga mengembang dan putih. Tambahkan susu kental manis, kocok hingga rata. Sisihkan.
- Bahan A : Kocok semua bahan hingga kental. Masukkan bahan B, kocok hingga tercampur rata.
- Masukkan bahan C dengan cara diayak sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata.
- Tuang 4 sdm adonan ke dalam loyang, ratakan. Panggang dengan api bawah selama 10 menit hingga matang dan kecoklatan (aku tidak sampai 10 menit, sekitar 5-7 menit). Angkat, matikan api bawah dan nyalakan api atas.
- Tekan-tekan adonan dengan alat penekan lapis legit, tuang kembali adonan. Ratakan dan panggang hingga kecoklatan.
- Ulangi langkah di atas. Beri buah prunes setiap 4 lapis dan lakukan hingga adonan habis.
- Matikan api atas dan nyalakan kembali api bawah. Panggang kembali selama kurang lebih 15 menit hingga benar-benar matang. Tutup bagian atas dengan alumunium foil agar permukaan atas tidak gosong.
- Angkat dan dinginkan baru kemudian dipotong-potong.

Notes :
Jangan berpatokan pada suhu dan waktu pada resep. Kenali oven kita masing-masing, karena setiap oven karakternya berbeda. 




Terlepas dari lapisannya yang tidak rapi sama sekali, kuenya kurang tinggi dan potongannya tidak bagus ini....rasanya juara. Ya iyaa lah...pasti enak karena telurnya seabreg dan juga memakai butter dan margarin yang berkualitas. 
Bisa menjadi salah satu hidangan saat Idul Fitri nanti. Kue istimewa untuk hari special ya ^^

Selamat menunaikan ibadah puasa....Happy Baking..
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==