AYAM GORENG KALASAN



Ayam goreng Kalasan adalah salah satu olahan ayam goreng yang cukup terkenal dan awalnya berasal dari daerah yang bernama Kalasan. Kalasan adalah nama sebuah daerah yang terletak di Jawa Tengah, dekat dengan Yogyakarta. Selain sajian ayam gorengnya yang lezat, di Kalasan juga terdapat sebuah candi yang cukup terkenal dan disebut juga sebagai Candi Kalasan. Apabila kita menuju Yogyakarta dari arah Solo, maka kita akan melewati Kalasan dan di sepanang jalan bisa kita jumpai berbagai resto yang menyajikan ayam goreng kalasan. 
Seperti kebanyakan cita rasa masakan yang berasal dari Jawa Tengah, ayam goreng kalasan ini bercita rasa manis gurih dengan aroma yang khas. Teksturnya crispy di luar tapi tetap lembut di dalam dengan bumbu yang meresap ke seluruh daging ayam. Hmmm...enak deh.




AYAM GORENG KALASAN

Bahan :
1 ekor ayam kampung muda, potong sesuai selera atau dibelah tidak terputus
1000 ml air kelapa (kalau tidak ada bisa pakai air biasa)
125 gr gula merah, sisir halus
2 helai daun salam
1 ruas lengkuas, memarkan
1 buah asam jawa, larutkan dengan sedikit air
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus :
5 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1 sdm garam

Cara Membuat :
- Campurkan ayam, bumbu halus, daun salam, lengkuas dan air asam.
- Tambahkan air kelapa kemudian rebus di atas api sedang hingga air menyusut.
- Panaskan minyak, goreng ayam hingga matang. Ayam cukup dibalik sekali saja ya, agar teksturnya tetap bagus. Kalau aku lebih suka menggorengnya sebentar saja sehingga bagian dalam tetap juicy dan hanya kering di bagian luarnya.
- Sajikan dengan lalapan dan sambal.

Kalau tidak ada ayam kampung, boleh aja pakai ayam potong. Memang akan terasa lebih nikmat menggunakan ayam kampung karena tidak berlemak dan dagingnya terasa lebih gurih. Dinikmati dengan nasi hangat...Alhamdulillah nikmat sekali. Setelah itu baru deh gadoin sayur asem...hehehe.

Selamat mencoba, siapa tau bisa menjadi salah satu alternatif menu berbuka puasa untuk keluarga.
Happy cooking ^^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==